Cara Membuat Bata Ringan CLC dari Serbuk Gergaji

Penggunaan bata ringan pada bangunan memang sudah mulai meningkat. Selain lebih presisi, hasil lebih rapi, mengurangi beban struktur bangunan, juga memiliki kekuatan yang lebih dari bata biasa. Selain kedap air, kini bata ringan juga ada yang kedap suara yaitu dengan cara membuat bata ringan dari serbuk gergaji.

Selain sebagai pemanfaatan limbah serbuk gergaji kayu, juga untuk menjawab kebutuhan masyarakat dengan harga yang lebih terjangkau. Jika dulu yang membutuhkan peredam hanya studio musik, kini ruang meeting bahkan hunian pribadi juga menggunakan fasilitas ini. Sayangnya material peredam cukup mahal, beruntung dengan adanya bata ringan dari serbuk gergaji mampu menjadi solusi.

Tahapan Cara Membuat Bata Ringan Dari Serbuk Gergaji

Sebelum membuat bata ringan dari serbuk gergaji, pastikan kondisi serbuk gergaji yang akan digunakan dalam keadaan kering. Selanjutnya persiapkan peralatan seperti ember, cetok, kapi baja, sekop, palu karet, kuas dan juga cetakan khusus bata. Setelah alat siap, siapkan bahan-bahannya yaitu, serbuk gergaji, serbuk gypsum dan air.

Langkah pertama cara membuat bata ringan dari serbuk gergaji adalah campurkan serbuk gergaji dengan serbuk gypsum dimana perbandingannya adalah 3:1. Campur hingga rata, baru kemudian tuangkan air sedikit demi sedikit. Biasanya komposisinya untuk 3 ember serbuk gergaji, dicampur 1 ember serbuk gypsum dan 1 ember air.

Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan homogen, setelah itu baru tuangkan bertahap ke cetakan bata yang kering dan bersih. Tuangkan 1/3 bagian dulu lalu padatkan, tuang lagi 1/3 dan padatkan lagi, yang terakhir tuang hingga penuh, padatkan dan ratakan. Proses pemadatan harus cepat, sebab adonan mudah kering dalam waktu 30 menit setelah diberi air.

Setelah dicetak dengan memadatkan dan meratakan, diamkan kurang lebih selama satu jam. Lewat satu jam, keluarkan pelan-pelan bata ringan mentah dari cetakan. Agar tidak merusak bentuknya, setelah dikeluarkan dari cetakan, tempatkan di atas palet untuk mengeringkan.

Keringkan selama 8 jam mulai pukul 7 pagi sampai dengan pukul 3 sore dalam jangka waktu empat hari berturut-turut. Setelah empat hari, angin-anginkan bata di tempat terbuka tetapi tidak langsung terkena matahari setidaknya selama empat minggu. Ini adalah cara membuat bata ringan dan kuat.

Meskipun tujuan dibuatnya bata ringan dengan campuran serbuk gergaji ini bukanlah dengan berfokus pada kekuatan. Sebab bata ini digunakan sebagai pelapis guna meredam bunyi atau suara. Bata ringan berbahan serbuk gergaji adalah solusi tepat sebagai substitusi peredam dengan harga tinggi. Sebab harga bata ringan ini cukup terjangkau.

Kekuatan dari bata ringan berbahan serbuk gergaji ini bisa dibilang tidak maksimal jika dibandingkan bata ringan umumnya. Sebab serbuk kayu yang sifatnya banyak menyerap air, sehingga berimbas pada daya ikat semen pada agregat yang akhirnya banyak berkurang. Oleh sebab itu berakibat menurunkan tingkat kekuatannya.

Meskipun begitu, produksi bata ringan dari serbuk gergaji ini merupakan peluang bisnis yang cukup potensial. Proses produksinya cukup mudah, harga jualnya pun cukup menjanjikan. Terlebih, dengan adanya produksi jenis bata ringan ini, mampu menjadi solusi tepat dan bermanfaat dalam menanggulangi limbah serbuk gergaji.

Namun sekali lagi, jenis bata ini lebih cocok dijadikan pelapis dari tembok utama. Untuk bangunan yang kokoh, kedap air dan tahan gempa, akan lebih baik dan terjamin keamanannya jika Anda menggunakan bata ringan pabrikan seperti Citicon.

Selain sudah terbukti kekuatannya, bata ringan pabrikan Citicon dibuat oleh tenaga profesional dan telah melalui berbagai uji coba kelayakan sehingga terjamin mutu dan keamanannya.

Jika Anda ingin memulai usaha yang mudah dan menjanjikan, maka bisa mencoba cara membuat bata ringan dari serbuk gergaji. Prosesnya mudah dan cepat, dengan keuntungan yang berpotensi untuk terus meningkat. Sebab semakin lama, bata ringan dengan kemampuan meredam ini juga makin banyak peminat.

Satu hal yang harus dipahami, jenis bata ringan dengan bahan dasar serbuk gergaji memiliki kemampuan meredam suara dengan baik tetapi tidak dengan kekuatannya. Untuk menghasilkan bangunan yang kokoh dan rapi, bata ringan pabrikan seperti Citicon lebih kami rekomendasikan karena lebih jelas dan aman.

Sumber Artikel

http://agitaera.blogspot.com/2015/11/potensi-jerami-padi-bulu-ayam-dan.html?m=1
http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/1271
https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/731870
https://pdfcoffee.com/membuat-bata-akustik-dari-limbah-gergajian-kayu-3-pdf-free.html

Leave a Reply