Tips Mencari Kontrakan Terbaik untuk Pasangan yang Baru Menikah

Pasangan baru menikah perlu memperhatikan berbagai tips mencari kontrakan agar mendapatkan tempat hunian sesuai keinginan. Siapkanlah rencana yang matang saat mencari kontrakan untuk dihuni bersama keluarga kecil.

Tips Mencari Kontrakan Terbaik untuk Pasangan yang Baru Menikah

Memilih hidup sendiri setelah menikah bisa menjadi sarana untuk belajar mandiri dan terpisah dengan orang tua. Bagi pasangan yang belum memiliki cukup biaya untuk membeli atau membangun rumah sendiri, mengontrak masih menjadi pilihan yang banyak dilakukan.

Tips Mencari Kontrakan Yang Jitu dan Tepat

Mengontrak rumah dengan jangka waktu dan biaya tertentu tidak bisa dilakukan sembarangan. Pemilihan lokasi hingga keamanan harus dipikirkan agar rumah yang akan dihuni bersama keluarga menjadi tempat yang nyaman.

Meskipun hanya sementara, kenyamanan tempat tinggal menjadi faktor yang penting diperhatikan. Itulah sebabnya mencari tempat mengontrak yang sesuai menjadi langkah awal yang harus dilakukan. Berikut tips mencari kontrakan terbaik bagi pasangan yang baru menikah:

Menentukan Lokasi Kontrakan yang Sesuai

Tips yang menjadi dasar saat mencari kontrakan adalah memastikan bahwa lokasi yang dipilih sesuai. Sesuai yang dimaksud adalah bahwa lokasi kontrakan dapat mengakomodasi segala aktivitas. Usahakan memilih kontrakan dengan lokasi strategis, yaitu dekat dengan tempat kerja, dengan fasilitas umum, dan berada di lokasi yang mudah dijangkau.

Melakukan Survei Langsung ke Lokasi

Tips mencari kontrakan penting lainnya adalah memeriksa lokasi secara langsung. Anda perlu mengetahui kondisi dari rumah kontrakan secara keseluruhan. Survei secara langsung ini penting dilakukan untuk mengetahui kondisi dari rumah yang akan ditempati. Melakukan survei juga bisa memantapkan keputusan untuk mengambil atau tidak mengambil kontrakan tersebut.

Mengecek Fasilitas yang Disediakan

Saat Anda menghubungi pemilik kontrakan biasanya disampaikan berbagai fasilitas yang disediakan. Pada tahap ini Anda harus memastikan bahwa fasilitas yang tersedia dapat mengakomodasi segala kebutuhan dan keluarga. Penting juga bagi Anda dan pasangan untuk membuat list kebutuhan untuk kontrakan yang akan disewa. Ini akan memudahkan untuk mencari kontrakan yang sesuai.

4.Memperhatikan Kondisi Lingkungan Sekitar

Ketika memilih tempat tinggal, lingkungan sekeliling seharusnya menjadi perhatian utama. Mulai dari lingkungan masyarakat yang ramah hingga segi keamanan. Perhatikan lingkungan yang akan ditinggali merupakan lingkungan yang memberi pengaruh positif. Selain itu, pastikan juga bahwa kontrakan berada di wilayah yang aman dari tindak kejahatan. Anda bisa menanyakan kepada pemilik kontrakan atau warga sekitar. Akan lebih baik jika wilayah kontrakan memiliki petugas keamanan yang siaga.

5.Memahami Jangka Waktu Sewa

Setelah memastikan lokasi hingga fasilitas yang disediakan, tips mencari kontrakan selanjutnya adalah memahami waktu sewa. Biasanya pemilik kontrakan memberikan jangka waktu bulanan hingga tahunan.

Jika memiliki rencana untuk memiliki rumah sendiri atau tidak menetap lama, Anda bisa memilih jangka waktu sewa bulanan. Jangka waktu yang pendek juga bisa mengantisipasi jika Anda dan pasangan nantinya merasa kurang cocok dengan kontrakan tersebut.

6.Menyiapkan Budget Seefisien Mungkin

Tips yang satu ini menjadi langkah yang paling penting saat mencari kontrakan. Sesuaikanlah kontrakan dengan budget atau kemampuan finansial. Anda bisa membandingkan beberapa pilihan dan mempertimbangkan harga sewa yang ditawarkan.

Pada langkah ini, kedua pasangan harus memainkan antara keinginan dan keadaan. Jangan sampai terjebak dengan keinginan yang terlalu tinggi tanpa memperhatikan budget yang dimiliki.

Memastikan Kepemilikan Kontrakan Terpercaya

Langkah terakhir saat Anda perlu perhatikan saat mencari kontrakan adalah memastikan bahwa pemilik kontrakan adalah orang yang bisa dipercaya. Anda harus mengecek kepemilikan rumah dan beberapa perjanjian selama masa sewa.

Pastikanlah bahwa pemilik kontrakan adalah pihak yang memiliki reputasi baik. Ini bisa Anda inisiasi dengan menanyakan kepada warga sekitar dan mengetahui tempat tinggal pemilik kontrakan.

Kesepakatan Bersama

Pasangan harus mulai untuk membuat keputusan bersama-sama. Kalau Anda sudah merasa oke tapi pasangan tidak, maka perlu menemukan pilihan lain yang bisa diterima oleh kedua belah pihak. Lakukan berdua selain untuk melatih komunikasi juga untuk mulai hidup baru dengan awalan baik.

Demikianlah beberapa tips mencari kontrakan terbaik yang bisa dilakukan oleh pasangan yang baru menikah. Rencanakan dan pertimbangkanlah berbagai halnya sebelum Anda dan pasangan memilih tempat hunian sementara. Ciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan sebagai langkah awal memulai hidup berumah tangga. Anda juga bisa mulai menyiapkan anggaran untuk membeli atau membangun rumah sendiri nantinya.

Sumber:

instagram video downloader

https://www.99.co/id/panduan/memilih-rumah-kontrakan
https://artikel.rumah123.com/14-tips-memilih-rumah-kontrakan-untuk-keluarga-58245
https://www.dekoruma.com/artikel/79948/tips-memilih-rumah-kontrakan
https://www.idntimes.com/life/family/pinka-wima/7-tips-penting-cari-rumah-kontrakan/7
https://www.hipwee.com/tips/tips-mencari-kontrakan-bagi-pasutri/

Leave a Reply