Cara Membersihkan Kompor Api Merah di Dapur

Membersihkan kompor api merah perlu dilakukan agar proses memasak tidak terganggu. Buat Sobat Citinews yang sering memasak, tentu sudah familiar dengan permasalahan kompor seperti ini. Api kompor berwarna merah membuat peralatan dapur menjadi lebih kotor, nah maka dari itu di sini kami memberikan tips cara membersihkan kompor api merah di dapur.

Cara Membersihkan Kompor Api Merah di Dapur

Kompor adalah peralatan dapur yang wajib dimiliki oleh setiap rumah tangga. Jika dulunya orang-orang masih menggunakan kompor minyak tanah, sekarang kompor gas lebih dominan digunakan kebanyakan orang. Hal itu dikarenakan penggunaannya yang praktis serta bahan bakarnya yang mudah didapatkan.

Meskipun begitu kompor gas tidak luput dari berbagai macam masalah, salah satunya api kompor gas yang sebenarnya berwarna biru tapi berubah menjadi merah. Apa sih penyebab api kompor gas menjadi merah?

Penyebab Api Kompor Gas Merah

Api keluar dari burner terjadi karena adanya kadar oksigen yang keluar. Ketika gas keluar dari burner maka akan muncul api berwarna biru. Sedangkan bila kadar oksigen yang keluar menurun maka api yang keluar menjadi merah.

Penyebab lain yang sangat mempengaruhi api kompor gas berwarna merah yaitu tengku yang berkerak, corong api yang kotor, dan perabotan dapur yang kotor. Jika tidak ditangani dengan cepat, akan maka akan mempengaruhi performa kompor sehingga membuat aktivitas memasak Sobat Citinews menjadi terhambat.

Oleh karena itu sangat penting untuk menggunakan cara membersihkan kompor api merah di dapur yang tepat agar nyala api kompor dapat lebih optimal. Dengan begitu masakan jadi lebih cepat matang dan tentunya happy.

Akibat yang Ditimbulkan Api Kompor Gas Merah

Ada beberapa masalah yang akan ditimbulkan oleh api kompor gas merah, jadi sebelum hal ini terjadi, sebaiknya Sobat Citinews cepat menanganinya dengan cara membersihkan kompor api merah di dapur yang akan kami bagikan nantinya.

Kompor Tidak Bisa Mengeluarkan Api

Bukan karena kehabisan gas, tapi api kompor berwarna merah bisa menyebabkan kompor tidak bisa mengeluarkan api meskipun gas belum habis.

Dalam keadaan seperti ini cara menyetel api kompor gas agar dapat menyala kembali, Sobat Citinews harus memutar knob berapa kali agar dapat menyala. Jika tidak ditangani dengan cepat, maka lama kelamaan api tidak akan keluar meskipun diputar berkali-kali.

Api Kompor Mengecil

Karena penyebab utamanya corong api atau burner tersumbat karena kerak, maka kadar oksigen yang keluar menjadi menurun. Alhasil api yang keluar makin lama makin mengecil meskipun knob kompor sudah diputar full.

Menyebabkan Panci Menjadi Hitam

Mungkin Sobat Citinews pernah bertanya-tanya, “kok pantat panci saya menghitam padahal kan pake kompor gas”. Hal itu bukan tanpa alasan, warna merah dari api merupakan pancaran partikel arang karbon panas yang sangat kecil sehingga membuat panci berwarna hitam karena masih ada karbon yang belum terbakar.

Cara Membersihkan Kompor Api Merah Di Dapur

Cara mengatasi api kompor gas berwarna merah tidaklah sulit sehingga Sobat Citinews bisa lakukan sendiri di rumah. Ingat sebelum melakukan cara membersihkan kompor api merah di dapur, pastikan kompor dalam keadaan off, kalau perlu lepas dulu regulator dari tabung gas agar lebih aman.

Lepaskan Ring dari Kompor Gas

Apabila ring kompor gas Sobat Citinews bisa dilepas dari tungkunya, silahkan dilepas terlebih dahulu. Setelah itu rendam dengan larutan air panas dicampur dengan cairan pencuci piring dan satu sendok asam sitrat selama 2 hingga 4 jam. Setelah itu sikat ring lalu bilas dan keringkan.

Gunakan Krim Khusus

Cara membersihkan kompor api merah di dapur yang kedua yaitu menggunakan krim khusus untuk membersihkan tungku kompor. Krim ini akan sangat membantu untuk mengangkat lemak dan kotoran yang sulit dibersihkan dengan cairan pencuci piring biasa.

Jadi cara membersihkan burner kompor gas dengan krim ini yaitu oleskan ke bagian burner yang kotor, diamkan beberapa menit, sikat menggunakan sikat gigi, lalu lap dengan kain basah.

Bersihkan Pipa Penghubung Spuyer dan Tungku Kompor

Karena pipa penghubung ini berada di bawah burner yang berfungsi untuk mengeluarkan gas, oleh karena itu sangat penting untukSobat Citinews bersihkan agar nyala api dapat lebih optimal. Cara membersihkan spuyer kompor gas bisa menggunakan krim khusus atau menggunakan cairan pencuci piring biasa.

Itulah beberapa cara membersihkan kompor api merah di dapur yang bisa Sobat Citinews lakukan sendiri di rumah. Api kompor gas biru membuat masakan jadi lebih cepat matang, selain itu kondisi kompor yang bersih membuat masakan jadi lebih higienis.

Sumber:

https://id.quora.com/Saat-memasak-mengapa-api-merah-dapat-menghitamkan-penggorengan-panci-Namun-kalau-api-biru-sebaliknya
https://jualelektronik.com/penyebab-api-kompor-gas-merah/
https://www.ibupedia.com/artikel/kesehatan/8-cara-membersihkan-kompor-yang-mudah-dan-efektif
https://www.99.co/id/panduan/cara-membersihkan-kompor-gas-yang-benar
https://www.hipwee.com/tips/cara-membersihkan-kompor-gas/

Leave a Reply