Cara Membersihkan Lantai dari Granit dengan Mudah

Lantai granit dapat menjadi pilihan untuk menciptakan lantai rumah tampak lebih mewah. Memilih batu granit untuk lantai selain mewah juga lebih kuat dan bermotif yang cantik. Namun yang sering menjadi kendala adalah tidak tahu cara membersihkan lantai dari granit.

Membersihkan Lantai dari Granit

Kemewahan lantai granit memerlukan perawatan yang tepat. Jika tidak lantai bisa jadi kusam dan warna serta coraknya menjadi kurang menawan. Untuk menjaga kecantikan lantai dari batu granit ini perlu mengetahui cara membersihkan lantai dari granit yang benar.

Perawatan dan Cara Membersihkan Lantai dari granit

Perawatan lantai berbahan batu granit menuntut rajin membersihkan setiap hari.Hal ini agar menghindari noda membandel karena tidak segera dibersihkan. Gunakan pula pembersih dan pelindung granit untuk merawatnya.

Selengkapnya perawatan dan cara membersihkan lantai dari granit yang perlu Sobat Citinews ketahui sebagai berikut:

Rajin Membersihkan Setiap Hari

Seperti disebutkan sebelumnya, rajin membersihkan lantai setiap hari menjadi poin utama untuk merawat lantai granit. Debu yang menempel jika dibersihkan setiap hari tidak akan menjadi masalah. Namun jika tidak dapat menempel dan sulit diatasi.

Cara membersihkan lantai dari granit setiap hari dapat dilakukan sebagaimana lantai biasa. Cukup dengan menyapu bersih atau mengepel menggunakan cairan khusus lantai granit. Kalau pun tidak ada cairan khusus, bisa dengan pembersih lantai biasa.

Rutin Membersihkan dengan Cairan Pengkilap

Disela membersihkan lantai rutin setiap hari, lantai berbahan batu granit perlu dibersihkan menggunakan cairan pengkilap lantai granit secara berkala. Penggunaan cairan khusus untuk mengkilapkan lantai ini bisa digunakan satu kali dalam seminggu.

Membersihkan dengan cairan pengkilap dapat membuat keindahan batu granit kian terpancar. Selain rajin menggunakan cairan pengkilap, penggunaan air sumur juga baik untuk kilap permukaan granit. Karenanya lebih baik menghindari penggunaan air mengandung mineral dan klorin seperti pada air keran.

Hindari Alat yang Menggores

Lantai berbahan batu granit berisiko terjadi abrasi jika tidak dirawat dengan benar. Misalkan penggunaan alat yang berpotensi menggores permukaan lantai.

Lebih baik menggunakan alat dengan permukaan yang halus misalkan spons abrasif, handuk, tisu atau kain hapus lainnya. Goresan pada permukaan lantai granit memicu terjadinya abrasi sehingga perlu diperhatikan dengan benar.

Menggunakan Bahan Pembersih yang Aman

Selain memastikan alat yang digunakan membersihkan lantai granit aman, perlu diperhatikan pemilihan bahan pembersih yang tepat. Bahan yang aman sekaligus dapat mengatasi noda membandel dengan mudah seperti sabun cuci piring.

Noda membandel juga dapat lebih mudah diatasi dengan campuran baking soda dan air dengan perbandingan 1 banding 2. Perbandingan tersebut dapat membentuk cairan pasta kental, tinggal oleskan pada noda dan biarkan semalaman. Terakhir tinggal membilasnya dengan air bersih.

Poles Granit Secara Berkala

Jika cara di atas belum berhasil, cara membersihkan lantai dari granit yang bisa dicoba dengan memolesnya. Memoles permukaan lantai bisa menggunakan jasa poles yang sudah banyak di kota-kota besar. Lakukan pemolesan berkala sesuai kebutuhan.

Jika sulit menemukan jasa poles granit, bisa juga menggunakan cara alternatif yang bisa dikerjakan mandiri. Cara membersihkan noda membandel pada granit bisa lakukan dengan cara alami yakni menggunakan pasta baking soda dengan kanebo atau kain halus.

Langkah-langkah Membersihkan Lantai Granit

Untuk membersihkan lantai granit secara mandiri, penting untuk mengetahui langkah-langkah yang tepat. Cara membersihkan lantai dari granit dimulai dari persiapan peralatan hingga eksekusi pembersihan.

Peralatan yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ember
  2. Udara
  3. Pembersih granit
  4. Kain microfiber
  5. Kain atau pel lembut

Selanjutnya membersihkan lantai granit yang kusam karena noda yang efektif:

  1. Tuang cairan pembersih lantai granit pada kain pel yang lembut
  2. Basahi kain lembut dengan air sumur atau yang mengandung mineral atau klorin
  3. Usapkan kain searah pada lantai dengan lembut, hindari mengusapnya gerakan melingkar yang merusak permukaan batu
  4. Terakhir lantai dengan kain bersih yang lembut.

Demikian cara membersihkan lantai dari granit untuk merawat keindahan lantai granit. Perawatan secara rutin penting untuk menjaga lantai tetap menawan dan tampil mewah.

Sumber:

https://courtina.id/cara-membersihkan-lantai-granit/amp/
https://artikel.rumah123.com/lantai-granit-kusam-ini-5-cara-mudah-untuk-membersihkannya-52502
http://niscayaarsitek.com/2020/06/01/tips-cara-membersihkan-lantai-granit-yang-kusam-agar-tetap-mengkilap/

Leave a Reply