Mudah! Ini Cara Menghitung Denah Rumah Lantai 2

Berencana membangun rumah tingkat? Hitung dulu berapa luas bangunan yang dimiliki oleh rumah berlantai dua yang hendak dibangun. Cara menghitung denah rumah lantai 2 bisa bermacam-macam yang nantinya hasil tersebut akan menentukan biaya.

denah rumah

Apalagi jika menggunakan jasa kontraktor, maka luas bangunan akan dikalikan dengan biaya yang sudah dipatok oleh jasa tersebut. Mulai bingung soal hitung menghitung? Jangan khawatir, langkah menghitung luas bangunan rumah 2 lantai secara umum akan dijelaskan di sini.

Cara Menghitung Denah Rumah Lantai 2 secara Manual dan Software

Biasanya jasa kontraktor akan membantu untuk menghitung luas bangunan untuk mengetahui rincian biaya dan pembelian material. . Perhitungan ini bisa didapatkan saat konsultasi awal sebelum masuk ke kontrak.

Supaya Sobat Citinews tahu bahwa perhitungannya benar, maka penting untuk belajar cara menghitung denah rumah lantai 2 yang benar. Secara umum, ada dua cara yang bisa ditempuh yaitu melalui perhitungan manual memanfaatkan rumus matematika. Kedua adalah dengan software Autocad.

Penjelasan dari masing-masing cara tersebut akan dijelaskan lebih rinci sebagai berikut:

Cara Menghitung Luas Rumah 2 Lantai secara Manual

Menghitung manual adalah langkah sederhana yang pernah diajarkan di bangku sekolah. Pada pelajaran matematika telah dijelaskan mengenai rumus matematika mengenai luas persegi panjang yaitu Panjang X Lebar. Rumus ini bisa digunakan sebagai cara menghitung luas ruangan.

Sebagai contoh sebuah rumah dengan panjang 12 meter dengan lebar 10 meter. Maka luasnya adalah 120 m2. Sangat mudah bukan? Tapi ini belum selesai karena rumah yang dibangn berlantai dua. Maka tambahkan luas bangunan bawah dengan lantai dua.

Misalnya pada lantai dua panjangnya hanya 8 meter dengan lebar 6 meter maka luas lantai dua adalah 48 m2. Luas lantai pertama dan kedua bisa ditambahkan menjadi 160 m2. Inilah cara menghitung denah rumah lantai 2 yang bisa diikuti.

Sisanya tinggal mengalikan luas denah tersebut dengan tarif pembangunan per m2 dari jasa kontraktor. Beda lagi jika Sobat Citinews ingin memetakan kembali masing-masing kebutuhan material. Contohnya ingin tahu berapa kebutuhan keramik untuk lantai satu dan dua.

Maka ketahui dulu cara menghitung luas lantai setelah mengetahui luasnya baru dikalikan dengan luas ukuran keramik per dus. Jika setiap ruangan menggunakan keramik yang berbeda, maka sebaiknya kalikan luas ruangan dengan luas keramik.

Cara Menghitung Luas Rumah 2 Lantai dengan Software

Jenis software yang digunakan untuk menghitung luas denah rumah adalah Autocad. Biasanya yang menggunakan cara ini adalah para desainer atau arsitek sehingga perhitungannya akurat. Prosesnya dimulai dengan menggambar denah bangunan.

Cara menghitung tipe rumah berlantai dua dengan software autocad ada beberapa tahapan sebagai berikut ini:

  • Membuat gambar denah rumah yang akurat, baik ukuran dan bentuknya tanpa ada lekukan. Karena gambar yang sembarangan akan menghasilkan hitungan tidak tepat.
  • Klik pada garis di gambar yang sudah dibuat hingga berubah menjadi bentuk garis putus-putus.
  • Selanjutnya klik PL yang merupakan perintah Polyline dan tekan Enter pada keyboard.
  • Buatlah garis yang mengelilingi bangunan untuk dihitung dan klik garis tersebut.
  • Terakhir buat perintah LI yang merupakan singkatan LIST dan tekan Enter pada keyboard.

Maka akan muncul jendela baru yang isinya adalah luas bangunan lengkap dengan koordinat dan tanah. Cara menghitung denah rumah lantai 2 sangat mudah dan hanya membutuhkan beberapa menit. Asalkan gambar bangunan lengkap sudah dibuat.

Cara menghitung luas m2 bangunan lengkap ini akan diberikan oleh jasa bangunan kepada klien sebagai detail perhitungan. Data perhitungan juga lengkap disajikan bersama kebutuhan material dan juga biaya yang dibutuhkan.

Selama menghitung menggunakan kedua cara di atas, maka yang perlu jadi perhatian penting adalah soal perhitungan sesuai dengan struktur dan ukuran. Yang dimaksud adalah batas dari luas seperti ukuran dari dinding bagian dalam atau luar.

Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan seperti luas lantai yang dihitung adalah sampai batas dinding luar. Ada juga dinding dengan tinggi lebih dari 1,2 m maka akan dihitung penuh. Sedangkan balkon dengan dinding kurang 1,2 m maka luasnya tidak dihitung.

Perhitungan semacam ini tentu akan mempengaruhi besaran biaya serta material, jadi harus dihitung dengan tepat. Sobat Citinews bisa mengikuti cara menghitung denah rumah lantai 2 secara manual jika tidak memiliki keahlian menggunakan software. Secara garis besar hasilnya tidak jauh berbeda.

Referensi

https://www.rumah.com/panduan-properti/cara-menghitung-luas-bangunan-30698
https://www.99.co/id/panduan/desain-rumah-2-lantai-dan-biaya
https://www.99.co/id/panduan/cara-menghitung-luas-bangunan
https://www.cekaja.com/info/cara-hitung-kebutuhan-keramik

Leave a Reply