6 Cara Ampuh Mengecat Dinding yang Unik

Mengganti cat dinding dengan yang baru bisa mempengaruhi suasana rumah. Sobat Citinews yang ingin memperbarui cat dinding maka bisa mencoba untuk mengecat dinding dengan teknik yang anti mainstream. Cara mengecat dinding yang unik akan memberikan kesan ruangan yang berbeda dari biasanya.

mengecat dinding
Image Source : Shutterstock

Cara Mengecat Dinding yang Unik dan Mudah

Ada banyak teknik sederhana yang bisa dilakukan apabila ingin mendapatkan hasil cat yang unik. Sobat Citinews bisa mengikuti beberapa cara yang akan dibahas di sini. Berikut adalah beberapa cara mengecat dinding rumah yang unik yang bisa dilakukan dan hasilnya cukup memuaskan:

Menggunakan Sikat untuk Motif

Cara mengecat dinding yang unik pertama yang bisa memberikan hasil menarik yaitu dengan menggunakan sikat. Sikat bisa digunakan setelah Sobat Citinews mengoleskan cat menggunakan rol.

Tarik sikat dari ujung atas dinding ke bawah sehingga menghasilkan motif garis. Sobat Citinews tidak harus menggunakan teknik ini untuk semua dinding. Hasil teknik mengecat menggunakan sikat akan maksimal apabila menggunakan jenis sikat yang tidak terlalu rapat. Selain itu sebaiknya juga memilih dinding yang memang akan ditonjolkan.

Menggunakan Rol Motif

Cara mengecat dinding yang bagus berikutnya yaitu dengan memanfaatkan rol bermotif. Teknik ini bisa memberikan hasil cat yang unik dan berbeda daripada biasanya. Pilihlah roll dengan motif yang sesuai dengan keinginan misalnya saja motif batik atau bunga.

Sobat Citinews tentu tidak akan kesulitan untuk menemukan roll yang sesuai dengan keinginan. Dengan memiliki roll motif tentu Sobat Citinews tidak harus melukis dinding dengan manual karena ada cara yang lebih praktis. Hasil dari roll menggunakan teknik ini sangatlah memuaskan. Bahkan dinding juga akan terlihat seolah-olah menggunakan wallpaper.

Memanfaatkan Roll yang Dimodifikasi

Bagi yang ingin membuat motif berbeda dari biasanya maka bisa juga membuat motif sendiri. Cara mengecat dinding yang estetis satu ini sangat sederhana yaitu dengan memodifikasi roll yang biasa digunakan untuk mengecat dinding.

Cara untuk memodifikasi roll sangatlah mudah. Sobat Citinews bisa mempersiapkan roll kemudian siapkan juga tali yang akan digunakan untuk memodifikasi. Lingkarkan tali tersebut pada roll maka nantinya setelah digunakan akan memberikan motif unik pada dinding.

Memanfaatkan Selotip

Tren membuat motif cat dinding terlihat seperti mozaik juga saat ini sedang digandrungi di kalangan masyarakat. Sobat Citinews juga bisa membuat motif ini. Cara mengecat dinding unik untuk membuat motif ini sangatlah mudah. Caranya adalah dengan memanfaatkan selotip yang ditempelkan pada dinding dengan pola yang teratur. Selanjutnya cat pada dinding dengan warna yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan.

Setelah cat mulai mengering Sobat Citinews dapat melepaskan selotip. Hasil yang didapatkan tentu akan sangat menarik apabila mampu mengkombinasikan warna-warna dengan tepat.

Menggunakan Tatakan Gelas atau Piring dari Bahan Kertas

Cara mengecat dinding yang unik lain yang juga tidak kalah menarik adalah dengan memanfaatkan tatakan gelas yang bermotif menarik. Sobat Citinews bisa menggunakan tatakan gelas atau piring yang terbuat dari bahan kertas kemudian ditempelkan di dinding.

Selanjutnya jika sudah tertempel semuanya maka tinggal dilakukan pengecatan. Hasil dari motif tatakan gelas akan membuat kesan dinding terlihat indah. Harga dari tatakan kertas juga terbilang sangat murah sehingga untuk mendapatkan motif yang unik tidak dibutuhkan biaya yang mahal.

Menggunakan Spon

Cara mengecat dinding yang unik selanjutnya yang sangat simpel yaitu memanfaatkan sponge. Sponge dibentuk seperti batu bata kemudian nanti konsep menggunakannya adalah seperti stempel. Sobat Citinews dapat membuat pola dinding batu bata menggunakan teknik ini.

Diperlukan kesabaran dan ketelitian agar hasil cat menggunakan teknik ini memiliki hasil yang sempurna. Gunakanlah warna cat seperti warna batu bata merah agar terlihat natural. Saat ini memang tren dinding gambar batu bata sedang digemari. Sobat Citinews dapat membuat pola yang sesuai keinginan Apakah ingin model vertikal maupun horizontal.

Itulah beberapa cara mengecat dinding yang unik. Cara diatas merupakan cara yang sangat sederhana namun bisa memberikan hasil yang maksimal. Dinding rumah akan terlihat cantik menggunakan teknik di atas.

Leave a Reply