Cara Cek Pajak Motor Online di Masa Pandemi

Pajak kendaraan harus dibayarkan oleh siapa saja yang memiliki kendaraan. Nah untuk mengetahui bagaimana cara cek pajak motor, Anda wajib menyimak informasi yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini. Untuk itu, mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

cek pajak motor online

Cara Cek Pajak Motor Melalui Website

Cara cek pajak motor yang pertama bisa dilakukan melalui website resmi setiap provinsi. Adapun cara untuk mengetahui besaran pajak kendaraan yang harus dibayarkan, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Buka Situs Resmi Samsat Provinsi

Di bawah ini adalah daftar situs resmi sesuai daerah yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan informasi tentang besaran pajak motor yang harus Anda bayarkan.

Isi Data Diri

Setelah masuk ke situs resmi samsat daerah masing-masing, kini saatnya Anda memasukkan data diri berupa NIK dan STNK atau nomor kendaraan yang terdaftar. Oleh karena itu, sebelum Anda mengikuti cara cek pajak motor melalui website, pastikan untuk menyiapkan kedua syarat tersebut.

Klik Proses

Jika dirasa informasi yang diperlukan sudah benar, maka Anda bisa menekan tombol proses agar sistem website bekerja mencari data diri Anda. Namun, ada beberapa situs yang mengharuskan Anda untuk menginputkan kode captcha terlebih dulu.

Selesai

Tidak perlu menunggu lama lagi, besaran pajak kendaraan yang harus Anda bayarkan akan otomatis keluar dari laman tersebut. Setelah ini jangan lupa untuk segera membayarkan pajak motor Anda.

Selain menggunakan situs resmi samsat, cek pajak motor online Jakarta juga bisa melalui pesan singkat atau SMS. Namun, tidak semua wilayah dapat menggunakan layanan yang satu ini. Biasanya layanan cek pajak kendaraan melalui pesan singkat hanya bisa diakses di wilayah seperti Jawa Barat, Jawa Timur, dan juga DKI Jakarta.

Cara Cek Pajak Motor Melalui Pesan Singkat

Bagi Anda yang berada di wilayah DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat, Anda bisa menggunakan layanan pesan singkat ini untuk mengecek besaran pajak yang harus dibayarkan.

Wilayah DKI Jakarta

Untuk Anda yang berada di wilayah DKI Jakarta, cara cara cek pajak motor menggunakan SMS dapat dilakukan dengan cara mengirimkan pesan singkat ke 1717 dengan ketik METRO [spasi] nomor polisi. Mudah bukan?

Wilayah Jawa Barat

Berbeda dari wilayah DKI Jakarta, untuk masyarakat di Jawa Barat harus mengirimkan SMS dengan format poldajbr [spasi] nomor polisi, dan kirim pesan singkat ini ke 3977.

Wilayah Jawa Timur

Pemerintah Jawa Timur telah mengatur proses pengecekan pajak kendaraan dengan cara ketik JATIM [spasi] nomor polisi dan kirim ke 7070. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera cek pajak motor Anda.

Tahukah Anda, selain melalui website resmi dan pesan singkat, Anda juga tetap bisa mengecek besaran pajak motor melalui aplikasi. Lalu, bagaimana cara cek pajak menggunakan aplikasi cek pajak motor? Berikut ini informasinya.

Cara Cek Pajak Motor Melalui Aplikasi

Beda halnya dengan cara cek pajak kendaraan motor melalui pesan singkat yang hanya bisa dilakukan untuk beberapa daerah saja, aplikasi cek pajak ini ternyata bisa dijangkau oleh semua masyarakat Indonesia. Nah untuk mengetahui bagaimana caranya, mari simak penjelasan yang akan kami bahas di bawah ini.

  • Download aplikasi Samsat Online Nasional di Google Play bagi pengguna Android atau di App Store bagi pengguna iOS.
  • Setelah terunduh, lalu masuk ke aplikasi dan input nomor kendaraan serta data diri yang diminta pada kolom yang disediakan.
  • Kemudian klik menu Pendaftaraan untuk mengetahui besaran pajak kendaraan yang harus Anda bayarkan.
  • Ikuti setiap instruksi untuk mengisi formulir yang ada di aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya, Anda akan mendapatkan informasi tentang jumlah pajak kendaraan, tanggal jatuh tempo pembayaran, hingga tanggal jatuh tempo STNK kendaraan Anda.
  • Informasi terakhir yang akan Anda dapatkan adalah kode bayar perbankan. Kode ini digunakan saat Anda akan melunasi pajak kendaraan.

Nah setelah mengetahui bagaimana cara mengecek pajak kendaraan motor online Jawa Barat dan daerah lainnya, bagaimana menurut Anda? Apakah membantu? Sejatinya membayar pajak adalah kewajiban Anda sebagai warga sipil yang taat akan aturan pemerintah. Oleh karena itu, yuk segera bayarkan pajak kendaraan Anda dengan menggunakan cara mengecek pajak kendaraan motor di atas.

Leave a Reply