8 Bahan Bangunan untuk Atap Rumah beserta Kelebihannya

Bahan bangunan untuk atap rumah harus dipilih sebelum pembangunan rumah dilaksanakan. Karena material atap beragam tentu setiap bahan bangunan juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Sobat Citinews harus mengetahuinya sebagai acuan saat membeli.

Benar kalau dikatakan bahawa atap menjadi salah satu bagian terpenting pada bangunan. Atap sendiri berfungsi untuk melindungi penghuni rumah dari berbagai cuaca. Selain itu untuk masalah keindahan dan tampilan, sahabat citicom bisa mendesain atap sesuai selera sehingga memiliki keunikan tersendiri.

Jenis Bahan Bangunan untuk Atap Rumah dan Kelebihannya
Sahabat citicom bisa jadi bingung memilih jenis atap seperti apa yang cocok rumah? Tenang saja. Banyak referensi bacaan diluar sana yang berbagi tips memilih atap rumah, selain itu jika pembangunan rumah menggunakan jasa arsitek, Sobat Citinews juga bisa dengan leluasa berkonsultasi.

Yang pasti, apapun pilihannya, Sobat Citinews haus sesuaikan budget dengan pemilihan jenis atap agar tidak menjadi beban di tengah proses pembangunan. Agar tidak ragu, ulasan jenis atap dan kelebihan berikut bisa dijadikan wawasan:

Atap Genteng Beton

Sahabat Citicom menginginkan desain minimalis pada bangunan? Atap genteng beton tepat dipilih. Material atap tersebut memunculkan kesan modern karena warnanya bervariasi.

Kelebihan atap genteng beton adalah tahan terhadap cuaca, alhasil sahabat Citicom tak perlu khawatir atapnya rusak. Selain itu atap genteng beton juga awet dan kokoh karena terbuat dari beton cor tulangan besi.

Atap Seng

Bahan bangunan untuk atap rumah selanjutnya adalah atap seng. Material atap seng cocok untuk perkotaan atau warung. Jenis atap ini lebih murah dibanding material lainnya. Selain itu, proses pemasangannya cepat sehingga budget lebih kecil.

Kelebihan atap seng adalah tahan terhadap cuaca dan kokoh. Bisa jadi bangunan bisa bertahan bertahun-tahun, yang terpenting memperhatikan perawatannya.

Atap Rumah Metal

Jika Sobat Citinews sulit mencari atap rumah galvalum karena harganya mahal, atap rumah metal bisa dipilih. Atap tersebut membuat bangunan aman dari bocor karena mengandung bahan besi, alumunium, tembaga dan seng.

Mengingat perpaduan pembuatannya, atap rumah metal cocok untuk garasi mobil, bengkel maupun sekolah. Apalagi harganya lebih murah sehingga menghemat pengeluaran.

Sementara keunggulannya yaitu tidak mudah retak atau pecah. Bahan tahan terhadap berbagai cuaca dan kejadian berbahaya seperti angin besar dan sejenisnya.

Atap Rumah Spandek

Bahan bangunan untuk atap rumah keempat adalah spandek. Atap rumah spandek terbuat dari perpaduan seng dan alumunium. Selain kombinasi warnanya beragam sehingga dipilih sesuai jenis bangunan agar senada.

Perlu Sobat Citinews tahu, spandek memiliki ketahanan yang prima. Dijamin bangunan tidak bocor karena atapnya anti retak dan pecah. Sementara ketebalannya mencapai 0,3 mm sampai 0,5 mm.

Walaupun bobotnya ringan, tetapi spandek kokoh dan tahan terhadap angin besar. Yang terpenting pemasangannya benar dan kuat sehingga tidak mempengaruhi kelebihan spandek.

Genteng Tanah Liat

Sobat Citinews pasti mengenal jenis atap genteng tanah liat, apalagi mayoritas orang menggunakannya. Kelebihan genteng tanah liat adalah kuat dan tahan lama, agar atap semakin indah bisa di cat sesuai selera.

Saat memilih atap, Sobat Citinews harus memperhatikan desain bangunan karena model atap rumah beragam. Diantaranya model atap datar, atap pelana atau mansard, atap joglo dan lain-lain.

Atap Polikarbonat

Zaman modern ini, material atap semakin beragam dan memiliki kelebihan tersendiri. Salah satunya jenis atap polikarbonat yang bisa ditekuk. Atap tersebut mampu menahan panas ultraviolet.

Atap polikarbonat diminati banyak orang karena warnanya tahan lama, alhasil estetika atap selalu terjaga. Pemasangannya pun mudah karena bisa ditekuk, Sobat Citinews bisa menggunakan jenis atap ini di kawasan padat penduduk atau pedesaan.

Atap Onduline

Sulit mencari atap rumah yang bikin adem? Atap onduline pilihan tepat. Bentuk atapnya lembaran yang dibuat dari campuran serat kayu dan serat kertas. Tambahan bahan mineral aditif, bitumen dan resin membuat penghuni rumah nyaman di dalam rumah.

Bahan bangunan untuk atap rumah jenis onduline cocok untuk iklim Indonesia. Tak heran tersebar di seluruh penjuru, Sobat Citinews bisa mencari dekat tempat tinggal.

Atap Sirap

Setiap orang memiliki impian hunian berbeda, bahkan ada yang menginginkan konsep rumah di kerajaan. Atap sirap solusi tepat memiliki konsep rumah ala kerajaan, misalnya desain joglo atau pendopo.

Kelebihan atap sirap adalah kental dengan kegunaan dan tahan lama. Selain itu material pembuatannya tidak menyerap panas sehingga hunian selalu sejuk.

Sobat Citinews bebas memilih jenis atap sesuai keinginan. Banyak model atap rumah paling murah yang bisa dipilih. Untuk itulah ulasan jenis atap dan bahan bangunan untuk atap rumah diatas bisa dijadikan acuan.

Referensi :

https://www.pengadaan.web,.id
https://www.rupa.rupa.com
https://sindunesia.com
https://www.rumah123.com

Leave a Reply