Kenali Bahan Bangunan untuk Dapur: Dijamin Desain Dapur Menarik

Bahan bangunan untuk dapur beragam dan disesuaikan dengan desain dapur. Jika dapur Sobat Citinews luas, bahannya lebih banyak. Mayoritas orang bingung memilih material dapur karena harganya terbilang mahal.
Sejatinya, tak semua material untuk dapur mahal. Banyak material murah tetapi desainnya elegan, yang terpenting pandai memadukan material dengan furniture dapur maupun cat dinding.

bahan bangunan untuk dapur

Material Bangunan Dapur yang Wajib Ada

Sebelum membangun dapur, usahakan membuat tabel perhitungan material bangunan. Tujuannya agar anggaran sesuai, jangan sampai asal mendesain dapur tanpa memperhatikan anggaran. Berikut ada daftar bahan bangunan untuk dapur yang wajib ada:

Table Top

Sobat Citinews pasti mengenal Tabletop karena bagian penting kitchen set. Table Top membuat aktivitas memasak semakin seru. Agar bertahan lama, pilihlah table top yang kokoh dan anti gores.

Pastikan table top mudah dibersihkan dan tahan panas atau air sehingga tidak mempengaruhi estetika dapur. Sobat Citinews bisa memilih dengan material granit atau lainnya.

Rak dan Pintu

Rak dan pintu termasuk bahan bangunan untuk dapur utama, bahkan rak dan pintu mampu bertahan bertahun-tahun. Sobat Citinews harus memilih material rak dan pintu yang kuat.

Buatlah struktur rak dan pintu multifungsi agar keindahan dapur tetap terjaga. Pastinya Sobat Citinews bisa memperbaharui desain dapur secara berkala agar tidak bosan.

Pipa-pipa

Perlu diketahui, material bangunan untuk dapur sama banyaknya. Apalagi dapur termasuk ruangan penting sehingga material bangunannya harus lengkap, Sobat Citinews tak boleh melupakan material pipa-pipa untuk pembangunan dapur.

Pipa berfungsi menyalurkan air ke seluruh fungsi dapur. Misalnya untuk wastafel, untuk kamar mandi yang menyatu dengan dapur dan fungsi lainnya.

Cat Dinding

Mayoritas orang mendesain dapur sedemikian rupa agar aktivitas di dapur lebih nyaman. Salah satunya pemilihan cat dinding, cat dinding harus senada dengan perabotan dapur dan memberikan kesan elegan.

Memang, perhitungan biaya pembuatan dapur terbilang mahal. Untuk itulah Sobat Citinews harus mengetahui kisaran biaya buat dapur 3×6 maupun biaya buat dapur 2×6 sehingga sesuai anggaran.

Keramik

Bahan bangunan untuk dapur selanjutnya adalah keramik. Pastikan Sobat Citinews mengetahui keramik untuk lantai maupun dinding di dekat area memasak. Pasalnya motif keramik mampu mempengaruhi estetika dapur.
Agar tidak ada kesalahan hitunglah bahan bangunan per meter persegi.

Sobat Citinews bisa menanyakan pada pekerja mengenai cara menghitung bahan bangunan per meter persegi.

Material Kabinet

Jangan lupakan material kabinet karena mampu memberikan keindahan dapur, Sobat Citinews bisa memilih jenis papan kayu sesuai budget.

Misalnya particle board, MDF atau medium density fiberboard, multiplek atau plywood dan jenis lainnya.

Setelah itu, buatlah papan kayu menjadi kabinet yang bagus. Sobat Citinews bisa menyarankan desain yang unik sehingga memberikan kepuasan saat beraktivitas di dapur.

Backsplash

Bahan bangunan untuk dapur berupa backsplash adalah kesatuan kitchen set. Backsplash termasuk dinding antara kabinet atas pada table top di bagian kabinet bawah.

Sobat Citinews harus jeli memilih material untuk backsplash karena mempengaruhi desain dapur. Semakin bagus material yang dipilih maka desainnya semakin elegan.

Jika budget besar, pilihlah material harga tinggi karena dipastikan kualitasnya terbaik. Tetapi jika budget minim, buatlah dapur mini dengan material backsplash yang terjangkau.

Banyak material backsplash harga terjangkau. Sobat Citinews bisa mencari referensi toko berkualitas dengan harga minim, dijamin desain dapur tetap elegan walaupun dapur mini.

Finishing

Finishing membuat material dapur memiliki keunikan tersendiri, pastinya membuat kitchen set lebih indah. Pilihlah material untuk finishing yang awet sehingga dapur tak membutuhkan perbaikan secara berkala.

Mencari bahan bangunan murah dan kuat tidak sulit, yang terpenting memperluas jaringan. Dengan begitu Sobat Citinews mengetahui kisaran harga di beberapa toko bangunan.

Jika Sobat Citinews bingung memilih material untuk finishing, material HPL bisa dipilih. Material tersebut motifnya beragam sehingga bisa disesuaikan dengan desain dapur. Umumnya, HPL berbentuk lembaran dengan ukuran 120 cm x 240 cm.

Sejatinya, bahan bangunan untuk dapur memiliki fungsi tersendiri. Pastikan Sobat Citinews memilih material kualitas baik, 8 material di atas harus ada saat membangun dapur. Dijamin dapur memiliki estetika tinggi karena materialnya lengkap.

Sumber:
https://www.archify.com
https://www.ranirtyas.com
https://m.dekoruma.com
https://gardenparkaafe.com

Leave a Reply