6 Cara Agar Rumah Lantai 2 Tidak Panas dan Nyaman

Setiap orang menginginkan suasana rumah yang nyaman baik itu di siang hari maupun malam hari. Jika Sobat Citinews memiliki rumah dengan 2 lantai biasanya salah satu masalah yang sering muncul adalah ruangan yang terasa panas. Masalah ini perlu diatasi dengan tepat agar rumah bisa selalu nyaman. Cara agar rumah lantai 2 tidak panas sebenarnya mudah untuk dipraktekkan.

rumah lantai 2 tidak panas

Cara Agar Rumah Lantai dua Tidak Panas dan Nyaman

Sobat Citinews yang memiliki masalah rumah terasa panas dan gerah sebaiknya mengetahui tentang Cara agar rumah lantai dua tidak panas. Rumah dengan dua lantai memang seringkali terasa gerah karena memiliki konstruksi yang lebih kompleks dibandingkan rumah dengan satu lantai.

Bagian rumah yang biasanya memiliki suhu lebih tinggi yaitu lantai atas. Meskipun hal ini umum terjadi, Sobat Citinews tidak perlu khawatir karena ada Cara agar rumah lantai atas tidak gerah yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah beberapa Cara agar rumah lantai dua tidak panas yang efektif:

Memasang AC di Lantai Atas

Cara agar rumah lantai 2 tidak panas pertama yang paling mudah untuk dilakukan agar ruangan terasa lebih sejuk adalah dengan memasang AC. Ketika memasang AC sebaiknya Sobat Citinews memisahkan lantai 1 dengan lantai 2 dengan memasang pintu.

Pintu yang memisahkan antara lantai satu dengan lantai dua dapat menghambat suhu panas dari lantai satu naik ke lantai dua.

Memanfaatkan Thermostat

Cara agar rumah tidak panas selanjutnya yaitu dengan menggunakan thermostat. Teknologi yang satu ini sangat membantu Sobat Citinews untuk mengatur suhu ruangan. Alat ini dapat dipasang baik di lantai 1 maupun di lantai 2. Namun akan lebih baik jika dipasang di antara dua lantai tersebut.

Menggunakan Golden yang Mampu Menghalau Panas

Pemasangan jendela yang lebar terutama di wilayah perkotaan memang efektif untuk membuat ruangan terasa terang. Namun jendela yang besar juga dapat menjadi akses bagi suhu panas luar ruangan untuk masuk ke dalam rumah. Salah satu cara supaya rumah lantai 2 tidak panas dan untuk menyiasati suhu panas dari jendela yaitu dengan memasang gorden yang memang efektif menghalau panas.

Saat ini ada banyak sekali pilihan gorden dengan motif cantik. Sobat Citinews tinggal memilih gorden yang sesuai dengan desain rumah. Pastikan gorden terbuat dari bahan yang efektif memecah panas matahari.

Memasang Ventilasi Silang

Pemasangan ventilasi juga sangat berpengaruh terhadap suhu dalam ruangan. Sobat Citinews perlu memahami tentang apa itu konsep ventilasi silang.

Pemasangan ventilasi ini efektif untuk mengalirkan udara dari luar kemudian dikeluarkan kembali dengan cepat.

Pemasangan ventilasi yang keliru membuat udara panas terjebak di dalam ruangan sehingga suhu akan meningkat. Pahami bahwa udara dingin cenderung bergerak ke bawah sedangkan udara panas cenderung bergerak ke atas. Hal inilah yang menyebabkan rumah di lantai 2 lebih panas dibandingkan lantai 1.

Buat Vegetasi dalam Rumah

Cara agar rumah lantai 2 sejuk berikutnya yaitu dengan menambahkan vegetasi. Rumah yang didalamnya terdapat tanaman hijau memiliki suplai oksigen yang lebih baik. Tanaman hijau di dalam ruangan juga efektif untuk menyejukkan suhu.

Selain menambahkan berbagai macam tanaman hias di dalam ruangan, Sobat Citinews juga bisa menambahkan kolam yang didalamnya terdapat ikan-ikan. Penambahan tanaman dan kolam membuat suasana rumah terasa lebih dingin.

Memilih Warna Cat yang Tepat

Cara agar rumah lantai 2 tidak panas berikutnya yaitu memilih warna cat yang dapat meredam panas matahari. Usahakan agar Sobat Citinews jangan memilih warna-warna yang membuat ruangan terasa panas seperti warna hitam. Pilihlah warna-warna yang dingin seperti warna putih, cream, hijau atau warna yang efektif membuat suasana ruangan terasa lebih dingin.

Cara agar rumah lantai 2 tidak panas menghilangkan mudah asalkan mengetahui apa yang menyebabkan panas dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga informasi diatas bisa membantu mendinginkan ruangan untuk rumah dua lantai yang Sobat Citinews miliki.

Referensi

http://architectaria.com/bagaimana-cara-menyeimbangkan-suhu-lantai-atas-dan-bawah.html
https://www.rumah.com/berita-properti/2020/11/194231/mengapa-ruangan-di-lantai-atas-rumah-lebih-panas
https://www.arsitur.com/2017/07/tips-mengatasi-rumah-yang-panas.html?m=1

Leave a Reply