5 Tips Memilih Bahan Bangunan untuk Membuat Kamar Mandi

Pemilihan bahan bangunan untuk membuat kamar mandi berbeda dengan ruangan lainnya. Tentu saja penyebabnya karena kondisi kamar mandi yang penuh dengan kelembaban. Sudahkah Sobat Citinews mempersiapkan bahan untuk kamar mandi dengan tepat?

bahan bangunan untuk membuat kamar mandi

Bukan hanya memilih bahan bangunan untuk membuat kamar mandi yang tepat saja, tetapi juga perlu membandingkan harganya. Harga bangunan 2020 dan sekarang tentu berbeda dan akan jadi bahan pertimbangan sekaligus menilik kualitasnya. Bagaimana Sobat Citinews memilih material yang tepat? Ikuti tipsnya di sini.

Tips Menentukan Bahan Bangunan untuk Membuat Kamar Mandi

Persiapan dalam membangun atau merenovasi bukan hanya satu atau dua hal saja. Sama seperti ketika riset bahan bangunan rumah dan harganya, hanya saja material yang dipilih lebih spesifik. Mulai dari pemilihan lantai, bahan pelapis dinding hingga pintu.

Sobat Citinews bisa memilih bahan bangunan setelah menentukan desain kamar mandi. Dengan begitu akan lebih mudah untuk menentukan berapa biaya yang dibutuhkan dan apa saja bahan bangunan untuk membuat kamar mandi yang harus dipersiapkan.

Supaya tidak salah dalam memilih bahan material bangunan yang tepat untuk kamar mandi, beberapa tips berikut ini sangatlah membantu.

Memilih lantai yang bertekstur

Ada begitu banyak jenis lantai yang dijual, tapi lantai kamar mandi biasanya dijual khusus karena memiliki permukaan yang tidak mudah licin. Keramik kamar mandi selalu memiliki tekstur baik itu untuk kamar mandi kering atau basah.

Selain itu lantai juga harus lebih kuat jika terlalu sering terkena bahan kimia tapi tetap mudah dibersihkan. Beberapa pilihan material lantai kamar mandi terbaik adalah batu alam seperti granit atau marmer. Nantinya pemasangan lantai juga harus miring agar tidak muncul genangan air.

Gunakan material tahan air untuk dinding

Meski jarang diperhatikan material utama untuk membangun dinding seperti batu bata menjadi hal yang penting untuk diperhitungkan ketika membangun kamar mandi. Jika bahan yang digunakan tidak mampu menahan rembesan air, hal ini akan membuat ruangan di sekitar kamar mandi menjadi lembab dan merusak dinding.

Solusi yang bisa dilakukan untuk hal ini yaitu dengan menggunakan bata ringan. Dimana bata ringan merupakan material untuk dinding yang mampu menahan rembesan air dari kamar mandi. Sehingga tidak menyebabkan rembesan air pada ruangan disekitar kamar mandi tidak lembab.

Bahan pelapis dinding yang tahan air

Materi bahan bangunan untuk membuat dinding kamar mandi pada umumnya sama seperti ruangan lainnya. Hanya saja untuk bahan pelapis dinding sedikit berbeda. Dinding kamar mandi harus dibuat tahan air, khususnya untuk kamar mandi basah.

Bahan pelapis ini bisa berupa keramik dengan permukaan gloss. Jika tidak ingin keramik, bisa juga memberikan lapisan wallpaper vinyl yang mudah dibersihkan dan tidak menyerap air. Penggunaan keramik tidak perlu ke seluruh dinding, cukup setengah bagian saja.

Memilih warna-warna terang

Permainan warna sangat mempengaruhi ruangan termasuk kamar mandi. Penggunaan satu tone warna pada ruangan akan mempermudah pencarian keramik. Selain itu akan lebih baik untuk menggunakan warna-warna terang seperti putih, abu-abu, biru muda atau warna pastel.

Bahan bangunan untuk membuat kamar mandi yang warnanya terang baik dinding dan lantai memudahkan perawatan. Spot-spot kotor akan mudah terlihat dan bisa langsung dibersihkan. Kamar mandi pun akan lebih terawat.

Hindari penggunaan pintu kayu

Apabila Sobat Citinews ingin membuat kamar mandi kecil yang fungsinya untuk mandi tanpa kamar mandi kering, sebaiknya hindari menggunakan pintu kayu. Apalagi untuk ruangan yang ukurannya kecil.

Beberapa jenis pintu yang bisa digunakan haruslah tahan air seperti pintu aluminium atau PVC. Pemasangan pintu nantinya harus lebih tinggi dari lantai dasar kamar mandi. Supaya air tidak mudah keluar dan merusak material pintu.

Memilih kloset yang hemat air

Kloset adalah bagian penting dalam kamar mandi. Ciri kloset yang bagus adalah memiliki leher angsa sehingga sistem pembuangannya tidak berbau. Jika menggunakan kloset duduk maka pilihlah yang hemat air.

Jenis kloset yang hemat air adalah memiliki sistem dual flush yang akan mengeluarkan tiga liter air untuk buang air kecil dan enam liter air untuk buang air besar. Pastikan sistemnya bekerja dengan baik setelah kloset dipasang.

Ada sebuah trik yang bisa Sobat Citinews lakukan untuk menghemat biaya dalam pembuatan kamar mandi. Belilah bahan bangunan dengan cara dicicil, artinya jika terdapat diskon bisa membeli dulu pelan-pelan sampai semua bahan terkumpul.

Membeli sedikit demi sedikit selain hemat juga memastikan bahan bangunan untuk membuat kamar mandi tidak berlebihan. Bahan yang dibeli harus pas sehingga tidak ada materia terbuang usai pembangunan kamar mandi. Trik ini juga sering digunakan ketika hendak membangun ruangan lainnya.

Sumber:

https://www.tokopedia.com/blog/tips-memilih-keramik-kamar-mandi/
https://www.rumahku.com/artikel/read/bahan-material-yang-tepat-untuk-kamar-mandi-407688
https://imagebali.net/detail-artikel/1073-memilih-bahan-material-untuk-kamar-mandi.php
https://www.archify.com/id/archifynow/5-pilihan-terbaik-pelapis-dinding-kamar-mandi
https://serviceacjogja.pro/8-hal-yang-harus-anda-persiapkan-sebelum-membangun-kamar-mandi/

Latest Comments

Leave a Reply