Bagaimana Perbandingan Biaya Pemakaian Bata Merah dan Bata Ringan?

Sebelum memulai konstruksi bangunan, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dulu material apa yang akan digunakan nantinya. Jenis bata yang sedang populer di Indonesia adalah bata merah dan bata ringan yang memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing, salah satunya adalah masalah biaya. Inilah kenapa Anda harus tahu bagaimana perbandingan biaya pemakaian bata merah dan bata ringan.

Alasan yang membuat perdebatan antara pengguna bata merah dan hebel ini adalah harga dan kualitas yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Nah untuk menentukan bagaimana perbandingan biaya pemakaian bata merah dan bata ringan, yuk simak informasi di bawah ini.

Perbandingan Kualitas Bata Merah dan Bata Ringan

Bata ringan atau bata merah? Keduanya memiliki keunggulan tersendiri. Jika Anda masih bingung tentang keduanya, mari simak ulasan berikut ini.

Bahan yang Digunakan

Perbandingan pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah dari bahan yang digunakan. Bata ringan atau hebel ini terbuat dari adonan gypsum, aluminium bubuk, pasir, semen, kimia busa, kapur pasta, dan air. Proses pembuatannya pun sudah lebih canggih karena menggunakan teknologi modern. Hal ini juga yang membuat penggunaan bata ringan lebih mahal.

Sedangkan bata merah masih menggunakan metode tradisional alias manual. Karena proses pembuatannya yang masih manual inilah yang membuat pengguna lebih berhati-hati karena takut hasil pembangunan tidak maksimal dan membuat rumah mudah roboh.

Kekokohan Bata

Tahukah Anda bahwa bata ringan memiliki ketahanan yang sama dengan beton. Meskipun bata ringan ini memiliki bobot yang lebih ringan, tetapi untuk masalah kualitas Anda tidak perlu meragukannya lagi. Bahkan tidak sedikit bangunan tinggi yang menggunakan hebel sebagai material utamanya karena lebih tahan terhadap guncangan. Anda juga bisa melakukan tes kekuatan bata ringan sendiri.

Sama halnya dengan hebel, bata merah juga kokoh karena sudah melalui proses pembakaran dengan suhu yang tinggi. Terlebih lagi bata merah ini lebih kuat berada di wilayah yang panas. Bata merah mampu menghalau suhu panas sehingga kokoh terhadap api.

Proses Pemasangan

Sebelum berlanjut ke perbandingan biaya pemakaian bata merah dan bata ringan, proses pemasangan juga wajib Anda pertimbangkan saat hendak memilih kedua bahan tersebut. Bata ringan lebih mudah dalam proses pemasangannya karena memiliki sisi yang presisi dan bentuknya yang rata. Hal ini tentunya mempermudah proses pemasangan.

Dalam pemasangan bata merah, Anda tidak memerlukan tukang yang ahli. Namun, sangat sulit untuk membuat susunan yang rapi dan memerlukan waktu yang lebih lama dari pemasangan bata hebel. Bata merah cukup berat sehingga menyulitkan tukang untuk bekerja lebih cepat.

Proses Perekatan

Bata ringan ternyata membutuhkan perekat khusus dalam pemasangannya. Perekat yang digunakan untuk hebel ini adalah semen instan yang bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Namun, jika Anda menggunakan bata merah maka Anda tidak perlu memikirkan perekat. Bata merah tidak perlu semen instan dalam pemasangannya, tetapi lebih boros saat merekatkannya.

Harga di Pasaran

Meskipun bata ringan lebih mahal daripada harga bata merah, tetapi Anda akan disuguhkan dengan hasil bangunan yang sempurna. Selain itu, biaya pemasangannya pun lebih ramah di kantong karena proses pemasangannya yang mudah. Untuk masalah harga, bata merah memang cocok digunakan untuk Anda yang memiliki budget kecil.

Namun, Anda jangan khawatir karena Anda tetap bisa mepertimbangkan biaya pembangunan dengan mengetahui perbandingan biaya pemakaian bata merah dan bata ringan di bawah ini.

Perbandingan Biaya Pemakaian Bata Merah dan Bata Ringan yang Wajib Anda Ketahui
Setelah mengetahui bagaimana perbandingan kualitas antara bata ringan dan dinding bata merah. Kini saatnya Anda mempertimbangkan perbandingan biaya pemakaian bata merah dan bata ringan. Seperti yang sudah diketahui bahwa hebel lebih mahal daripada bata merah, tetapi kualitas yang dihasilkan lebih baik.

Untuk harga satuan bata merah yang sudah dioven Anda hanya perlu mengeluarkan dana sekitar Rp. 900,- saja. Sedangkan bata ringan memiliki harga Rp. 10.000,- untuk setiap buahnya. Meskipun demikian, kami tetap menyarankan Anda untuk menggunakan bata ringan mengingat kualitas yang akan dihasilkan lebih sempurna.

Nah itulah informasi lengkap tentang perbandingan biaya pemakaian bata merah dan bata ringan untuk Anda ketahui. Apakah kini Anda sudah menentukan akan menggunakan material yang mana?

sumber:

https://artikel.rumah123.com/7-kelebihan-dan-kekurangan-bata-hebel-untuk-pondasi-rumah-69548
https://www.qhomemart.com/blog/bata-ringan-jogja/
https://www.mitrarenov.com/berita/kelebihan-dan-kekurangan-bata-merah-batako-dan-bata-ringan
https://www.sementigaroda.com/read/20160815/306/kelebihan-dan-kekurangan-dari-bata-merah-batako-press-dan-bata-ringan
https://www.medcom.id/properti/tips-properti/eN4RX5rk-batu-bata-atau-batako-mana-yang-lebih-baik
https://www.klopmart.com/article/detail/perbandingan-biaya-bata-merah-vs-bata-ringan#:~:text=Harga%20bata%20merah%20oven%3A%20Rp,Rp%2010.000%2C%2D%20per%20biji.

Leave a Reply