Begini Loh Cara Agar Kamar Kedap Suara dan Nyaman

Membuat rumah yang tidak bising adalah tantangan di daerah perkotaan. Oleh karena itu ada saja cara agar kamar kedap suara tanpa harus merubah konstruksi bangunan.

Pemilihan furniture, penataan hiasan atau pelengkap dekor ruangan menjadi elemen penting. Cara ini dapat memperingan biaya membuat ruang kedap suara jadi lebih terjangkau.

Inilah Cara Agar Kamar Kedap Suara yang Efektif

Alat peredam suara ampuh menangani suara berisik di luar agar tidak terdengar sampai dalam rumah, begitu pula sebaliknya. Sayangnya, hal ini hanya dapat dilakukan pada tahap pembangunan rumah. Ada cara agar kamar kedap suara tanpa harus merombak dan merubah desain. Intip beberapa ide peredam suara yang bisa Sobat Citinews coba.

Karpet

Suara kaki, roda dan kendaraan adalah gema suara dari tanah yang bising terdengar ke dalam rumah.

Oleh karena itu, coba pasang karpet lantai untuk menguranginya. Pilihannya bisa menutupi keseluruhan lantai atau berfokus pada beberapa titik seperti tengah kamar, di pinggir tempat tidur atau depan televisi.

Pintu

Cara agar kamar kedap suara adalah dengan memeriksa pintu kamar. Adakah celah yang cukup besar? Atau terdapat beberapa celah kecil disekitar pintu?

Tutupi dengan pengganjal celah pintu atau door seal. Agar benar-benar kedap, bisa memakai door seal yang tebal. Ganti pintu sekalian bila terlalu banyak celah yang didapati.

Perbaiki jendela

Jendela pun bisa bergetar kalau posisi kamar terlalu dekat dengan jalan besar. Sobat Citinews bisa mengganti jendela dengan kaca kedap suara atau jendela baru tanpa ada sela-sela di antaranya.

Memasang weather stripping pada jendela akan mengisi rongga yang kosong jadi anti suara mengganggu.

Pakai cat peredam suara

Bukan hanya ada cat anti air, cat anti suara juga ada. Sahabat Citicom bisa memakai cat peredam suara yang berfungsi menahan suara di kamar dan ruangan lainnya. Kebisingan dapat dikurangi sampai 30 persen, mudah kan? Sobat Citinews dapat menerapkan cara ini sambil memilih warna cat yang diinginkan.

Solusi Masalah Lantai

Suara lantai yang berdecil bisa jadi masalah menjengkelkan yang berlarut-larut. Kalau ada biaya, bisa saja lantai diganti dengan yang baru. Pilihan lain yang lebih praktis adalah menggosokkan lantai dengan campuran air jeruk nipis untuk membuat lantai kembali keset.

Insulasi

Sobat Citinews bisa memakai insulasi bangunan sebagai salah satu cara agar kamar kedap suara dan tetap nyaman. Insulasi meredamkan suara, sekaligus mengurangi panas matahari memasuki ruangan. Cara ini memberikan rasa nyaman bagi penghuni rumah dan juga aman.

Pasang Gorden Tebal

Selain mencegah cahaya matahari masuk, Gorden berfungsi menghalau suara. Terdapat bahan-bahan gorden yang bisa mengurangi noise. Sebut saja kain bludru, velvet, katun tebal dapat memangkas suara gaduh secara maksimal. Terutama bila gorden peredam suara dipasang secara rapat keseluruh ruangan.

Panel Akustik

Cara agar kamar kedap suara dan cantik adalah memperbanyak elemen dekor multifungsi. Panel akustik yang berada di ruangan studio musik sukses meredam suara sekaligus sebagai hiasan dinding yang atraktif. Panel akan memantulkan suara pada permukaan keras dan menghalangi masuknya suara.

Tambahan Rak Buku

Pecinta buku tidak akan sulit mengadopsikan cara membuat peredam suara ruangan sendiri berikut ini. Buku yang ditumpuk pada rak bermanfaat menahan suara. Semakin rapat susunan buku, semakin besar suara yang diredam. Pilih rak yang menyatu dengan keseluruhan ruangan dan pas ukurannya.

Tambalan Karet

Perhatikan sudut-sudut ruangan dan tambah tambalan karet bila diperlukan. Material ini cukup ampuh menolak suara apapun, dimanapun. Jadi, Sahabat Citicom bisa mempertimbangkan pembelian karet dalam jumlah besar untuk ditempatkan sekeliling ruangan yang sepertinya bising.

Membuat bangunan semakin menyadari pentingnya membuat rumah kedap suara dan dapat tercermin dari tambahan anti suara yang diterapkan pada saat membangun. Sobat Citinews bisa mencontek cara agar kamar kedap suara yang sudah dibahas di atas.

Mulai dari dekorasi ruangan sampai tata letak tiap-tiap barang yang ada di rumah. Selain cantik, hal ini juga menerapkan estetika yang menakjubkan. Kini, rumahmu rapi dan cantik serta jangan lupa, kedap dari segala macam kegaduhan.

Leave a Reply