Tips Memilih Kloset Duduk yang Nyaman

Kloset duduk banyak digemari oleh masyarakat Indonesia baru-baru ini karena dinilai lebih nyaman dan modern daripada kloset jongkok yang sebelumnya digunakan. Namun, apakah Anda tahu apa saja tips memilih kloset duduk agar baik digunakan?

Tips Memilih Kloset Duduk yang Nyaman

Memilih kloset duduk tentunya harus dibarengi dengan banyak pertimbangan agar bisa mendapatkan produk yang berkualitas tinggi dan tentunya bisa tahan lama.

Sejak kehadirannya di tengah-tengah masyarakat Indonesia, kloset duduk ini menuai perdebatan karena dinilai tidak lebih baik dari kloset jongkok, bahkan ada yang menyebutkan bahwa kloset duduk tidak sehat jika dibandingkan dengan kloset jongkok. Nah untuk mengetahui lebih baik kloset duduk atau jongkok, Anda bisa menyimak informasi berikut ini.

Kloset Duduk dan Jongkok, Mana yang Lebih Baik?

Sebelum membahas lebih jauh tentang tips menentukan kloset duduk, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dulu tentang lebih sehat mana antara menggunakan kloset duduk atau jongkok. Kloset duduk banyak digunakan karena dinilai lebih nyaman, tetapi jika dilihat dari segi kesehatan kloset jongkok lebih disarankan. Kenapa demikian?

Meskipun rekomendasi kloset duduk murah lebih modern dan mewah, tetapi harganya lebih mahal dan proses buang air pun akan membutuhkan waktu lama sehingga meningkatkan risiko penyakit sembelit, wasir, infeksi kulit, flu, hingga diare karena kulit Anda bersentuhan langsung dengan permukaan kloset yang mudah terkena bakteri penyebab penyakit.

Inilah kenapa toilet jongkok lebih disarankan. Namun, tidak ada salahnya Anda menggunakan toilet duduk asal Anda mampu mengatasi segala masalah yang akan menyebabkan penyakit menyerang tubuh. Dan sekarang saatnya Anda mengetahui apa saja tips memilih kloset duduk seperti berikut ini.

6 Tips Memilih Kloset Duduk

Yuk simak bagaimana tips memilih kloset duduk agar bisa mendapatkan pilihan produk yang berkualitas dan tahan lama. Check this out!

Bentuk Dudukan Kloset

Tips menentukan kloset tipe duduk yang pertama adalah pilihlah bentuk kloset yang nyaman. Ada dua jenis dudukan kloset yang saat ini banyak digunakan, yaitu bentuk elips atau oval dan bentuk bundar. Namun, dari kedua jenis ini bentuk oval lebih nyaman digunakan untuk buang air. Sedangkan bentuk lingkaran lebih nyaman digunakan untuk toilet dengan ukuran yang sempit.

Tinggi Dudukan Kloset

Selain bentuk dudukan kloset, ternyata tinggi juga mempengaruhi kenyamanan Anda saat menggunakan kloset duduk ini. Terdapat dua jenis tinggi kloset yang saat ini beredar di pasaran, yaitu tinggi 14-15 inci dan 16-17 inci. Biasanya ukuran 14-15 inci yang sering digunakan. Sedangkan ukuran kedua lebih banyak dipakai untuk pengguna yang bertubuh tinggi.

System Penyiraman

Tips memilih tipe kloset duduk yang selanjutnya adalah pilihlah sistem penyiraman yang memiliki kinerja tinggi. Apalagi jika Anda sering menggunakan kloset, dan jika sistem penyiramannya kurang maka cenderung akan menyumbat toilet. Pilihlah kloset duduk siram otomatis dengan diameter lebih dari 2” yang mampu mengalirkan air dengan kuat dan cepat.

Jenis Kloset

Terdapat empat jenis kloset yang bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran. Jenis pertama adalah kloset tanpa tangki air yang memiliki harga lebih terjangkau, tetapi menggunakan sistem pembuangan yang manual. Jenis kedua adalah kloset monoblok yang hadir dengan desain lebih sederhana. Namun, jenis ini lebih mudah mengalami kebocoran. Jenis keempat adalah duo blok yang memiliki berat lebih ringan sehingga mudah dipindahkan, dan yang terakhir adalah jenis kloset gantung yang lebih modern dari jenis kloset duduk lainnya.

System Pembuangan

Sistem pembuangan ini terkadang sering dilupakan, tetapi ternyata tips memilih produk kloset duduk yang satu ini harus diperhatikan dengan baik agar nantinya Anda bisa menggunakan kloset duduk dengan nyaman. Kini terdapat dua jenis sistem pembuangan kloset yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Beberapa jenis tersebut adalah jenis wash down dan siphonic.

Fitur Tambahan

Merk kloset duduk yang bagus memiliki fitur tambahan yang canggih. Anda bisa menemukan banyak pilihan kloset duduk yang dipadukan dengan teknologi modern seperti sistem buka tutup otomatis hingga kloset duduk yang dilengkapi dengan pengaturan suhu otomatis. Menarik bukan?

Kloset duduk dinilai lebih nyaman digunakan apalagi untuk lansia dan ibu hamil yang mengharuskan duduk saat buang air. Namun, Anda pun bisa menggunakan kloset duduk dengan bebas asalkan mengetahui apa saja tips menentukan kloset duduk yang nyaman dan sehat digunakan.

Sumber:

https://www.alodokter.com/mana-yang-lebih-sehat-toilet-jongkok-atau-toilet-duduk/
https://my-best.id/137350
https://artikel.rumah123.com/5-tips-memilih-kloset-duduk-yang-benar-baca-dulu-baru-beli-90893
https://parenting.dream.co.id/decor/detail-yang-penting-diperhatikan-saat-memilih-kloset-duduk-190916j.html
https://www.americanstandard.co.id/id/parts-support/how-to-guides/how-to-choose-a-toilet
https://rumahhokie.com/beritaproperti/lima-tips-memilih-kloset-duduk-sesuai-kebutuhan/

Leave a Reply