3 Cara Membersihkan Lantai Epoxy yang Mudah Dilakukan

Apakah Sobat Citinews masih belum tahu bagaimana cara membersihkan lantai epoxy? Pada sebuah lantai bangunan atau gedung yang sudah lama, umumnya memiliki warna yang telah pudar dan kusam. Salah satu solusi untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan cat lantai agar mengkilap menggunakan cat epoxy lantai.

membersihkan lantai epoxy

Epoxy lantai merupakan proses pengecatan pada permukaan lantai keramik atau beton. Untuk cara membersihkan lantai epoxy sebenarnya tidaklah rumit. Sobat Citinews hanya perlu melakukan pembersihan secara rutin serta merawatnya dengan baik agar cat epoxy lantai rumah bisa tahan lama. Bahkan Sobat Citinews bisa melakukannya sendiri tanpa perlu bantuan jasa epoxy lantai.

Cara Membersihkan Lantai Epoxy yang Mudah Dilakukan

Metode pembersihan secara menyeluruh

Cara membersihkan lantai epoxy sebenarnya sama saja dengan teknik membersihkan lantai pada umumnya. Hanya saja, untuk menghilangkan noda yang sulit hilang Sobat Citinews perlu menggunakan cara khusus. Pertama dengan metode pembersihan secara menyeluruh.

Hal ini dilakukan secara rutin dengan menghilangkan debu di permukaan lantai menggunakan vakum. Selain berguna untuk menjaga kebersihan serta kekinclongan pada lantai, pembersihan dengan vakum mampu menghindari goresan lembut yang diakibatkan partikel kecil yang menempel di lantai.

Jika ada tumpahan cairan kotor seperti minyak atau bahan kimia, Sobat Citinews bisa mengelapnya dengan kain lembut. Gunakan cairan pembersih lantai epoxy untuk tumpahan yang lengket. Apabila sulit dihilangkan hanya dengan mengelapnya, maka cobalah untuk menyikatnya. Gunakan sikat berbahan nilon untuk menghilangkan noda membandel.

Pembersihan secara mendalam

Selain melakukan pembersihan secara rutin pada permukaan lantai yang terlihat, sesekali Sobat Citinews juga perlu melakukan pembersihan secara mendalam. Caranya yaitu dengan mengosongkan ruang lebih dahulu, hingga seluruh bagian permukaan lantai bisa dibersihkan.

Cara membersihkan lantai epoxy secara mendalam bisa Sobat Citinews lakukan setiap tiga bulan sekali. Umumnya Sobat Citinews akan menemukan bagian yang kotor melekat pada bagian yang tertutup. Maka dari itu, gunakanlah cairan pembersih yang mudah larut serta tidak mengandung racun seperti amonia. Campurkan dengan air panas dengan perbandingan ½ cangkir amonia dengan 1 galon air.

Untuk pemilihan cairan pembersih, sebaiknya jangan sembarangan memilih. Misalnya saja cairan berbahan jeruk nipis atau cuka. Kedua bahan ini sebaiknya dihindari untuk membersihkan lantai epoxy karena kandungan asamnya malah membuat lantai menjadi degloss.

Cairan yang berbahan sabun juga tidak direkomendasikan sebagai larutan pembersih, karena membuat lantai menjadi licin saat basah. Lalu saat sudah kering lantai epoxy tidak mengkilap seperti sebelumnya bahkan dapat meninggalkan bekas.

Kemudian pel lantai dengan cairan pembersih dan busa yang keras. Sobat Citinews dapat mengepel lantai epoxy dengan teknik memutar, sehingga lantai bersih maksimal tanpa meninggalkan goresan. Setelah itu lantai dibilas dengan busa dan air yang bersih, lalu keringkan dengan handuk lembut.

Penghilangan noda membandel

Pada sudut-sudut lantai yang tertutup, biasanya terdapat noda membandel yang sangat sulit dibersihkan dengan teknik biasa. Maka dari itu, cara membersihkan lantai epoxy bisa dilakukan dengan teknik menyikat untuk memudarkan noda.

Gunakanlah sikat nilon kaku untuk membantu menghilangkannya. Sebelumnya, Sobat Citinews perlu menyemprotkan larutan cairan pembersih lebih dahulu. Baru kemudian digosok dengan sikat nilon hingga noda yang menempel hilang. Selanjutkan bilas menggunakan air bersih dan keringkan dengan handuk lembut.

Apabila noda yang menempel bersifat noda karat atau garam, maka Sobat Citinews perlu memilih larutan yang mengandung asam laktat. Meski memiliki bahan yang bersifat keras, namun sangat ampuh untuk menghilangkan noda karat. Caranya yaitu dengan mencampurkan asam laktat dengan air hangat perbandingan 1:1.

Oleskan pada permukaan noda lalu digosok langsung menggunakan sikat. Namun perlu diingat, jangan sampai cairan ini menempel terlalu lama di lantai epoxy sebab bisa merusak lapisannya.

Cara menghilangkan epoxy dari goresan ban juga bisa Sobat Citinews lakukan menggunakan concentrate degreaser.

Oleskan saja produk ini dilantai yang tergores selama 5 sampai 10 menit. Lalu sikat dengan menggunakan sikat nilon maka bekas goresan di lantai epoxy akan hilang. Terakhir, bilaslah dengan air dingin dan keringkan menggunakan handuk lembut.

Nah itu tadi 3 cara membersihkan lantai epoxy dengan mudah. Sobat Citinews bahkan bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa bantuan jasa pembersih lantai epoxy. Selamat mencoba.

Sumber :

https://www.rinjaniepoxy.com/cara-membersihkan-lantai-epoxy-dengan-benar/
https://indojayaepoxy.com/cara-merawat-lantia-epoxy/
https://hargaepoxy.co.id/cara-membersihkan-lantai-epoxy/

Leave a Reply