6 Cara Menghilangkan Semut di Rumah Yang Efektif dan Aman

Cara menghilangkan semut berikut bisa membantu Anda yang menjumpai banyaknya semut di rumah. Kehadiran semut di dalam rumah bisa mengganggu kenyamanan penghuni rumah, apalagi semut sering masuk ke rumah di beberapa kondisi. Misalnya saat sisa makanan berserakan di lantai maupun di area lain, bahkan saat cuaca dingin dan musim hujan semut sering bersarang di rumah.

Efektif dan Aman! 6 Cara Menghilangkan Semut di Rumah

Untuk mengatasi kehadiran semut yang mengganggu, Anda bisa menerapkan cara menghilangkan semut di rumah. Anda bisa menggunakan bahan alami maupun cairan kimia yang Anda miliki.

Cara Efektif Menghilangkan Semut Di Rumah

Sejatinya, semut akan keluar dari sarangnya untuk mencari makanan. Umumnya, semut akan bergerombol atau berbaris di tembok. Saat di lantai rumah banyak sisa makanan, otomatis semut akan menghampiri. Untuk menghilangkan semut di rumah, Anda bisa menerapkan cara berikut:

Bubuk Kayu Manis

Anda bisa menggunakan bubuk kayu manis dengan cara menaburkannya ke area rumah yang dilewati semut. Anda bisa menggunakan sebagai cara menghilangkan semut merah di kamar maupun area lain, semut tidak tidak akan naik ke permukaan lemari atau dinding karena aroma bubuk kayu manis.

Tepung Maizena

Jangan salah loh, tepung maizena bisa dijadikan bahan alami mengatasi semut di rumah. Apalagi tepung maizena mudah didapatkan dan menjadi bahan pembuat adonan sehingga selalu ada di dapur.

Anda bisa menaburkan tepung maizena di area dapur rumah atau di di bawah meja tempat lauk pauk. Dengan begitu lauk pauk bebas dari semut dan seluruh area rumah tidak ada sarang semut. Agar tepung maizena bisa bertahan lama, Anda bisa menambahkan air di atas taburan tepung.

Tea Tree Oil

Cara menghilangkan semut di rumah dengan tea tree oil juga ampuh sehingga diminati banyak orang. Caranya pun mudah, campurkan 5 sampai 11 tetes minyak tea tree oil pada 2 gelas air. Setelah itu, masukkan cairan tersebut dalam botol semprot. Lalu, semprotkan pada area yang sering dilewati semut.

Cara tersebut juga memberikan ketenangan bagi penghuni rumah karena aromanya menenangkan. Yang terpenting adalah menjauhkan minyak tea tree oil dari anak-anak maupun hewan peliharaan karena bisa mengganggu kesehatan mereka jika dihirup atau ditelan.

Detergen Cair dan Cairan Pembersih Kaca

Campuran detergen cair dan cairan pembersih kaca juga bisa mengusir semut yang mengganggu di rumah Anda. Cukup campurkan cairan pembersih kaca dan detergen cair dan masukkan dalam botol semprot. Kemudian, semprot ke area rumah yang dilalui semut, misalnya dapur, area meja makan maupun meja belajar, di pojok dinding dan area lainnya.

Campuran tersebut termasuk cara mengusir semut hitam kecil maupun semut gula yang mengganggu kenyamanan penghuni rumah. Anda bisa menerapkannya sekitar 1 minggu sekali atau saat semut keluar dari sarangnya di musim hujan.

Kapur Anti Serangga

Anda pasti mengenal kapur anti serangga karena sudah dijual di warung terdekat. Nyatanya, kapur tersebut ampuh menghilangkan semut di dalam rumah walaupun jumlah semutnya banyak.

Sejatinya, kapur tersebut terbuat dari kalsium karbonat dengan aroma khas yang tidak disukai serangga maupun semut. Selain itu, cara menggunakannya mudah. Cukup gambar garis melingkar di area yang dilewati semut dan di bagian lubang semut agar semut tidak bisa keluar.

Jika Anda menggambar lingkaran pada sekumpulan semut besar atau kecil tetap efektif. Dalam hitungan menit, semut tersebut akan mati karena menghirup atau memakan kapur serangga.

Menggunakan Lemon

Lemon termasuk cara menghilangkan semut di rumah yang jarang diterapkan. Padahal efektif mengusir semut yang membandel karena semut tidak menyukai aroma asam buah lemon.

Masukkan jus lemon atau perasan lemon ke botol semprot. Setelah itu, semprotkan pada celah pintu maupun jendela. Semprotkan juga pada lubang semut maupun area yang dilewati semut sehingga semut cepat hilang.

Selain dimasukkan ke botol semprot bisa dijadikan cairan untuk mengepel lantai sehingga lantai bebas dari semut. Anda bisa menghaluskan 5 buah lemon dan campurkan dengan 2 atau 3 liter air pada ember. Setelah itu pel seluruh lantai rumah dengan cairan lemon. Dijamin lantai harum dan bebas dari semut dan serangga lainnya.

Cara menghilangkan semut di rumah bisa menggunakan bahan alami atau bahan kimia. Yang terpenting tetap menjaga jarak dengan anak-anak sehingga aktivitas Anda mengusir semut tidak mengganggu kesehatan anak-anak. Lakukan cara tersebut sendiri tanpa meminta bantuan anak atau keluarga sehingga aman.

Leave a Reply