Pengertian Semen Instan atau Mortar dan Jenisnya!

Teknologi terus berkembang dalam menciptakan produk terbaru atau pun meningkatkan kualitas produk lama, termasuk semen instan. Pengertian semen instan atau mortar yaitu semen yang bisa langsung digunakan tanpa harus mencampurkannya dengan bahan lain.

pengertian semen instan
image source : shutterstock

Semen menjadi material penting untuk membangun sebuah bangunan. Dan semen instan ini akan memperhemat waktu karena penggunaannya yang hanya cukup ditambahkan air saja. Tidak perlu lagi harus dicampurkan dengan bahan lain seperti pasir atau yang lainnya.

5 Jenis Semen Instan Beserta Fungsinya

Semen modern ini ternyata memiliki banyak jenis dengan fungsi yang berbeda. Perbedaan fungsi ini disesuaikan dengan kegunaannya untuk bagian bangunan yang berbeda pula. Dari semua jenis semen instan, kebanyakan digunakan dalam finishing bangunan. Inilah beberapa fungsi semen instan berdasarkan jenisnya.

Thinbed Mortar

Pengertian semen instan atau mortar thinbed yaitu semen perekat bata ringan. Nama lain dari thinbed mortar yaitu lem hebel. Pemakaian thinbed mortar lebih hemat daripada memakai semen konvensional.

Saat menggunakan semen konvensional, dibutuhkan semen yang tebal untuk bisa merekatkan bata, tetapi dengan semen instan satu ini cukup dioles tipis untuk merekatkan bata ringan. Untuk dinding rumah seluas 10-14 persegi cukup menggunakan kemasan thin bed mortar yang berukuran 40 kg.

Mortar Plester Dinding

Pengertian semen instan atau mortar plester dinding yaitu semen siap pakai yang digunakan untuk merekatkan bata merah, bata ringan, hingga batako. Kelebihan mortar plester dinding ini memiliki kualitas yang konsisten dan lebih hemat karena hanya ditambahkan air saja sebelum dipakai.

Kemasan mortar plester dinding yang berukuran 50 kg dapat diaplikasikan untuk 2,5-3 meter persegi dinding.

Mortar Acian Instan

Pengertian semen instan atau mortar acian instan ini merupakan semen yang sudah diformulasikan khusus untuk menghaluskan permukaan dinding. Hasil yang ditampilkan oleh mortar acian instan jauh lebih halus dan berbeda dari semen biasa.

Semen instan ini bisa digunakan untuk mortar utama untuk dinding retak karena memiliki sifat anti retak. Semen instan ini juga lebih hemat karena tidak diperlukan plamir dalam pemakaiannya. Keuntungan lainnya menggunakan acian instan yaitu lebih cepat kering.

Mortar Plester Keramik

Pengertian semen instan atau mortar plester keramik yaitu semen khusus yang digunakan untuk merekatkan keramik. Material semen instan ini memang diformulasikan untuk keramik, sehingga berfungsi lebih kuat pemasangan keramik. Pemasangan keramik di lantai atau pun di dinding bisa menggunakan plester mortar keramik.

Pemasangan keramik dengan semen instan ini dapat meminimalisir terjadinya popping di kemudian hari. Popping yaitu terangkat atau melepasnya keramik karena suhu panas atau pengaruh bahan semen yang digunakan sebagai perekatnya.

Mortar Pelindung

Semen instan pelindung ini atau biasa disebut Protection mortar yaitu jenis semen anti korosi, pelapukan, dan kedap air. Beberapa keuntungan lainnya saat menggunakan semen instan ini di antaranya bisa menjadi insulasi suara, insulasi panas, dan meningkatkan daya tahan. Sehingga Sahabat Cition akan mendapatkan kenyamanan.

Keunggulan Umum dari Semen Instan atau Mortar

Setiap jenis semen instan atau mortar mempunyai kelebihan yang berbeda sesuai fungsinya. Namun, pada umumnya, semua jenis mortar memiliki beberapa kelebihan yang sama. Beberapa kelebihan umum dari mortar yaitu:

  • Campuran dari beberapa bahan bangunan yang disesuaikan dengan kebutuhan
  • Pemakaian lebih mudah dan lebih cepat karena Sobat Citinews tidak perlu lagi menambahkan bahan-bahan lain
  • Kemasan mortar lebih mudah disimpan dibanding semen konvensional
  • Lebih hemat biaya karena tidak perlu membeli bahan-bahan lain yang biasanya dipakai dalam semen konvensional
  • Semen instan memiliki kualitas yang lebih unggul karena takarannya disesuaikan dan pembuatannya pun menggunakan teknologi modern
  • Tempat pembangunan lebih bersih karena tidak ada bahan bangunan yang berserakan untuk mencampurkan mortar seperti semen konvensional

Sobat Citinews sudah mengetahui beberapa pengertian semen instan atau mortar berdasarkan jenisnya. Setiap jenis mortar sudah memiliki standarisasi publik dan dikemas sesuai kebutuhan bagian bangunan. Sobat Citinews harus membeli mortar sesuai dengan kebutuhan.

Link Referensi

https://wira.co.id/semen-mortar/
https://mortarindonesia.com/2018/04/11/berbagai-jenis-mortar-dan-kegunaannya-untuk-konstruksi/
https://monas.co.id/apa-yang-dimaksud-dengan-semen-instan

Leave a Reply