Cara Menghitung Kebutuhan Bahan Bangunan Untuk Pondasi

Pondasi bangunan merupakan kunci dari sebuah struktur bangunan yang kuat. Oleh sebab itu kebutuhan bahan bangunan untuk pondasi harus dipenuhi dengan jumlah dan kualitas yang tepat. Sehingga kualitas pondasi juga baik dan kuat.

pondasi bangunan

Ada beberapa jenis pondasi dengan material yang berbeda-beda. Seperti pondasi tapak, sepatu, trapesium dan juga cakar ayam. Material yang digunakan diantaranya, batu kali, beton cor dan juga batu bata merah. Apabila menggunakan material cor beton maka akan banyak material yang dibutuhkan.

Namun jika Sobat Citinews menggunakan batu kali maka lebih sedikit yang dibutuhkan. Kali ini kita akan membahas pondasi batu kali dan batu bata merah dengan rangkaian beton cor beserta cara menghitung galian pondasi sekaligus jumlah kebutuhan materialnya.

Perhitungan Volume dan Kebutuhan Bahan Bangunan Untuk Pondasi

Ada beberapa jenis pondasi yang kerap digunakan ketika mendirikan bangunan. Namun pondasi dengan material batu kali serta batu bata merah. Berikut ini kami hadirkan cara menghitung pondasi rumah guna mengetahui kebutuhan bahan bangunan untuk pondasi.

Pondasi Batu Kali

Untuk bisa memperhitungkan kebutuhan bahan serta jumlah anggaran yang dibutuhkan, maka sebelumnya harus menghitung volume pondasi. Pondasi yang menggunakan batu kali umumnya berbentuk trapesium. Maka rumus perhitungan struktur pondasi batu kali adalah:

Panjang (p) x lebar (l) x tinggi (t)

Dimana untuk perhitungan lebar merupakan rata-rata dari lebar bagian atas dan lebar bagian bawah. Sebab pada bentuk trapesium, ukuran lebar atas dan bawah tidak sama. Oleh sebab itu harus dibuat rata-rata dari keduanya.

Apabila Sobat Citinews sudah memperoleh besar volume dari pondasi, maka sudah bisa menghitung perkiraan kebutuhan bahan bangunan untuk pondasi yang diperlukan.

Misalkan volume pondasi sebesar 90 m³, bukan berarti jumlah batu yang diperlukan juga 90 m³. Sebab pada saat diangkut di dalam truk, akan ditata sedemikian rupa agar terlihat banyak. Padahal di bagian bawah banyak terdapat rongga karena penempatan batu- batu berukuran besar sebagai dasarnya.

Oleh karena itu pembelian batu kali di lapangan akan dikalikan dengan faktor penyusutan sebesar 1,20 kali. Terlebih setelah dipecah untuk dipasang, maka penyusutan akan lebih banyak. Maka dari volume 90 m³, jumlah batu kali yang dibutuhkan adalah 90x 1,20= 108 m³.

Sementara untuk kebutuhan semen juga pasit tergantung pada perbandingan campuran. Untuk pondasi sederhana, Sobat Citinews dapat menggunakan perbandingan semen dan pasir 1:8. Dimana keperluan semen dan pasir dengan perbandingan teesebut menurut tabel adalah 91 kg semen dan 0,584 m³ pasir.

Maka kebutuhan semen untuk volume pondasi 90m³ adalah: 90×91:40kg (berat semen per sak). Hasilnya 204,75 atau dibulatkan menjadi 205 sak. Untuk kebutuhan pasirnya yaitu 90 m³x0,584= 52,56 m³. Untuk anggarannya bisa langsung dikalikan dengan harga per sak dan per m³.

Pondasi Batu Bata Merah

Pondasi dengan material batu bata merah umumnya adalah pondasi sistem sepatu. Bentuknya merupakan ranhkaian besi yang ditanam di sudut-sudut ruangan untuk memperkuat bangunan. Batu bata merah akan ditempatkan diantara pondasi yang ditanam tersebut sebagai penghubung juga pondasi untuk dinding bangunan.

Agar dapat mengetahui kebutuhan bahan bangunan untuk pondasi, maka Sobat Citinews harus menghitung volume dari pondasi. Sebagai contoh jika ukuran dari pondasi adalah panjang 10 meter, lebar bawah 50cm/0,5 meter, lebar atas 25cm/ 0,25 m dan tinggi 60cm/0,6 meter. Maka volume pondasi adalah:

½ x (Lebar atas+bawah) x tinggi (t) x panjang (p)
½ x (0,25+0,5) x 0,6 x 10= 2,25 m³

Untuk mengetahui kebutuhan batu bata merah untuk pondasi, maka volume pondasi harus dibagi dengan volume satuan batu bata. Umumnya ukuran volume standar batu bata adalah 0,001944 m³.

Sehingga jumlah batu bata merah yang diperlukan yaitu:

2,25:0,001944= 1.157,4 atau jika dibulatkan 1.160 batu bata. Jumlah tersebut adalah untuk ukuran pondasi sepanjang 10 m, maka untuk per meter pondasi dibutuhkan sekitar 116 batu bata merah.

Demikian perhitungan guna mengetahui kebutuhan bahan bangunan untuk pondasi yang kami rangkumkan. Semoga dengan informasi ini Sobat Citinews dapat membuat jenis pondasi yang kokoh serta aman dengan material berkualitas serta jumlah yang sesuai perhitungan.

Sumber Artikel

https://berbagisituss.wordpress.com/2018/05/08/menghitung-kebutuhan-pasir-dan-semen-pekerjaan-pondasi/
http://jagobangunan.com/article/read/berapa-kebutuhan-material-batu-kali-pasir-dan-semen-untuk-pondasi-trapesium-
https://jualbataat.blogspot.com/2019/12/cara-menghitung-kebutuhan-batu-bata.html

Leave a Reply