Cara Membuat Dak Rumah Lantai 2 yang Benar

Dak rumah lantai 2 harus dibuat dengan sebaik mungkin, karena ini menjadi salah satu bagian dari konstruksi rumah yang memiliki peranan yang penting. Cara membuat dak rumah lantai 2 yang benar pun harus diperhatikan, khususnya tingkat kekuatannya. Sebagai pemilik rumah Sobat Citinews harus tahu langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan oleh tukang bangunan.

Dak rumah lantai 2

Apalagi dengan kemajuan teknologi saat ini, pembuatan dak memanfaatkan alat-alat modern yang mempermudah prosesnya. Pembuatan dak yang benar akan mempengaruhi kualitas bangunan seperti kuat, permukaannya rata hingga tidak mudah rusak. Seperti apakah dak yang benar?

Cara Membuat Dak Rumah Lantai 2 yang Kuat

Dak rumah adalah bagian dari struktur bangunan yang digunakan untuk membatasi lantai atas dan bawah. Dak juga digunakan sebagai bagian teratas konstruksi atau sebagai atap rumah. Konstruksi yang kuat dibutuhkan agar bangunan yang diciptakan kokoh.

Apabila dilihat dari segi kelebihannya dak memiliki daya tahan yang lebih lama serta bisa meredam panas matahari. Struktur bangunan ini mudah dibersihkan dan tidak mudah terbakar. Soal finishing pun prosesnya cepat serta mudah seperti hanya perlu dicat saja.

Namun yang jadi perhatian adalah cara membuat dak rumah lantai 2 yang benar. Jika salah maka kekurangannya akan mempengaruhi struktur bangunan. Seperti mudah bocor untuk itu pembuatan dak rumah sederhana sekalipun harus tetap diperhatikan.

3 Hal yang Harus Dipertimbangkan sebelum Membangun Dak

Pembuatan dak tidak bisa dilakukan tanpa pertimbangan yang matang. Sobat Citinews sebaiknya berkonsultasi dengan jelas kepada jasa konstruksi secara detail. Karena banyak yang harus dipertimbangkan sebagai berikut sebagai perencanaan yang tepat.

Perencanaan struktur bangunan

Struktur bangunan lantai dua harus jelas, sebagai perencanaan kolom harus diletakkan di tempat yang tidak mengganggu ruangan. Tata letak ruangan juga akan dipertimbangkan sehingga tidak merusak keindahan rumah.

Pemilihan material

Ada banyak material yang bisa digunakan dalam pembuatan dak beton. Khusus untuk lantai dua maka bahan yang digunakan haruslah ringan sehingga struktur tetap kokoh. Ketebalan cor dak rumah juga akan dipengaruhi oleh material yang dipilih.

Mintalah penjelasan dari kelebihan dan kekurangan material dari jasa kontraktor agar mudah memilih. Baik itu dak beton bondek atau dak lantai baja ringan hingga dengan material dan cara tradisional.

Soal biaya

Setelah menentukan material dari kelebihan dan kekurangannya maka hal selanjutnya adalah perhitungan biaya. Perhitungan biaya ini harus secara keseluruhan bukan hanya pembuatan bangunan atau dak baru. Namun juga sekaligus pembongkaran rumah lama.

3 Langkah Cara Membuat Dak Rumah Lantai 2

Apabila semua persiapan sudah dilakukan dengan benar, maka langkah selanjutnya adalah proses pembuatan dak. Tiga langkah yang akan dilakukan adalah sebagai berikut:

Persiapan material

Langkah awal yaitu mempersiapkan material dengan komposisi yang benar. Komposisi ini akan mempengaruhi kekuatan dak dan keamanannya. Untuk pembuatan dak struktural beton yang digunakan adalah mutu B1 dan K 125 dengan komposisi 1:2:3 untuk semen, pasir dan split.

Sedangkan untuk non struktural maka menggunakan beton bermutu B0 dengan perbandingan 8:1 untuk pasir, kerikil serta batu pecahan. Rasio penggunaan air yang normal adalah 10 sampai 20% dari berat semen yang digunakan.

Apabila jumlah air berlebihan akan mempengaruhi kekuatan dak karena terlalu banyak pori yang terbentuk. Oleh karena itu semua perbandingan bahan harus dibuat dengan tepat.

Mengaduk material beton

Apabila kopoisis sudah ditentukan maka langkah selanjutnya adalah pengadukan. Prosesnya bisa dilakukan manual atau menggunakan mesin. Asalkan hasil yang dibuat adalah homogen dengan warna merata dan tidak terlalu cair atau kental. Semua bulir material bercampur yang artinya sudah siap untuk digunakan.

Proses pengecoran

Cara membuat dak rumah lantai 2 yang terakhir adalah pengaturan rangka besi sudah dibuat maka dilanjutkan dengan bekisting. Bisa menggunakan papan kayu atau bondek. Jika ruang sudah siap maka adonan semen yang baru saja selesai diaduk bisa langsung dituangkan.

Dak akan selesai setelah kering, di mana waktu pengeringan yang dibutuhkan adalah sekitar 2 mingguan. Proses pengecoran harus dilakukan selesai dalam waktu satu hari karena bahan yang sudah diaduk tidak boleh dibiarkan terlalu lama.

Jika semua cara membuat dak rumah lantai 2 dari persiapan hingga proses pengecoran selesai dilakukan maka hasilnya sudah dipastikan sempurna. Setelah cor kering, Sobat Citinews bisa langsung melihat hasilnya.

Referensi:

https://properti.kompas.com/read/2012/07/27/20504069/Cara.Tepat.Membuat.Dak.Beton?page=all
https://strong-indonesia.com/artikel/membuat-dak-beton-yang-benar/
https://www.99.co/blog/indonesia/cara-mudah-membuat-dak-beton/
https://www.rumah.com/panduan-properti/dak-beton-29981
https://www.mitrarenov.com/berita/ingin-membangun-rumah-bertingkat-inilah-hal-hal-yang-bisa-anda-pertimbangkan-sebelum-meningkat-rumah

Leave a Reply