Berapa Kubik Pasir Dalam 1 Truk? Hitung Agar Tidak Rugi

Berapa kubik pasir dalam 1 truk? Pertanyaan ini sangat penting, agar Sobat Citinews bisa terhindar dari kerugian. Mengetahui ukuran pasri ini juga bisa menentukan harga pasir yang ingin dipesan, sehingga bisa menentukan berapa kebutuhan pasir.

Berapa kubik pasir dalam 1 truk

Selain itu, perlu juga Sobat Citinews mengetahui macam-macam ukuran truk dan juga jenis-jenis pasir yang digunakan. Langsung saja simak artikel berikut ini selengkapnya.

Cara Menghitung Berapa Kubik Pasir dalam 1 Truk

Untuk mengukur berapa kubik pasir dalam 1 truk sebenarnya sangatlah mudah. Seperti halnya pelajaran matematika di sekolah, bahwa ukuran kubik merupakan perkalian antara panjang, lebar, dan tinggi.

Jika dirumuskan, kubik tersebut adalah panjang (m) x lebar (l) x tinggi (t) = kubik (m3)

Contohnya,

jika sebuah truk mempunyai ukuran bak dengan panjang 4 meter, lebarnya 2 meter, dan tingginya 1,5 meter. Berapa kubik ukuran bak tersebut mampu menampung pasir?

Jawabannya adalah dengan menggunakan rumus tersebut, maka bisa dituliskan:

Panjang (4m) x lebar (2m) x tinggi (1,5m) = 12 kubik (m3)

Dari contoh tersebut Sobat Citinews bisa menghitung sendiri berapa kapasitas dalam 1 truk tersebut, yaitu 12 kubik. Dengan begitu maka, kebutuhan pasir juga bisa disesuaikan dengan ukuran bak truk tersebut.

Ukuran-Ukuran Kubik Truk

Banyak sekali model truk pengangkut pasir. Hal ini juga bisa menjawab berapa kubik pasir dalam 1 truk.

Ukuran truk tersebut ada yang kecil, sedang, hingga ukuran besar. Dari perbedaan tersebut tentunya memiliki ukuran kubik yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya.

Selain itu, setiap merek truk biasanya juga memiliki ukuran yang berbeda-beda satu sama lain. Berikut ini beberapa ukuran truk yang biasanya digunakan dalam mengangkut pasir, dari ukuran kecil hingga besar.

Pick up L300

Bak truk kecil ini memiliki ukuran bak 2,43 meter, 1,6 meter, dan 0,36 meter. Dengan ukuran tersebut kapasitas maksimal bisa mencapai 1, 4 kubik.

Ada juga ukuran pick up dengan dimensi 2 meter, 1,56 meter, dan 1,20. Dengan ukuran tersebut mampu mengangkut sekitar 3,7 kubik.

Engkel/Colt

Bak untuk kendaraan truk ini memiliki dimensi dengan ukuran 3,1 meter, 1,7 meter, dan 1,7 meter. Jadi, kapasitasnya mampu mengangkut sebesar 8,959 kubik.

Double Engkel

Ukuran truk ini memiliki panjang 4,2 meter, 2 meter, dan 1,7 meter. Dengan ukuran tersebut mampu mengangkut pasir hingga 14,28 kubik.

Fuso Ringan

Truk besar ini memiliki ukuran dimensi 5 meter, 2,1 meter, dan 2 meter. Sehingga kapasitas maksimalnya mampu mengangkut hingga 21 kubik.

Fuso Berat

Kapasitasnya tentunya lebih besar dari fuso ringan dengan ukuran bak 5,7 meter, 2,3 meter, dan 2,2 meter. Dengan besarnya dimensi tersebut mampu mengangkut pasir hingga 28,8 kubik.

Tronton

Ukuran truk tronton tentunya yang paling besar dari kendaraan pengangkut pasir. Ukuran tronton ini adalah 9,6 meter, 2,4 meter, dan 2,4 meter. Dari dimensi tersebut truk tronton mampu mengangkut pasir hingga mencapai 55, 3 kubik.

Menghitung Harga Pasir 1 Truk

Untuk menghindari kecurangan penjual pasir, Sobat Citinews perlu berhati-hati dan bisa menghitung berapa kubik pasir dalam 1 truk terlebih dahulu. Kemudian membandingkan dengan harga sebenarnya dari pasir yang dibeli.

Contohnya

ketika Sobat Citinews mendapat tawaran pasir dari supplier A dengan harga Rp 1,6 juta untuk ukuran colt. Ukuran pasti dari bak tersebut adalah 6,5 m3.

Supplier B juga menawarkan pasir dengan harga Rp 1,5 juta dengan kendaraan yang sama. Namun memiliki ukuran yang berbeda yaitu hanya 5 m3.

Mana yang harus dipilih?

Dari contoh ini Sobat Citinews jangan terlebih dulu membagi harga per kubiknya. Namun, hitung dulu kebutuhan keseluruhan pasir. Jika yang diinginkan 5 truk, maka harus dikalikan terlebih dahulu, baru dibagi berapa harga per kubiknya.

Supplier A

Jumlah kubik dari pesanan adalah 5 colt x 6,5 m3= 32,5 m3
Harga untuk 5 colt adalah 5 x Rp 1,6 juta = Rp 8 juta
Harga per meter kubik adalah kurang lebih Rp 246 ribu

Supplier B

Jumlah kubik dari pesanan adalah 5 colt x 5 m3 = 25 m3
Harga untuk 5 colt adalah 5 x Rp 1,5 juta = Rp 7,5 juta
Harga per meter kubik adalah kurang lebih = Rp 300 ribu

Dengan hasil tersebut, tentunya Sobat Citinews bisa memilih harga yang lebih murah, yaitu Supplier A dengan harga Rp 1,6 juta untuk 1 colt.

Itulah jawaban dari berapa kubik pasir dalam 1 truk yang harus diketahui sebelum membeli pasar. Sobat Citinews akan terhindar dari kerugian karena mengetahui hitungan pasti dari ukuran truk pasir.

Leave a Reply