6 Cara Mengatasi Lantai Lembab Anti Gagal

Lantai lembab tentu membuat tidak nyaman, terasa dingin dan dapat menimbulkan penyakit. Ada enam cara mengatasi lantai lembab, ini sudah teruji dan anti gagal. Menariknya dapat dilakukan sendiri di rumah. Simak Yuk!

image source : shutterstock

Sebelum menemukan solusi persoalan lantai yang tidak nyaman, perlu dicari terlebih dahulu penyebab kenapa lantai terasa merembes.

Cara Mengatasi Lantai Rumah yang Lembab

Menggunakan Nat yang Kedap Air

Jika sebab lantai lembab adalah air merembes melalui nat, maka jalan satu satunya adalah menggunakan penutup keramik yang kedap air. Rembesan tersebut bisa jadi karena usia yang sudah tua.

Oleh sebab itu fungsi nat sebagai pengunci agar ubin tetap terpasang dengan aman berkurang. Muncullah rongga rongga. Baik kecil atau besar dampaknya sama, yaitu membuat air masuk melalui nat. Selain itu, bentuk nat yang telah usang juga mengurangi estetika keramik itu sendiri.

Jika demikian, cara mengatasinya yaitu menggunakan nat yang baru dan sesuai dengan kebutuhannya. Nat di ruang tamu tentu berbeda dengan di kamar mandi. Begitu juga nat yang digunakan di dapur.

Biasanya nat yang digunakan di kamar mandi berupa bahan yang tahan terhadap air dan cairan kimia atau kedap air. Hal ini bertujuan agar masalah lantai lembab dan merembes teratasi.

Sementara itu, untuk nat di dapur perlu perekat yang tahan terhadap panas dan mudah dibersihkan. Anti noda membandel.

Memperbaiki Konstruksi Lantai yang Buruk

Jika Sobat Citinews merasa lantai yang lembab namun kondisinya bagus, barangkali ada yang salah dengan konstruksi lantai. Biasanya ini terjadi pada bangunan lama. Jarang ditemui di bangunan yang modern.

Membongkar konstruksi yang buruk adalah cara mengatasi lantai lembab selanjutnya. Lantai yang kurang nyaman semuanya harus diperbaiki.

Caranya, bongkarlah sampai ke dasar pasir dan tuangkan pasir yang tebal. Kemudian lapisi dengan plastik. Baru berikan lapisan spesi yang kedap air. Dengan perbandingan 1pc: 2 pasir tebal 3 cm. Jika ingin sedikit berhemat, dapat ditimbun tanah terlebih dahulu baru tutupi dengan pasir.

Membuat Parit di Sekeliling Rumah

Cara mengatasi lantai lembab yang ketiga adalah membuat parit di sekeliling rumah. Kenapa? Sebab, bisa jadi air merembes melalui celah celah ubin karena di sekeliling adalah tanah terbuka.

Air tidak dapat mengalir karena rumah tidak memiliki parit atau parit yang ada tidak terlalu dalam sehingga air menggenang. Wajar saja, jika akhirnya air merembes masuk kedalam rumah. Solusi rembesan air pada lantai tersebut adalah buatlah parit sehingga air dapat mengalir dengan lancar.

Meninggikan Permukaan Lantai

Apakah Sobat Citinews tinggal di daerah yang rendah? Mudah tergenang air saat musim hujan? Jika iya, cara mengatasi lantai lembab adalah dengan meninggikan permukaan lantai.

Air tanah yang ada di lokasi rumah tingginya mendekati lantai. Sehingga merembes melalui rongga rongga. Sebaiknya tinggikan lantai mencapai 10 sampai dengan 30 cm. Bisa menimbun lantai dengan tanah terlebih dahulu, kemudian pasir, tutuplah dengan plastik terakhir berikan spesi kedap air.

Memeriksa Kondisi Pipa Air

Penyebab lantai lembab yang terakhir adalah kondisi pipa air yang ada di rumah. Letaknya yang tersembunyi, bisa jadi salah satu penyebab air merembes.

Pipa yang telah lama dipakai dan memiliki tekanan yang besar bisa rusak dan menyebabkan lembab dan merembes. Periksalah kondisi pipa Sobat Citinews, Siapa tahu rusak dan bocor. Gantilah dengan yang baru. Itulah salah solusi dari persoalan lantai yang lembab.

Menambah Ventilasi Udara

Ventilasi udara berfungsi agar udara di dalam rumah menjadi lancar, sejuk serta tidak lembab. Ini juga menyebabkan lantai menjadi kering. Semakin banyak ventilasi, maka kualitas udara semakin bagus. Selain itu, memasang satu atau dua atap transparan juga menjadi cara mengatasi lantai lembab karena cahaya akan masuk ke dalam rumah menjadi banyak.

Kesimpulan

Nah, Sobat Citinews citinews itulah enam cara mengatasi lantai lembab anti gagal. Segera perbaiki masalah yang menyangkut kenyamanan lantai. Sebelum menjadi masalah yang besar. Sebab, ubin yang nyaman tidak saja menambah estetika rumah. Tetapi, menjaga penghuni rumah agar tetap aman dan jauh dari kuman penyakit. Siap berbenah?

Sumber:

https://probuildermag.co.uk/features/deal-damp-concrete-floors
https://www.petercox.com/our-services/damp-proofing/damp-walls/concrete-floor/
https://www.99.co/blog/indonesia/cara-mengatasi-lantai-rembes/

Leave a Reply