Jangan Jijik, Ini 5 Cara Mengusir Tikus Dari Rumah Tanpa Bahan Kimia

Cara mengusir tikus dari rumah berikut ini bisa membantu Sobat Citinews yang mengalami masalah rumah banyak tikusnya. Sobat Citinews harus tau cara rumah tidak ada tikus yang dapat dilakukan dengan mudah. Keberadaan tikus kerap kali mengganggu aktivitas bahkan merusak barang-barang yang ada di rumah. Tak heran jika binatang ini seringkali menjadi buruan untuk dimusnahkan. Tikus bisa masuk ke dalam rumah melalui celah atau lobang yang memungkinkan mereka untuk masuk.

cara mengusir tikus dari rumah

Untuk mengusir tikus, sebenarnya tidak bisa dikatakan mudah. Mengingat binatang ini berukuran kecil dan pergerakannya yang lincah. Namun, Sobat Citinews bisa menggunakan beberapa cara mengusir tikus yang membandel ini. Penasaran bagaimana caranya ? Yuk simak baik-baik.

Cara Rumah Tidak Ada Tikus Tanp Bahan Kimia

Memasang Perangkap Tikus

Cara rumah tidak ada tikus ini sebenarnya sangat umum dilakukan banyak orang agar rumah mereka tidak ada tikus. Sobat Citinews bisa membeli alat perangkap tikus di toko-toko perabotan ataupun secara online.

Agar perangkap itu bisa bekerja secara maksimal, letakkan makanan yang dijadikan untuk umpan agar tikus mendekat.

Gunakan umpan yang menimbulkan bau yang menarik perhatian.

Atur perangkap di tempat yang memang menjadi sarangnya. Umumnya diletakkan pada malam hari dan paginya baru dicek. Dengan cara ini, tikus tidak akan mati sehingga nantinya bisa dipindahkan ke tempat yang semestinya atau jauh dari rumah.

Pelihara Kucing

Memelihara kucing menjadi salah satu cara mengusir tikus curut yang terbilang ampuh. Binatang peliharaan ini dikenal begitu cekatan saat menangkap tikus. Saat di rumah terdapat kucing, tikus akan sulit untuk masuk ke rumah.

Sobat Citinews bisa memelihara beberapa kucing dan membiarkannya mereka beraktivitas, dalam artian tidak dikurung. Dengan begitu, kucing bisa langsung mengejar tikus saat mengetahuinya.

Nah untuk Sobat Citinews atau keluarga ada yang alergi dengan tikus, bisa menggunakan tempat pembuangan kotoran kucing. Nantinya, Sobat Citinews bisa meletakannya di dekat persembunyian tikus.

Bau yang ditimbulkan dari tempat kotoran tersebut akan membuat tikus tidak berani untuk keluar dan akhirnya pergi dari rumah. Namun, Sobat Citinews harus sedikit tahan dengan bau jika menggunakan cara rumah tidak ada tikus ini.

Letakkan Makanan Di Tempat Aman

Makanan yang dibiarkan tanpa ditutup di dengan baik, dapat mengundang tikus untuk datang. Cara rumah tidak ada tikus selanjutnya ini, Sobat Citinews harus menyimpan makanan apapun baik yang masih utuh ataupun sisa di area yang aman atau tidak terbuka.

Penciuman tikus bisa dikatakan sangat peka terhadap makanan. Khususnya makanan yang memang baunya menyengat. Coba untuk meletakkan makanan yang masih utuh di kulkas atau bisa menutupnya dengan tudung saji. Nah untuk makanan sisa, bisa langsung membuangnya di tempat sampah. Pastikan tempat sampah berada di luar rumah.

Tutup Lubang Atau Celah di Sekitar Rumah

Tikus sebenarnya banyak hidup dengan membuat lubang-lubangdi tanah. Namun ketika mereka kehabisan makanan, bisa mencari sampai ke rumah-rumah bahkan berkembang biak.

Mereka umumnya, masuk ke dalam rumah melalui lubang-lubangatau celah kecil yang menghubungkan langsung sisi luar dan dalam rumah. Jika lubangitu dibiarkan, akan semakin banyak tikus yang masuk.

Cara rumah tidak ada tikus ini, Sobat Citinews harus menutup lubang rapat-rapat. Untuk yang paling mudah, bisa menggunakan lakban secara berulang kali. Namun agar lebih efektif bisa menggunakan wol baja yang lebih kuat. Dengan cara mengusir tikus yang merajalela ini, dirasa tikus akan sulit untuk masuk ke dalam rumah.

Gunakan Bahan Alami

Beberapa bahan alami rupanya dapat digunakan sebagai cara rumah tidak ada tikus. Dengan cara ini, Sobat Citinews bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur, seperti lada bubuk maupun bawang. Caranya sangat mudah, taburkan lada bubuk di sudut yang sering terlihat tikusnya. Lada memiliki kandungan senyawa piperin yang akan membuat tikus terganggu.

Jika ingin menggunakan bawang, iris bawang sampai berukuran kecil. Dan letakkan di sudut-sudut ruangan, bau yang ditimbulkan akan membuat tikus tidak nyaman dan pergi. Kelemahan tikus ini bisa dimanfaatkan untuk membuat rumah terhindar dari hewan menyebalkan ini.

Itulah 5 cara rumah tidak ada tikus yang Sobat Citinews bisa lakukan. Untuk menemukan yang paling efektif, Sobat Citinews bisa mencobanya satu-satu dari yang paling mudah. Yuk segera coba cara tersebut agar rumah terbebas dari tikus yang mengganggu.

Referensi

https://www.merdeka.com/trending/10-cara-mengusir-tikus-di-rumah-dengan-bahan-alami-mudah-dipraktikkan-kln.html
https://lifestyle.kompas.com/read/2020/12/01/112831420/6-cara-mengusir-tikus-di-rumah-tanpa-memakai-racun?page=all
https://www.bola.com/ragam/read/4432198/10-cara-mengusir-tikus-di-rumah-dengan-bahan-alami

Leave a Reply