Pengertian Pasir Silika atau Pasir Kuarsa Yang Harus Kamu Pahami

Sejak dulu, Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki potensi alam yang melimpah, salah satunya pasir silika atau kuarsa. Untuk menambah wawasan, Sobat Citinews sebaiknya perlu mengetahui pengertian pasir silika atau pasir kuarsa. Jenis pasir ini banyak dibutuhkan oleh berbagai sektor industri. Bukan hanya dari dalam negeri, pasir ini juga banyak dicari oleh negara lain.

image source : shutterstock

Pasir silika atau pasir kuarsa banyak ditemukan di daerah Jawa, Sumatra hingga Kalimantan. Kualitas dari pasir ini berbeda-beda setiap daerahnya. Pasir yang memiliki kadar kemurnian yang tinggi lebih banyak dicari karena dibutuhkan oleh berbagai industri. Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak informasi mengenai pengertian pasir silika atau pasir kuarsa.

Pengertian Pasir Silika atau Pasir Kuarsa

Apa itu pasir silika ? Pasir silika atau pasir kuarsa merupakan jenis material yang berasal dari pelapukan batuan. Didalamnya terkandung mineral berupa kuarsa dan feldspar. Pelapukan yang terjadi di bebatuan ini mudah terbawa arus air sehingga seringkali ditemukan di area tepian laut, danau atau sungai.

Sobat Citinews bisa dengan mudah mengetahui pasir ini dengan melihat ciri-ciri pasir kuarsa. Dimana jenis pasir ini memiliki warna putih bening, kuning, abu-abu, coklat ataupun merah. Perbedaan warna ini didasari oleh senyawa pengotornya yang melekat saat proses pengendapan.

Senyawa pengotor yang ada pada pasir silika mengandung oksida kalsium, oksida besi, oksida alkali, oksida magnesium, lempung hingga zat organik lainnya. Itulah pengertian pasir silika atau pasir kuarsa yang perlu diketahui. Lalu bagaimana dengan manfaat pasir kuarsa ?

Manfaat Pasir Silika atau Pasir Kuarsa

Terdapat beberapa manfaat atau fungsi pasir silika untuk kebutuhan industri. Setelah mengetahui hal ini, mungkin saja Sobat Citinews nantinya tertarik untuk membelinya. Setelah mengetahui pengertian pasir silika atau pasir kuarsa , manfaat dari pasir ini juga harus diketahui. Berikut beberapa manfaat dari pasir silika atau pasir kuarsa.

Pasir Silika atau Pasir Kuarsa Sebagai Bahan Keramik

Keramik yang memiliki tampilan cantik, ternyata banyak terbuat dari pasir kuarsa atau silika. Banyak industri keramik lebih memilih pasir ini sebagai bahan bakunya karena dapat menghasilkan keramik yang berkualitas. Kekokohan keramik yang terbuat dari pasir ini disebut cukup tinggi, sehingga banyak orang lebih menyukainya.

Pasir Silika atau Pasir Kuarsa Sebagai Bahan Kaca

Di Industri kaca, pasir silika atau kuarsa juga banyak digunakan. Ini menjadi salah satu contoh pengembangan bahan baku yang yang efektif, karena memang kaca banyak dibutuhkan saat ini. Kaca yang dibuat bisa berupa kaca dinding, cermin atau yang lainnya.

Pasir Silika atau Pasir Kuarsa Sebagai Sand Blasting

Sand blasting biasanya dilakukan untuk menghilangkan karat pada logam. Pasir kuarsa ini seringkali dimanfaatkan untuk disemprotkan ke media tersebut, dengan harapan karat cepat menghilang. Untuk melakukan hal ini, memang dibutuhkan alat tambahan, sehingga memudahkan saat proses penyemprotan.

Bahan Filter Air

Kebutuhan air bersih terus meningkat di kalangan masyarakat. Teknologi filter air juga terus berkembang, salah satunya dengan memanfaatkan pasir kuarsa ini. Dengan menyaring air yang masih kotor menggunakan filter air ini, air yang dihasilkan akan lebih jernih. Pasir ini juga seringkali digunakan pada pabrik untuk menyaring limbah agar tidak terlalu mencemari lingkungan.

Pasir Silika atau Pasir Kuarsa Sebagai Bahan Konstruksi

Pasir silika atau pasir kuarsa juga seringkali digunakan untuk bahan dasar cor-coran atau beton. Dalam penggunaanya, pasir ini akan dicampur dengan menggunakan kerikil dan juga semen sebelum diaduk menjadi adonan beton.

Dengan menggunakan pasir kuarsa, semen akan lebih keras saat kering dan akan membuat beton atau cor-coran lebih kuat lagi. Tak heran jika pasir ini banyak digunakan oleh perusahaan konstruksi.

Proses Penampangan Pasir Silika Atau Kuarsa

Untuk cara mendapatkan pasir silika, harus dilakukan penampangan di area yang terdapat pasir ini. Setelah berhasil didapatkan, pasir akan melalui tahap pencurian. Pasir yang baru saja ditambang masih dalam keadaan kotor, sehingga harus dicuci untuk meningkatkan kemurniannya. Tahap terakhir, penyortiran berdasarkan ukuran serta pengeringan.

Itulah pengertian pasir silika atau pasir kuarsa yang bisa dibagikan. Jika ingin menemukan pasir jenis ini dengan kualitas terbaik, bisa memilih pasir silika Kalimantan, Jawa ataupun Sumatera. Kualitas dari pasir ini akan berpengaruh terhadap produksi yang dilakukan. Dengan informasi pengertian pasir silika atau pasir kuarsa ini, semoga menambah wawasan Sobat Citinews semuanya ya.

Referensi

https://www.pengadaan.web.id/2020/03/pasir-silika-atau-kuarsa.html
https://www.kompasiana.com/atmosemprong/54f601fda33311197c8b485a/apa-itu-pasir-silikapasir-kuarsa
https://www.pasirkuarsa.org/2016/10/apakah-pasir-kwarsa-atau-pasir-kuarsa-adalah.html

Leave a Reply