Baterai Ponsel Cepat Habis? Inilah Cara Hemat Baterai Smartphone

Perangkat smartphone memang dikenal membutuhkan konsumsi daya yang sangat besar. Sehingga wajar saja, kalau pemakaiannya cukup boros dan cepat menghabiskan baterai. Lantas adakah cara hemat baterai smartphone yang bisa dilakukan?

hemat baterai smartphone

Tentu saja ada. Banyak cara yang memungkinkan kamu bisa menghemat kapasitas baterai ponselmu. Caranya pun cukup mudah dan tentunya bisa kamu lakukan sendiri. Untuk lebih jelasnya, perhatikan cara-cara di bawah ini.

Ini nih cara hemat baterai smartphone yang efektif dilakukan.

Matikan Kecerahan Otomatis

Di dalam smartphone, terdapat fitur yang memungkinkan kamu untuk mengatur tingkat kecerahan. Sebaiknya, gunakan tingkat kecerahan manual dan matikan fitur otomatis. Ketahuilah, bahwa layar menjadi komponen yang paling besar menyedot kapasitas baterai.

Matikan Google Now

Google Now bisa dibilang sebagai aplikasi yang sangat boros dalam hal sumber daya. Aplikasi ini akan terus-menerus terbuka di latar belakang. Maka jika tidak sedang dibutuhkan, lebih baik matikan atau lakukan disable. Mematikan Google Now juga menjadi cara menghemat pemakaian baterai smartphone yang efektif dilakukan.

Matikan Vibrate /Getar

Cara hemat baterai smartphone selanjutnya adalah dengan mematikan fitur getar. Memberikan getaran pada ponsel bisa memakan daya cukup besar dibandingkan nada dering.

Pakai Baterai Original

Banyak pengguna ponsel, seringkali mengganti baterai original dengan yang kw ketika mengalami kerusakan. Padahal, cara ini bisa merusak ponsel dan daya baterainya pun tidak akan bertahan lama.

Terapkan Lockscreen Background Gelap

Bagi kamu yang sudah memiliki ponsel dengan layar AMOLED, sebaiknya gunakan lockscreen background yang berwarna gelap. Hal ini dikarenakan layar AMOLED cenderung hanya menerangi pixel yang memiliki warna cerah.

Menghapus Widget

Jika ponselmu terlalu banyak widget yang tidak perlu, sebaiknya segeralah menghapusnya. Contohnya saja seperti widget yang terkoneksi dengan internet yang meliputi sosial media, waktu, serta widget cuaca.

Lakukan Update Aplikasi

Ketika menggunakan ponsel pintar, kamu pasti akan sering mendapat pemberitahuan untuk update aplikasi. Lakukan update ini secara berkala, supaya performa ponsel menjadi optimal. Dengan begini, daya baterai juga tidak terlalu boros dalam upaya pengoptimalan aplikasi yang berjalan.

Nonaktifkan Auto-Sync

Banyak dari kita mengaktifkan Auto-Sync untuk berbagai akun Google. Padahal tidak semua aplikasi yang dimaksud benar-benar dibutuhkan pemakaiannya. Daripada menghabiskan daya baterai untuk sinkronisasi aplikasi yang kurang penting, sebaiknya nonaktifkan fitur Auto-Sync.

Mengurangi Screen Timeout

Cara hemat baterai smartphone lainnya ialah dengan mengurangi screen timeout. Screen timeout ini adalah waktu di mana layar ponsel akan mati secara otomatis saat tidak beroperasi.

Misalkan saja, jika kamu mengatur screen timeout ini selama 1 menit setelah dipakai. Lebih baik, kurangi waktunya hingga menjadi sekitar 15 detik saja. Atau akan lebih efektif, bila kamu mematikannya secara manual.

Atur Mode Pesawat

Ketika ponsel sedang tidak dipakai, sebaiknya matikan lah data internet atau atur Mode Pesawat. Seperti halnya ketika kamu sedang sibuk bekerja atau sekolah, serta saat tidur di malam hari. Ketahuilah bahwa menghubungkan ponsel dengan jaringan internet, bisa menguras daya baterai kamu dengan cukup besar.

Mematikan Fitur Tak Terpakai

Kamu juga perlu mematikan fitur yang tidak terpakai seperti GPS, Bluetooth, hingga fitur NFC. Fitur-fitur lain yang meliputi smart scrolling atau air gestures juga bisa kamu matikan. Berbagai fitur ini, nyatanya bisa memakan cukup banyak daya baterai pada ponselmu.

Mengatur Konektivitas Wi-Fi

Cara membuat baterai HP tahan lama selanjutnya adalah dengan mematikan koneksi Wi-fi melalui mobile data. Ubahlah pengaturan Wi-fi tersebut menjadi opsi ‘Always on during sleep’. Mode ini cenderung lebih sedikit dalam hal konsumsi daya baterai, dibandingkan reconnecting secara otomatis.

Banyak diantara kita, memang mengalami persoalan dengan daya baterai ponsel yang cepat sekali terkuras. Kamu harus mengatasi hal ini supaya kinerja ponsel lebih optimal. Tentu kamu tidak mau bukan, saat bepergian dan baterai habis begitu saja? Oleh karenanya, kamu bisa menerapkan cara hemat baterai smartphone di atas.

Adapun cara menghemat baterai di smartphone lain yang bisa kamu terapkan. Yakni dengan memaksimalkan lockscreen widget untuk aplikasi penting, melakukan charge tiap ada kesempatan, mematikan GPS, dan masih banyak yang lain. Kamu bisa mencoba cara-di atas sekarang juga.

Referensi:

https://amp.ayobandung.com/read/2020/05/19/89792/jarang-disadari-ini-10-cara-agar-baterai-hp-awet
https://carisinyal.com/menghemat-baterai-android/
https://amp.suara.com/tekno/2019/10/11/161000/cobalah-cara-menghemat-baterai-smartphone-android-ini
https://www.spesifikasiharga.com/4-cara-menghemat-baterai-smartphone-android/
https://liputan6.com/hot/read/4025025/6-cara-menghemat-baterai-android-yang-benar-dan-ampuh

Leave a Reply