Begini Cara dan Pelatihan Pembuatan Bata Ringan

Pernahkah Anda berpikir atau berminat dengan pelatihan pembuatan bata ringan? Pasalnya semakin berkembangnya zaman dan teknologi, inovasi produk terus dilakukan, apalagi banyak masyarakat yang menyukai produk simple, efisien dan terjangkau, tak terkecuali pada produk material. Keputusan dalam mempelajari keterampilan dengan cara meninggalkan cara konvensional menuju cara yang lebih praktis dan modern merupakan keputusan tepat agar usaha yang Anda jalankan terus berjalan dan berkembang pesat.

Misalnya pada pengusaha batu bata merah konvensional, di mana permintaan pasar mereka terus menurun karena banyak konsumen yang memilih batu bata ringan dibandingkan bata merah. Hal ini dikarenakan batu bata ringan memiliki kelebihan lebih banyak dibandingkan bata merah, makanya tak heran jika banyak orang yang mencari pelatihan pembuatan bata ringan.

Bukan hanya penjualannya yang menurun, tanah liat yang semakin mahal juga membuat pengusaha batu bata merah kebingungan dalam menjual batu bata, sehingga mereka beralih berani memproduksi batu bata ringan dengan belajar cara membuat batu bata ringan.

Cara Membuat Bata Ringan

Kelebihan bata ringan dibandingkan bata merah dan batako karena bobotnya yang enteng, memiliki bentuk presisi, permukaannya halus, tidak membutuhkan biaya pemasangan yang besar dan pemasangannya cepat dan mudah. Bagi Anda yang ingin coba buat bata ringan, simak ulasan berikut ini:

Alat yang diperlukan :

Sebelum belajar atau ikut pelatihan pembuatan bata ringan, Anda perlu mengetahui alat yang harus dipersiapkan, yaitu cangkul, sekop kecil, dan ember.

Bahan yang dibutuhkan :

Dalam membuat atau praktik pelatihan pembuatan bata ringan, tentu Anda harus menyiapkan bahan yang dibutuhkan yaitu,

  • Pasir yang digunakan sebagai bahan pengisi
  • Dapur yang digunakan sebagai bahan pengisi
  • Fly ash yang digunakan sebagai bahan pengisi
  • Semen yang digunakan sebagai bahan pengikat
  • Air yang digunakan sebagai bahan pengencer
  • Pasta aluminium yang digunakan sebagai bahan pengembang

Cara Membuat :

Adapun langkah-langkah pembuatan bata ringan yang bisa Anda lakukan yaitu:

Yang pertama, Anda bisa membuat adukan dasar bata ringan terlebih dahulu yang dibuat dari binder dan filler dengan perbandingan 1:2. Adapun yang dimaksud binder yaitu semen sedangkan filler yaitu campuran pasir, kapur dan fly ash sebagai bahan pengisi. Pastikan komposisi bahan dan adukan merata agar hasilnya optimal.

Setelah membuat adukan bata ringan, Anda bisa menuangkan air secukupnya untuk mengencerkan adukan. Pastikan air yang ditambahkan tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit, karena karena hal tersebut bisa merusak kualitas bata ringan. Biasanya jumlah air yang ditambahkan dalam adukan bata ringan yaitu 0,4 sampai 0,6 dari total semen yang Anda gunakan. Hal ini juga bisa Anda cari tahu dalam pelatihan pembuatan bata ringan.

Pastikan pengadukan benar-benar tercampur merata. Nantinya sifat adukan tersebut akan berubah jadi homogen dengan massa jenis yang yang sesuai perencanaan yaitu sekitar 1,8 – 2,2 kg per liter. Apabila massa adukan bata ringan belum sesuai, Anda dapat menambahkan air secukupnya.

Setelah adukan berjalan dengan baik dan selesai dibuat, Anda tinggal membentuknya dalam cetakan khusus bata ringan. Caranya Anda dapat menuangkan pasta adukan dalam cetakan lalu ratakan seluruh permukaan nya. Anda dapat mendiamkan cetakan ini selama 12 jam hingga benar-benar mengering dan tercetak sempurna.

Pada keesokan harinya, Anda dapat membuka cetakan bata ringan dengan hati-hati lalu pindahkan bata ringan ke tempat pengeringannya atau curing area yang terbuka namun pastikan tidak terkena sinar matahari langsung.
Pastikan Anda memberikan perawatan pada bata ringan selama proses pengeringan, mulai dari penyiraman hebel 10 hari berturut-turut agar hebel tidak mengalami kerusakan atau keretakan. Material bata ringan baru dapat digunakan setelah 20 hari sejak pertama pembuatan.

Pelatihan Pembuatan Bata Ringan

Banyak pengusaha batu bata yang menemukan beberapa hambatan atau rintangan dalam peralihannya ke batu bata ringan, misalnya sulitnya mendapatkan pelatihan pembuatan bata ringan. Pasalnya untuk belajar buat batu bata ringan diperlukan pendampingan, waktu yang cukup dan praktik berkala.

Mengetahui cara membuat bata ringan saja tidak cukup, tapi Anda juga perlu mendapatkan pelatihan pembuatan bata ringan. Citicon mendukung Anda atau pelaku usaha material bata ringan dengan memberikan pelatihan pembuatan bata ringan.

Citicon merupakan perusahaan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan material bangunan Anda. Sejak tahun 2008, Citicon sudah hadir dengan produksi material bangunan yang kuat dan berkualitas tinggi guna mencapai visi, misi dan komitmen dalam meningkatkan infrastruktur bangunan yang ramah lingkungan. Makanya tak heran jika banyak konsumen yang percaya dengan produksi citicon.

Itulah beberapa hal mengenai cara membuat bata ringan beserta pelatihan pembuatan bata ringan yang bisa anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Referensi:

https://arafuru.com/sipil/cara-membuat-bata-ringan-hebel-secara-manual.html
https://www.researchgate.net/publication/340106820_Pelatihan_Pembuatan_Bata_Ringan_Kepada_Home_Industri_Batu_Bata_Konvensional_Guna_Mendukung_Program_Pemerintah_1_Juta_Rumah_Bersubsidi
https://pelajaricaranya.blogspot.com/2017/08/cara-membuat-bata-ringan-hebel-sendiri.html

Leave a Reply