Perbedaan Antara Bata Ringan VS Batako yang harus kamu ketahui

Bata Ringan VS Batako, manakah yang akan Anda pilih? Sahabat Citicon, membangun rumah tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Mengatur biaya pengeluaran, membuat desain, atau bahkan memilih bahan bangunan menjadi sesuatu yang perlu dipikirkan dengan baik dan matang.

Seiring berkembangnya teknologi, bahan bangunan pun juga mengalami perkembangan. Selain batu bata, kini ada pilihan bata lain seperti batako dan bata ringan.

Beda Antara Bata Ringan VS Batako

Batako maupun bata ringan pada dasarnya sama-sama dapat digunakan untuk dijadikan bahan dinding yang baik. Namun, dalam penggunaannya tentu Anda perlu memperhatikan beberapa hal karena akan memberikan pengaruh pada biaya maupun ketahanan bangunan.

Anda perlu mengetahui lebih dulu apa perbedaan antara keduanya supaya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Yuk cek terlebih dahulu perbedaan bata ringan vs batako di bawah ini.

Bahan baku

Bahan baku merupakan aspek penting yang perlu Anda ketahui. Dari sini bisa menyimpulkan mana yang sesuai dengan keadaan lingkungan maupun tanah. Bata ringan dibuat dengan bahan dasar lebih banyak yakni kapur, gypsum, pasir kuarsa, aluminium dan juga semen. Sedikit berbeda dengan bata ringan, batako terbuat dari pasir kasar dan semen.

Cara Buat

Material bata ringan dibuat dengan mesin, jadi ukurannya lebih seragam dan rapi. Batako dibuat secara manual dan bisa mempengaruhi kerapian bentuknya. Kalau dilihat dari cara pembuatan antara bata ringan vs batako, maka bata ringan lebih bagus hasilnya karena memakai mesin.

Ukuran

Hal selanjutnya yang menjadi pembeda yang sangat signifikan adalah berat bata ringan vs batako dan ukurannya. Berat batako adalah 950 kg/m3 saat kering dan 1000 kg/m3 saat basah. Bata ringan berat keringnya 520 kg/m3 kering dan 650 kg/m3 basah. Batako lebih berat daripada bata ringan.

Ukuran menentukan berapa banyak material yang dibutuhkan. Ukuran bata ringan lebih besar dari pada batako. Bata ringan panjangnya 60 cm dan tingginya 20 cm. Batako tako memiliki panjang 36-40 cm, dan tinggi 18-20cm.

Ketahanan

Kalau membandingkan bata ringan vs batako maka perhatikan tingkat kekuatannya. Bata ringan sesuai namanya, memiliki bobot ringan. Selain itu, material ini tahan api, anti gempa, anti air dan juga kedap suara.

Bata ringan terbukti sama kuatnya dengan beton Lalu bagaimana dengan batako? Material ini juga kedap air. Bedanya batako memiliki rongga pada bagian tengah sehingga lebih rentan untuk retak, terutama retakan rambut.

Harga

Kisaran harga bata ringan dab batako adalah bata ringan lebih mahal dari pada batako. Bata ringan harganya sekitar 10.000 dan batako umumnya berharga antara 1.500 sampai 2.500 per biji. Harga bata ringan lebih mahal karena beberapa alasan.
Ukuran bata ringan yang jauh lebih besar, beratnya yang lebih ringan dan juga pembuatannya yang memakai mesin.

Untuk suatu lahan, Anda akan membutuhkan lebih banyak batako daripada bata ringan. Mungkin untuk jumlah totalnya harga bata ringan vs batako jadi tidak jauh berbeda.

Pengangkutan

Batako bobotnya lebih berat dibandingkan bata ringan. Sehingga pengangkutannya akan lebih lama dari pada bata ringan. Memindahkan bata ringan dari tempat penyimpanan untuk dipasang jadi lebih cepat karena ringan. Bandingkan dengan batako yang lebih berat, tentu proses pengangkutan jadi terpengaruh.

Pemasangan

Jika membandingkan batako dan bata ringan berdasarkan ukuran, pemasangan bata ringan lebih cepat. Karena bata ringan ukurannya lebih persisi dan seragam, akan lebih memudahkan pemasangan karena proses penyesuaian tidak sesulit batako. Jadi, secara umum pemasangan bata ringan lebih mudah bila tidak ada kendala.

Itulah beberapa hal yang jadi pembeda antara bata ringan vs batako. Keduanya memiliki plus-minus yang bisa dipertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan bangunan Anda. Jadi, akan lebih mudah memilih dan menyesuaikan dengan budget dan berbagai pertimbangan lainnya.

Anda bisa pesan bata ringan di www.citiconindonesia.com. Disana Anda bisa mendapatkan informasi baik info produk hingga kalkulator bata ringan. Anda juga akan memperoleh rekomendasi terbaik untuk menggunakan jenis bata seperti apa yang paling cocok dengan kebutuhan bangunan. Tunggu apa lagi? Kunjungi situs resminya sekarang juga.

Referensi:

https://www.citiconindonesia.com/bata-ringan/
http://architectaria.com/memilih-antara-bata-merah-batako-atau-bata-ringan-hebel-untuk-dinding-rumah-anda.html
https://www.griyasatria.co.id/memilih-material-dinding-bata-merah-batako-atau-hebel/
https://anekabangunan.com/batu-merah-vs-batako-vs-batu-bata-ringan-sebagai-bahan-bangunan/
https://bataringan.co.id/pilih-batu-bata-batako-atau-bata-ringan/

Leave a Reply