Yuk, Intip Cara Membuat Bata Ringan Sederhana

Bata ringan adalah salah satu alternatif batu bata merah ataupun bata semen untuk bangunan. Meski hebel atau batu bata ringan ini merupakan jenis bahan bangunan modern, akan tetapi cara membuat bata ringan sederhana tidak harus dengan cara modern, lho. Mari kita simak cara pembuatannya!

Bahan-Bahan dan Cara Membuat Bata Ringan Sederhana

Bata ringan secara bobot tidak seberat bata merah ataupun bata semen, akan tetapi kekuatannya terbukti berkali lipat dibandingkan bata biasa.

Sebab itulah penggunaan bata ringan pada bangunan masa kini kian meningkat. Apalagi dengan menggunakan bata ringan, kebutuhan semen bisa ditekan dan proses pembangunan lebih cepat.

Hal ini juga bisa menjadi lahan bisnis yang menjanjikan bagi Anda. Terlebih lagi cara membuat bata ringan sederhana cukup mudah. Anda bisa memulai produksi bata ringan skala kecil dengan proses dan bahan-bahan sebagai berikut.

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat bata ringan diantaranya, seperti:

Semen untuk pengikat
Kapur untuk isian
Pasir untuk bahan isian
Fly ash juga untuk isian
Air untuk mengencerkan adonan
Pasta alumunium yang berfungsi sebagai pengembang

Setelah menyiapkan bahan-bahannya, kemudian Anda bisa menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Alat yang Anda butuhkan diantaranya yaitu, cetakan bata ringan, ember, cangkul dan juga cetok.

Proses pembuatan

Cara membuat bata ringan sederhana bisa Anda mulai dengan membuat campuran semen (binder) dengan isian (filler) yang terdiri dari campuran fly ash, pasir dan kapur untuk bata ringan. Dimana jumlah perbandingan antar binder dan filler ialah 1:2. Namun apabila Anda hanya menggunakan isian tanpa pasir, maka jumlah isian yang diperbolehkan hanya 17% dari total adonan bata ringan.

Selanjutnya, tambahkan air sedikit demi sedikit untuk mengencerkan. Jangan gunakan air terlalu banyak, karena akan berpengaruh pada kekuatan bata ringan nantinya. Biasanya, jumlah air yang digunakan berkisar antara 0,4-0,6 dari total semen yang dipergunakan untuk adonan.

Pastikan Anda sudah mengaduk hingga semua bahan tercampur rata. Nantinya adonan akan bersifat homogen dan massa jenisnya juga akan sesuai dengan yang sudah direncanakan, yaitu antara 1,8-2,2kg/liter. Jika massa jenis belum sesuai perhitungan, maka Anda bisa menambahkan sedikit air sampai mencapai massa jenis yang diinginkan.

Setelah adonan siap, Anda sudah bisa mencetak di cetakan khusus bata ringan dengan menuangkan adonan ke cetakan dan ratakan bagian permukaannya. Diamkan cetakan selama kurang lebih 12 jam, setelah 12 jam keluarkan bata ringan mentah ke tempat pengeringan.

Tempat pengeringan harus terbuka tetapi tidak terkena sinar matahari langsung. Selama pengeringan, Anda harus menyiram bata ringan mentah selama 10 hari secara berturut-turut. Pada hari ke-15 Anda sudah bisa memindahkan bata ringan ke tempat penyimpanan. Proses ini dimaksudkan sebagai cara membuat batako ringan dan kuat. Bata ringan baru boleh digunakan setelah lebih dari 20 hari sejak pembuatan.

Kelebihan Bata Ringan

Ada banyak keunggulan atau kelebihan dari bata ringan yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan dalam menggunakannya. Berikut ini beberapa kelebihannya.

  • Ukuran seragam sehingga dinding dengan bahan bata ringan lebih rapi
  • Bentuknya lebih presisi, sehingga pemasangan bisa lebih tepat dan rapi
  • Bersifat kedap terhadap air
  • Meredam suara sehingga meminimalkan gema ataupun gaung
  • Lebih kuat dari bata biasa dan tahan terhadap gempa
  • Menghemat penggunaan perekat dan plesteran semen
  • Pembangunan dinding lebih cepat karena mudah kering
  • Bobot yang cukup ringan membuatnya lebih mudah diangkut dan mengurangi beban struktur

Dengan cara membuat bata ringan sederhana yang cukup mudah, Anda bisa mencoba membuka peluang bisnis baru dari sini. Terlebih berbagai kelebihannya akan mampu membuat banyak orang beralih dari bata biasa ke bata ringan pastinya.

Namun, jika untuk keperluan pembangunan sendiri, daripada harus ribet membuatnya. Apalagi waktu yang dibutuhkan juga cukup lama, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan bata ringan pabrikan. Salah satu bata ringan pabrikan yang sudah terbukti kualitasnya adalah bata ringan pabrikan Citicon.

Anda tinggal membeli dan bisa memulai pembangunan tanpa harus menyita waktu dengan proses pembuatan. Oleh karena dibuat di pabrik dengan tenaga profesional, maka sudah pasti juga lebih aman. Jadi, kalau butuh bata ringan langsung saja pilih bata ringan Citicon.

Sumber Artikel

http://triksulapamatiran.blogspot.com/2009/06/cara-menciptakan-bata-ringan-hebel.html?m=1
https://midicon.blogspot.com/2020/03/cara-membuat-hebel.html
https://arafuru.com/sipil/cara-membuat-bata-ringan-hebel-secara-manual.html
https://pelajaricaranya.blogspot.com/2017/08/cara-membuat-bata-ringan-hebel-sendiri.html

Leave a Reply