Pengertian Bekisting Dan Mengapa Itu Penting Dalam Konstruksi?

Pengertian bekisting harus dipahami sebelum melakukan kegiatan pembangunan. Perlu diketahui bahwa dalam industri konstruksi saat ini sudah menggunakan teknologi komputer yang canggih. Misalnya mulai dari aktifitas membuat rencana hingga desain struktur. Hal ini tentu akan membuat banyak perubahan karena bisa lebih cepat, efektif, dan juga aman. Bahkan dengan teknologi ini bisa meminimalisir biaya yang dikeluarkan jika dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional.

Selain itu, bahan konstruksi yang digunakan saat ini jauh lebih kuat dan tahan lama daripada yang digunakan beberapa waktu lalu. Hal ini akan lebih aman dan praktis bisa menjadi keuntungan tersendiri dalam membangun struktur bangunan.

Bekisting merupakan unsur yang sangat diperlukan dalam industri konstruksi dan dapat disebut sebagai bentuk sementara atau permanen di mana beton dituangkan, yang kemudian menjadi keras.

Bekisting telah digunakan di seluruh dunia selama ratusan dan ribuan tahun untuk membantu struktur bangunan dari semua ukuran dan bentuk.

Untuk memenuhi tujuan yang berbeda, berbagai jenis bekisting tersedia. Namun, masing-masing berfungsi sebagai cetakan di mana beton disalurkan, yang akibatnya mengeras menjadi bentuk yang telah dibuat.

Saat ini, berbagai jenis bekisting digunakan dalam konstruksi. Tergantung pada jenis struktur yang sedang dibangun dan anggaran proyek.

Apa itu Bekisting?

Di sini, kita akan melihat tiga jenis penting bekisting, serta, mengapa bekisting sangat penting dalam industri konstruksi saat ini.

Bentuk besi

Saat ini, bekisting besi telah tersebar luas, yang menggunakan modul yang telah dirakit sebelumnya, dengan rangka logam yang terbuat dari baja atau aluminium. Bekisting semacam ini dapat digunakan kembali ratusan dan ribuan kali dan tidak rumit, membuatnya benar-benar terjangkau dan menjadi pilihan populer bagi banyak perusahaan konstruksi.

Bentuk kayu

Bekisting kayu adalah jenis bekisting tradisional kuno yang digunakan karena ketersediaannya yang mudah dan biaya yang murah. Terbuat dari kayu atau kayu lapis, bekisting jenis ini tidak rumit untuk dibuat tetapi memiliki umur yang lebih pendek, dan prosedur pembuatan bekisting kayu bisa sangat panjang.

Karena fleksibilitasnya, sangat cocok untuk bagian konstruksi yang rumit. Selain itu, di mana biaya tenaga kerja rendah, bekisting kayu lebih disukai. Namun, itu jelas tidak cocok untuk struktur besar.

Bentuk beton

Bekisting beton dengan cepat menjadi salah satu jenis bekisting yang paling dikenal karena banyak manfaatnya termasuk jejak ekologi yang rendah dan biaya yang rendah. Dirakit di tempat secara normal, jenis bekisting ini tetap di tempatnya setelah beton mengeras dan menawarkan banyak manfaat.

Selain itu, bekisting beton dapat dibangun dengan cepat dan tahan terhadap api, tahan lama dan menawarkan peningkatan isolasi akustik dan termal.

Banyak negara memasukkan bekisting beton ke dalam kode bangunan mereka, yang berarti bekisting semacam ini akan menjadi umum untuk bangunan tempat tinggal dan komersial di masa depan.

Mengapa bekisting penting dalam konstruksi bangunan?

Bekisting sangat penting karena berbagai alasan tetapi satu alasan yang sangat bagus adalah bahwa bekisting tidak dapat diganti dengan teknologi lain. Dengan menggunakan bekisting, struktur beton dapat dibangun dengan cepat dan dengan cara yang paling terjangkau.

Selama fase konstruksi, bekisting memberikan akses yang sesuai dan platform kerja yang sangat meningkatkan keselamatan perancah pekerja.

Bekisting secara substansial menurunkan garis waktu dan biaya proyek dengan menurunkan waktu siklus konstruksi dari lantai ke lantai, yang berarti lebih banyak proyek dapat memenuhi tuntutan anggaran.

Bekisting memfasilitasi manajer konstruksi untuk menawarkan mobilisasi dan demobilisasi tepat waktu sumber daya bekisting, yang menghasilkan peningkatan efektivitas proyek dan penggunaan sumber daya.

Bekisting dikaitkan dengan finishing permukaan struktur beton. Semakin halus kualitas bekisting yang digunakan, semakin baik pula finishing permukaannya.

Bekisting memberikan keamanan struktural yang sangat baik dengan menawarkan solusi terhadap semua beban lapisan, menghasilkan struktur yang sangat aman dan praktis.

Tentunya, ada berbagai jenis bekisting yang tersedia untuk disesuaikan dengan jenis perancah yang berbeda. Namun, jenis bekisting yang paling cocok yang perlu digunakan pada setiap proyek tertentu akan bergantung pada banyak faktor.

Namun demikian, Anda bisa mendapatkan perancah aluminium atau baja berkualitas tinggi untuk proyek konstruksi Anda, yang merupakan alternatif yang tahan lama dan hemat biaya.

Latest Comments

  1. indra purnama March 24, 2022

Leave a Reply