Cara Membuat Denah Rumah Untuk Pemula yang Mudah Dipraktekkan

Pernah nggak sih terpikirkan di otak kalian ingin membuat rumah dengan desain dan tata ruang seperti keinginan diri sendiri? Tentunya pasti pernah dong karena kami juga sering memikirkannya. Namun, sudahkah Anda tahu gimana sih cara membuat desain dan tata ruang untuk rumah sendiri? Nah, Anda bisa membuatnya dengan menggunakan denah.

Namun, sudahkah Anda tahu bagaimana cara membuat denah rumah yang mudah sebagai pemula untuk dipraktekkan? Sekarang ini banyak sekali cara mudah untuk membuat denah. Contohnya cara membuat denah rumah online dengan website atau aplikasi tertentu dan masih banyak lagi.

9 Cara Membuat Denah Rumah yang Mudah Untuk Pemula

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas cara membuat denah rumah yang mudah terutama untuk pemula. Sehingga Anda bisa membuat rumah impian sendiri nantinya. Untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai pembuatan denah rumah ini, Anda bisa simak penjelasan berikut.

Ketahui Karakteristik Rumah yang Ideal

Sebelum mulai menggambar, Anda harus tahu nih karakteristik rumah ideal itu seperti apa. Misalnya saja nih.

a. Memiliki ruang yang serbaguna dan fleksibel yang bisa diubah pada waktu-waktu tertentu. Misalnya saja ruang keluarga yang bisa dibuat menjadi kamar tidur.

b. Memiliki tata ruang yang ideal seperti ruang makan yang tidak menghadap ke kamar mandi.

c. Hitung ukuran ruangan sesuai dengan jumlah anggota keluarga yang akan menempati ruangan tersebut. Atau sesuaikan dengan aktivitas dan furnitur yang akan ditaruh di ruangan tersebut.

d. Usahakan rumah memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga tidak sumpek dan lembab.

Membuat Daftar Aktivitas Keluarga

Setelah tahu karakteristik rumah ideal, cara membuat denah rumah yang kedua adalah dengan membuat daftar aktivitas keluarga. Misalnya saja Anda memiliki pekerjaan sebagai video editor atau musik komposer, Anda tentu membutuhkan space ruangan khusus yang mungkin tidak terlalu besar dan kedap suara.

Atau bagi Anda yang senang memasak bisa membuat dapur dengan ukuran lebih luas agar tidak bosan berjam-jam di dapur.

Menentukan Jumlah Ruangan

Setelah mengetahui daftar aktivitas keluarga, Anda bisa menentukan jumlah ruangan ini berdasarkan luas lahan yang akan dibangun. Atau bagi Anda yang sudah memiliki bangunan bisa menghitung dan menyesuaikan ruangan yang sudah ada.

Mengukur Lahan Tempat Tinggal

Bagi Anda yang sudah memiliki bangunan bisa mulai mengukur pintu, dinding, dan furnitur yang akan digunakan sehingga denah Anda semakin akurat. Bagi yang membangun di tanah kosong bisa menyesuaikan ukuran lahan dan melihat bangunan di sekitar sebagai referensi. Mengukur lahan ini juga bisa dilakukan apabila menggunakan cara membuat denah rumah dengan skala.

Membuat Denah Dasar

Nah, selanjutnya Anda bisa membuat denah dasar menggunakan garis-garis dasar sederhana saja. Di sini Anda tidak perlu memberikan detail perabotan, pintu, jendela, atau lainnya.

Menggambar Pintu dan Jendela Secara Spesifik

Setelah membuat denah dasar. Anda bisa mulai menambahkan letak pintu dan jendela secara spesifik. Mengapa harus digambarkan? Apabila Anda hendak membangun rumah, tentu harus tahu letak jendela dan pintu secara spesifik. Jangan sampai Anda membangun rumah yang kurang dengan sirkulasi udara.

Berilah Nama Untuk Setiap Ruangan

Setelah itu, Anda bisa memberikan nama bagi setiap ruangan yang akan digunakan. Sehingga di sini Anda akan tahu ruangan apa saja yang sesuai dengan kegunaannya dan furnitur apa saja yang cocok diletakkan di sana.

Gambarlah Furnitur Sesuai Dengan Tata Letaknya

Meski nantinya tidak menambahkan furnitur secara langsung, Anda bisa merancang letak furniturnya terlebih dulu agar mendapat gambaran tata letak rumah sesuai yang Anda inginkan nantinya.

Berilah Tanda Pembeda Tekstur

Tekstur ini digunakan untuk membedakan dinding bata, keramik, atau semen pada bangunan rumah Anda nantinya. Caranya gampang saja, misalnya Anda membuat arsiran pada bagian tertentu sebagai pembeda ini.
Nah, itu dia 9 cara membuat denah rumah untuk pemula yang mudah Anda praktekkan. Selain dengan cara di atas, Anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi untuk membuat denah rumah, seperti Home 3 Design, Ikea Home Planner, Sweet Home 3D, Floor Planner, dan lain-lain. Lalu, sudahkah Anda memiliki desain rumah impian yang akan digambar?

Sumber:
https://www.pinhome.id/blog/5-aplikasi-desain-rumah-yang-mudah-digunakan-oleh-pemula/
https://kreativv.com/cara-membuat-denah-rumah/view-all/
https://www.99.co/blog/indonesia/cara-membuat-denah-rumah/

Latest Comments

Leave a Reply