Tips menabung 1 juta per bulan yang mudah

Menabung adalah salah satu kebiasaan baik yang harus diterapkan sejak dini. Kebiasaan ini akan melatih rasa tanggung jawab dalam membelanjakan uang serta melatih disiplin dan konsistensi.

Tips menabung 1 juta per bulan banyak dicari dan diterapkan karena nominal ini tidak begitu besar namun juga tidak terlalu kecil. Jika dalam satu tahun saja Anda konsisten menabung setiap bulannya, maka nominal 12 juta bukanlah hal mustahil untuk diraih, lumayan bukan?

Berikut manfaat menabung yang akan Anda rasakan :

  1. Anda bisa meraih keinginan tanpa mengorbankan pos penting hingga berhutang.
  2. Anda terbebas dari hutang karena piawai dalam mengatur uang.
  3. Masa-masa kesulitan finansial bisa Anda lalui lebih ringan karena Anda memiliki tabungan.

Cara Agar Konsisten Menabung

Mayoritas orang menemui kesulitan saat harus mengumpulkan uang dalam rentang waktu yang lama. Padahal kunci sukses menabung bukan tergantung pada besarnya nominal yang disimpan, namun ada pada ketekunan seseorang menyisihkan uangnya berapa pun nominalnya.

Warren Buffett sebagai salah satu investor paling kaya di dunia telah membuktikan bahwa konsistensi merupakan satu faktor penting di balik kesuksesannya. Beliau yang bukan dari keluarga kaya telah rutin menabung walau dalam jumlah kecil dan kini membawanya sebagai salah satu pemegang saham terbesar salah satu merek minuman bersoda di dunia. Berikut tips agar bisa konsisten menabung :

Paksa Diri Anda dengan Langsung Menyisihkan Uang untuk Ditabung

Ketika sedang melakukan sesuatu di luar kebiasaan, tubuh Anda akan memberontak, termasuk saat membiasakan diri agar konsisten menabung.

Menunda-nunda hanya akan membuat diri Anda akan terus melakukan hal yang sama sehingga waktu akan habis dengan penuh penundaan. Agar terhindar dari rasa menyesal, paksa diri Anda, lambat laun hal ini akan menjadi kebiasaan dan setelah terbiasa tubuh justru terasa ringan saat melakukannya.

Beri Punishment Jika Anda Tidak Menabung Sesuai Aturan Awal yang Telah Dibuat

Sebaiknya saat membuat target dan tabel menabung harian, Anda juga mencantumkan beberapa aturan, termasuk membuat hukuman sebagai konsekuensi jika Anda tidak menabung.

Bentuk hukuman ini bisa Anda pilih menyesuaikan dengan diri Anda. Misal, Anda memiliki hobi menonton drama usai mengerjakan tugas rumah. Jika Anda belum atau tidak menabung maka Anda tidak boleh menonton drama.

Pilih hukuman yang sekiranya membuat Anda tidak ingin melanggar aturan yang telah Anda buat, yaitu menabung.

Simpan Uang di Tempat Khusus yang Tidak Bisa Diambil Sebelum Jangka Waktu Habis
Selain konsistensi saat menabung, godaan juga datang ketika uang yang sudah terkumpul terlihat banyak. Ada saja sesuatu yang muncul yang menuntut Anda mengambil uang tersebut. Misal, ada harga promo pada produk yang telah lama Anda incar. Nah, saat godaan datang, ingatkan diri Anda dengan komitmen awal saat menabung.

Jika kendali diri lemah, sebaiknya simpan uang Anda di tempat yang tidak mungkin dijangkau. Misal di rekening yang tidak bisa diambil sebelum periode yang ditentukan atau menitipkan uang kepada orang terpercaya.

Tips Menabung 1 Juta Per Bulan dengan Metode Harian

Menabung yang menghasilkan setidaknya 1 juta per bulan banyak dilakukan, berikut tips menabung 1 juta per bulan dengan metode harian yang bisa Anda praktekkan. Cara ini cocok bagi Anda yang memiliki pendapatan harian.

  1. Buat tujuan dan jangka waktu menabung yang spesifik, misal Anda akan membeli gadget seharga 5 juta dalam waktu 5 bulan lagi. Hal ini akan membuat Anda lebih fokus dengan tujuan.
  2. Siapkan tabel menabung 1 juta per bulan kemudian tulis nominal yang harus ditabung pada masing-masing tabel.
  3. Kemas dalam plastik nominal harian dari uang yang ditabung, masukkan ke dalam tempat khusus misalkan toples atau dititipkan langsung pada orang yang Anda percaya untuk menghindari godaan, seperti trik sebelumnya.
  4. Lakukan setiap hari hingga satu bulan lamanya tanpa melewatkan satu haripun.
  5. Silang atau tandai tabel menabung harian setiap selesai memasukkan uang sebagai pengingat berapa kali Anda sudah menabung. Tujuannya agar tidak ada hari yang terlewat.

Tips Menabung 1 Juta Per Bulan dengan Metode Bulanan

Bagi Anda pemilik gaji bulanan mungkin merasa bahwa metode sebelumnya sulit untuk diterapkan, berikut tips menabung 1 juta per bulan dalam metode bulanan.

  1. Buat budgeting kebutuhan Anda dalam sebulan.
  2. Gunakan persentase masing-masing pos misal dengan metode 50:30:20 atau dengan persentase lain yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Besarnya persentase setiap bulannya tersebut tidak saklek. Pastikan persentase menabung Anda sebesar 1 juta per bulan sehingga target awal otomatis tercapai.

Sebagian besar orang memang memiliki kesulitan saat harus mengumpulkan uang secara teratur. Tips menabung 1 juta per bulan dengan berbagai metode di atas bisa Anda terapkan untuk memudahkan.

Referensi :
https://youtu.be/fsBkS68tHj0
https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/business/finance/amp/rivandi-pranandita-putra/konsisten-menabung-c1c2

Leave a Reply