Cara Memotong Bata Ringan Citicon Dengan Mudah

Memotong bata ringan perlu dilakukan Ketika ruang pasang bata ringan lebih pendek dari Panjang bata ringan. Jadi sebelum melakukan pemasangan bata ringan, lebih baik mengetahui dulu cara memotong bata ringan. Ini karena pasti dalam proses pemasangan bata ringan terjadi kebutuhan bata ringannya harus dipotong untuk menyesuaikan dengan ruang pasang bata ringannya.

cara memotong bata ringan citicon

Untuk memotong bata ringan ini yang perlu disiapkan diantaranya adalah

a. Gergaji bata ringan

Gergaji bata ringan adalah gergaji khusus yang digunakan untuk memotong bata ringan. Dimana gergaji ini berbeda dengan gergaji biasa yang digunakan untuk memotong kayu.

b. Penggaris minimal atau meteran

Penggunaan penggaris atau meteran ini untuk mengukur bata ringan yang akan dipotong. Sehingga hasil potongannya bisa pas dan presisi.

c. Pensil tukang atau bolpoin

Pensil tukang bisa digunakan untuk memberikan tanda bata ringan yang akan dipotong. Selain itu juga untuk memberikan garis lurus pada bata ringan yang akan dipotong.

Selain pensil, alternatif lain yang bisa digunakan yaitu bolpoin. Bahkan biasanya tukang bangunan yang terbiasa menggunakan bata ringan, mereka bisa menggunakan paku dan juga ujung cetok untuk memberikan tanda dan membuat garis lurus pada bata ringan.

d. Palu karet

Perlu diketahui palu karet ini biasa digunakan tukang bangunan untuk berbagai hal. Termasuk juga dalam pemotongan bata ringan, palu karet bisa digunakan untuk memotong bata ringan.

Palu karet memiliki bentuk seperti palu pada umumnya, namun kepala palunya lebih lentur sehingga tidak menimbulkan kerusakan pada permukaan yang dipalu.

Langkah memotong bata ringan citicon

Pengukuran bagian yang akan dipotong

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memotong bata ringan yaitu mengukur bagian yang akan dipotong.

Untuk mengukur ini bisa menggunakan penggaris atau juga meteran. Pengukuran dilakukan dari ujung hingga panjang tertentu sesuai kebutuhan pemasangan bata ringan.

Sebelum mengukur bata ringan, lebih baik mengukur ruang pasang bata ringan yang akan digunakan pada dinding.

Berikan tanda bagian yang akan dipotong

Saat melakukan pengukuran bata ringan ini, berikan tanda pada posisi panjang bata ringan yang akan dipotong. Gunakan tanda menggunakan pensil atau bolpoin.

Berikan tanda pada empat ruas panjang bata ringan yang akan dipotong.

Berikan garis lurus dibagian yang akan dipotong

Setelah diberikan tanda berupa titik potong, maka hubungkan antar titik ini dengan garus lurus. Garis lurus ini nantinya akan memutar pada 4 sisi bata ringan yang akan dipotong.

Potong bata ringan

Setelah diberikan garis memutar pada bagian bata ringan yang akan dipotong. Maka langkah berikutnya yaitu potong bata ringan tersebut menggunakan gergaji bata ringan.

Anda tidak perlu memotong penuh bata ringan menggunakan gergaji. Cukup memotong sekitar 2 cm pada setiap sisi bata ringannya.

Patahkan dengan palu karet

Setelah 4 sisi bata ringan dipotong sedalam 2 cm, maka pukul atau patahkan menggunakan palu karet. Maka bata ringan akan terpotong secara sempurna dan rapi.

Demikian cara memotong bata ringan yang bisa kami sajikan untuk Anda. Pastikan Anda menggunakan bata ringan dengan kualitas terbaik di Indonesia. Gunakan bata ringan citicon sebagai bata ringan pertama dan terbaik di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi website www.citiconindonesia.com

Leave a Reply