Cara menggunakan mortar perekat bata ringan

Cara menggunakan mortar perekat bata ringan berikut harus Anda ketahui jika ingin menggunakan bata ringan untuk membangun dinding menggunakan bata ringan. Penggunaan mortar atau semen instan untuk perekat bata ringan ini masih tergolong baru dan belum banyak yang menguasai penggunaannya. Ini karena bata ringan juga termasuk masih baru dalam industri bangunan.

mortar perekat bata ringan

Jadi bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang penggunaan mortar perekat bata ringan ini, silakan melanjutkan membaca artikel ini hingga tuntas.

Alat dan bahan yang digunakan

  • Mortar perekat bata ringan
  • Air
  • Ember
  • Cetok
  • Trowel
  • Gelas ukur

Penggunaan mortar perekat bata ringan

Campurkan mortar dengan air

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menggunakan mortar perekat bata ringan yaitu dengan mencampurkan mortar dengan air. Perbandingannya yaitu sekitar 3:1 (3 untuk mortar dan 1 untuk air).

Untuk menerapkan komposisi ini Anda bisa menggunakan banyak alat misalnya ember jika jumlah mortarnya banyak. Atau juga bisa menggunakan gelas jika hanya sedikit mortar yang dicampurkan.

Aduk mortar

Setelah komposisi mortar perekat bata ringan dan air sudah dirasa cukup, maka langkah berikutnya aduk mortar dan air tersebut.

Untuk mengaduk mortar dan air ini Anda bisa menggunakan cetok biasa jika yang diaduk sedikit atau sekitar satu ember.

Namun jika yang diaduk besar, maka Anda bisa menggunakan cangkul atau sekrop. Tapi jika Anda memiliki alat bor, maka bisa diberikan ekstensi mixer khusus untuk mengaduk mortar dan air.

Pastikan mortar berbentuk seperti pasta

Dalam proses mengaduk ini pastikan bahwa mortar perekat bata ringan dan air menyatu sempurna hingga berbentuk seperti pasta.

Bentuk seperti pasta ini merupakan bentuk sempurna mortar yang dilaurtkan dalam air dan siap digunakan untuk merekatkan bata ringan.

Letakan adonan mortar pada trowel

Setelah adonan mortar sudah berbentuk pasta, artinya sudah siap digunakan untuk memasang bata ringan. Langkah berikutnya tinggal diletakan pada trowel sesuai kebutuhan.

Jika Anda tidak memiliki trowel, bisa menggunakan cetok juga untuk menerapkan mortar ke bata ringan yang akan dipasang.

Mortar siap digunakan untuk merekatkan bata ringan

Berikutnya Anda sudah bisa menggunakan mortar ini untuk merekatkan bata ringan.

Untuk mendapatkan produk mortar perekat bata ringan terbaik Anda bisa mengunjungi www.citiconindonesia.com karena citicon merupakan produsen bata ringan pertama dan terbaik di Indonesia.

Dimana tidak hanya memproduksi bata ringan, citicon juga menyediakan produk mortar perekat bata ringan yang diberikan nama CM-100.

Demikian informasi tentang penggunaan mortar perekat bata ringan yang bisa dibagikan dalam artikel ini.

Leave a Reply