Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi dengan Budget Terbatas

Tips menjaga kesehatan penting dilakukan bagi semua orang, apalagi saat masa pandemi. Perlu diketahui bahwa masa pandemi yang penuh ketidakpastian membuat prioritas masyarakat mengalami perubahan. Ditambah dengan berbagai kebijakan pembatasan yang dilakukan pemerintah, membuat aktivitas mencari rezeki sedikit berbeda.

menjaga kesehatan

Kesehatan tetap menjadi faktor utama yang diperhatikan. Namun bagaimana caranya memiliki gaya hidup sehat yang dikenal membutuhkan budget tinggi ketika keadaan sedang sulit seperti sekarang? Simak tips menjaga kesehatan di masa pandemi hemat budget di bawah ini!

Mindset Tentang Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat identik dengan bahan makanan mahal. Tak bisa dipungkiri, kebanyakan konten yang beredar di internet memang menyuguhkan makanan sehat dengan bahan-bahan premium.

Hal ini sebenarnya tidak sepenuhnya keliru, mengingat bahan makanan berkualitas rata-rata memang lebih mahal. Misalkan saja harga madu asli, telur ayam tanpa tambahan hormon, penyedap makanan dari ekstrak daging asli tanpa banyak perasa artifisial dan banyak lagi.

Di balik fakta tersebut, ada banyak cara untuk memiliki lifestyle sehat ramah di kantong.

Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi Tanpa Mengeluarkan Banyak Uang

Untuk dapat melawan virus dibutuhkan daya tahan tubuh yang kuat karena virus akan mati ketika imun kuat. Tak perlu risau dengan harga tinggi karena gaya hidup sehat sebenarnya tidak mahal, dengan cara :

Penuhi Durasi Tidur

Tidur yang cukup adalah salah satu pondasi memiliki imun kuat. Saat terlelap, organ tubuh akan melakukan pengisian energi. Ibarat mesin, tentu akan lebih awet jika dipakai sesuai kapasitasnya dan diistirahatkan setelah digunakan.

Tidur terdiri dari beberapa fase, dimulai dari tidur ayam dimana Anda akan lebih mudah terbangun ketika mendengar suara di sekitar. Fase tidur hampir pulas, fase tidur nyenyak hingga fase tidur bermimpi.

Dalam fase tidur nyenyak, tubuh akan melakukan perbaikan organ yang rusak serta melakukan pertumbuhan. Di tahap ini tubuh juga akan meningkatkan sistem imunnya.

Begitu pentingnya, pastikan kebutuhan tubuh akan durasi tidur yang cukup dapat terpenuhi. Anda bisa menyetel lagu yang rileks atau menggunakan minyak aromaterapi guna merelaksasi tubuh Anda saat bersiap tidur.

Aktif Bergerak

Tubuh yang aktif bergerak akan menjadi lebih sehat, siklus menstruasi lancar, tubuh juga tidak mudah lelah. Tak harus membayar mahal, Anda bisa mulai bergerak aktif dengan berjalan kaki saat hendak pergi ke suatu tempat yang tak terlalu jauh.

Anda bisa menggunakan smart watch untuk menghitung banyaknya gerakan yang telah Anda lakukan atau menggunakan bantuan aplikasi yang dapat diunduh di handphone.

Manfaatkan Cara Gratis

Tips menjaga kesehatan di masa pandemi berikutnya. Alam menyediakan berbagai cara untuk menjaga tubuh tetap sehat. Salah satunya melalui limpahan cahaya matahari pagi sebagai sumber vitamin D yang berperan penting dalam menjaga imun tetap kuat.

Seimbangkan Isi Piring dalam Setiap Kali Makan

Tubuh membutuhkan nutrisi yang kompleks dalam menjalankan fungsinya. Oleh sebab itu, penting sekali memastikan isi piring yang beragam dalam setiap porsi makan.

Dalam sekali makan, pastikan terdapat karbohidrat sebagai sumber tenaga, protein sebagai zat pembangun hingga serat, vitamin dan mineral yang akan mengoptimalkan kerja tubuh dan memperlancar saluran cerna hingga memperkuat imun.

Agar tetap sesuai budget, Anda bisa memanfaatkan sumber pangan lokal, seperti singkong atau ubi sebagai variasi karbo pengganti beras putih yang tinggi GI. Atau membeli buah lokal sesuai musim hingga menanam sumber pangan di rumah.

Tak kalah penting, Anda juga perlu menjaga jam makan tetap teratur. Hal ini berkaitan dengan body clock yaitu jam kerja tubuh, dimana saat Anda menepatinya maka hasilnya akan optimal.

Perhatikan Kecukupan Air Putih

Tips menjaga kesehatan di masa pandemi yang sangat murah berikutnya adalah menjaga kecukupan asupan air putih. Bagi orang dewasa jumlah yang harus diminum setiap harinya minimal 2 liter. Kebutuhannya sendiri dapat meningkat tergantung dari aktivitas serta asupan yang masuk, misal sedang minum obat.

Cara sederhana untuk memeriksa apakah tubuh kekurangan air atau tidak ialah dengan melihat warna air seni. Jika berwarna putih berarti cukup, namun jika berwarna kuning artinya tubuh kekurangan asupan cairan. Segera penuhi karena tubuh yang dehidrasi dapat meningkatkan peradangan.

Menjaga kesehatan merupakan salah satu bentuk investasi. Saat tubuh dalam kondisi optimal, maka aktivitas pun lancar, tubuh kuat dalam menghadapi serangan virus dan kuman serta dapat menghemat pengeluaran untuk berobat. Itulah tips menjaga kesehatan di masa pandemi hemat budget yang bisa Anda coba.

www.popmama.com/amp/life/health/sittah-husnul-khotimah/mengenal-body-clock-jam-kerja-tubuh-untuk-menjaga-kesehatan
hellosehat.com/pola-tidur/tahapan-tidur/
https://www.instagram.com/p/CRaBqbZLeql/?utm_medium=copy_link

Leave a Reply