Cara Membuat Atap Rumah yang Murah dan Awet Anti Bocor

Atap rumah adalah bagian yang paling penting diperhatikan saat membangun sebuah rumah. Dalam cara membuat atap rumah yang murah dan awet, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan mulai dari segi bahan, kualitas produk, pemasangan, hingga biayanya.

cara membuat atap rumah

Rumah adalah tempat yang paling penting dalam hidup manusia. Di dalam rumah kita bisa melakukan banyak hal, seperti belajar, istirahat dan berbagai macam aktivitas lainnya. Nah karena fungsi rumah ini sangat penting, kita harus memperhatikan berbagai aspek sebelum membangun rumah.

Tidak hanya lokasi dan struktur bangunan saja, tapi atap pun adalah hal yang tidak boleh luput dari perhatian. Setiap orang tentu menginginkan atap rumah yang awet dan tahan lama. Ketidaktelitian dalam pemasangan atap dapat menimbulkan berbagai risiko, seperti atap bocor, genteng hancur dan lain sebagainya.

Tentu hal itu akan membuat Sobat Citinews mengeluarkan biaya perbaikan lagi. Agar atap Sobat Citinews dapat bertahan lama, coba lakukan cara membuat atap rumah yang murah dan awet berikut ini.

Cara Membuat Atap Rumah yang Mudah dan Awet

Karena posisinya berada di luar ruangan dan berfungsi sebagai pelindung, maka Sobat Citinews harus bijak memilih atap rumah yang tepat. Bagi sahabat cition yang hendak memasang atap rumah, lakukan cara membuat atap rumah yang murah dan awet berikut ini.

Bahan Atap Rumah

Tips memilih atap rumah yang harus diperhatikan adalah atap tersebut terbuat dari bahan apa. Karena desain rumah itu berbeda-beda, maka ada banyak macam-macam bentuk atap rumah serta bahannya yang bervariasi. Seperti yang kita lihat sebagian besar masyarakat menggunakan atap dari tanah liat.

Tapi semua macam macam atap rumah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti atap dari tanah liat ini, agar lebih awet kita harus melapisinya dengan cat terlebih dahulu.

Sedangkan untuk ketahanannya, cobalah menggunakan atap beton. Atap jenis ini biasa digunakan untuk rumah minimalis. Jadi bahannya terbuat dari beton tapi dicetak hampir menyerupai genteng tanah liat.

Karena terbuat dari beton maka atap ini tahan terhadap kondisi cuaca, serangga dan kebakaran. Hanya saja atap ini lebih berat sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pemasangannya.

Kerangka Atap

Kerangka adalah bagian terpenting dalam pemasangan atap karena berfungsi untuk menopang atap rumah. Percuma saja memiliki atap dengan kualitas super tapi kerangkanya tidak kokoh.

Untuk itu Sobat Citinews harus memilih kerangka yang bisa bertahan terhadap sinar matahari dan hujan. Sekarang ini banyak orang yang lebih memilih kerangka yang terbuat dari baja karena dikenal sudah modern, kokoh, dan bebas dari serangan rayap.

Pertimbangkan Faktor Cuaca

Ketika memasuki musim penghujan, atap rumah adalah bagian rumah yang paling rentan terkena dampaknya. Ketika hujan deras atap akan lebih berisiko mengalami kebocoran. Selain itu angin kencang dapat merusak struktur atap rumah.

Misalnya saja atap dari tanah liat yang mudah tertiup angin kencang. Oleh karena itu Sobat Citinews harus mempertimbangkan hal ini juga. Jika merasa lokasi rumah Sobat Citinews paling rentan mengalami musim hujan, sebaiknya pilih material yang dapat bertahan di tengah kondisi seperti ini.

Apabila Sobat Citinews ingin mencari atap rumah yang bikin adem, atap keramik adalah jenis atap yang paling tepat dipilih. Atap jenis ini sangat dikenal mampu menghalau panas sehingga memberikan rasa adem di dalam ruangan.

Instalasi Atap

Nah proses pemasangan atap adalah hal yang harus Sobat Citinews perhatikan, karena percuma atapnya bagus tapi cara instalasinya tidak tepat. Memang benar cara membuat atap rumah yang murah dan awet tidaklah mudah, karena memerlukan ketelitian dan juga waktu yang lama untuk memasangnya.

Untuk itu sebaiknya Sobat Citinews menyerahkan kepada tenaga ahli yang sudah berpengalaman. Menggunakan jasa tenaga ahlinya akan menghemat waktu Sobat Citinews. Di samping itu banyak juga tenaga ahli profesional yang mengetahui bagaimana cara meminimalisir pengeluaran biaya untuk memasang atap rumah.

Anggaran

Hal terakhir adalah seberapa banyak anggaran yang dimiliki. Sebaiknya kondisikan juga dengan pengeluaran lain contohnya dekorasi interior, eksterior, dan lain sebagainya. Sangat penting juga memperhatikan dari kualitasnya, jangan sampai Sobat Citinews mengeluarkan biaya yang banyak tapi kualitasnya biasa saja.

Itulah beberapa cara membuat atap rumah yang murah dan awet yang bisa kami bagikan. Semoga dengan tips-tips tersebut dapat membantu Sobat Citinews memiliki atap rumah yang sesuai dengan keinginan.

Sumber :

https://www.alderon.co.id/artikel/tips-memilih-bahan-atap-rumah-awet-dan-tahan-lama/
https://www.merdeka.com/jabar/jenis-atap-rumah-lengkap-dengan-harganya-pastikan-teliti-saat-memilih-kln.html?page=4
https://graciamakmursejahtera.com/blog/jenis-atap-rumah-7-tips-jitu-memilih-atap-rumah/

Leave a Reply