5 Cara Renovasi Rumah Lama dengan Budget Terbatas

Desain rumah yang sudah sangat lama perlu untuk diperbaharui agar mampu memberikan suasana baru bagi seluruh anggota keluarga. Jika Anda berencana untuk merenovasi rumah lama, sebaiknya memperhitungkan banyak hal termasuk budget dan apa saja yang akan direnovasi. Ada beberapa cara renovasi rumah lama yang bisa Anda ikuti agar nantinya renovasi bisa berjalan sesuai dengan keinginan.

Cara Renovasi Rumah Lama agar Terlihat Modern

Melakukan renovasi terkadang membuat pemilik rumah merasa bingung. Jika tidak melakukan perencanaan yang serius, Anda bisa saja menghabiskan banyak uang dari budget yang ditargetkan. Ikuti cara renovasi rumah lama berikut ini dan dapatkan kesan rumah modern tanpa mengeluarkan biaya yang besar:

Ganti Cat Rumah

Cara renovasi rumah lama pertama yang bisa dilakukan adalah mengganti cat rumah Anda dengan warna baru yang lebih modern. Banyak rumah-rumah modern saat ini yang lebih mengedepankan warna monokrom seperti hitam, putih, abu-abu atau coklat. Perpaduan warna tersebut memberi kesan minimalis namun terlihat elegan.

Pemilihan cat sangatlah penting karena mempengaruhi kesan rumah yang akan direnovasi. Pilihlah warna-warna yang memang mampu membuat ruangan terasa lebih bersih dan lega. Anda bisa mencari referensi kombinasi warna cat elegan dari warna monokrom tersebut.

Mengecat Ulang Furniture

Cara renovasi rumah lama berikutnya yaitu mengecat ulang furniture seperti meja, kursi, almari dan yang lainnya. Furniture yang tadinya sudah terlihat usang akan kembali terlihat baru apabila Anda mengecat ulang. Pemilihan warna cat juga sebaiknya disesuaikan dengan warna cat dinding. Dengan begitu ruangan di rumah Anda terlihat serasi dan elegan.

Selain mengecat furniture, kusen pintu dan jendela juga perlu untuk di cat ulang supaya terlihat bagus. Cat memang menjadi salah satu aspek penting dalam renovasi rumah.

Mengganti Desain Pintu

Pintu rumah memiliki fungsi yang sangat penting. Selain sebagai akses keluar masuk, desain pintu juga mampu memberikan identitas bagi pemilik rumah. Jika ingin merenovasi rumah lama agar terlihat lebih fresh sebaiknya mengganti desain pintu dengan yang lebih modern.

Saat ini banyak model pintu minimalis namun terlihat mewah. Pintu yang sudah terlihat lapuk sebaiknya diganti dan jangan lupa juga untuk memperhatikan desain gagang pintu. Rumah Anda akan terlihat baru meskipun tidak terlalu banyak melakukan pembongkaran pada berbagai bagian rumah.

Ganti Model Lampu Rumah

Model lampu rumah juga sangat perlu untuk diperhatikan apabila ingin memberikan kesan ruangan yang lebih cantik. Saat ini ada begitu banyak pilihan model lampu gantung atau lampu hias yang bisa Anda pilih. Anda tentu saja tidak harus memilih lampu hias dengan harga yang mahal. Model lampu minimalis bisa menjadi pilihan yang menarik.

Anda hanya perlu memilih yang sesuai dengan tema ruangan. Jika merasa bingung, carilah referensi dari gambar-gambar yang ada. Pencahayaan di dalam rumah sangatlah penting untuk diperhatikan. Selain membuat ruangan terasa lebih terang, pencahayaan rumah juga membuat suasana lebih hangat.

Selain lampu gantung, Anda juga bisa menambahkan beberapa jenis lampu lain seperti lampu LED, dan lampu sorot di beberapa sudut rumah, serta jenis lampu lain sesuai dengan kebutuhan.

Menghidupkan Ruangan dengan Tanaman

Apabila rumah sudah bersih, Anda bisa mendekorasi rumah dengan berbagai macam tanaman hias. Adanya tanaman hias akan membuat ruangan lebih hidup. Selain itu, tanaman hijau juga dapat membuat udara di dalam ruangan terasa lebih sejuk.

Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa Anda letakkan di dalam ruangan. Beberapa jenis tanaman tersebut diantaranya seperti lidah mertua, bambu rejeki, monstera, tanaman sirih dan yang lainnya. Pastikan juga Anda menggunakan pot yang sesuai dengan warna ruangan serta mampu memberikan kesan estetik.

Melakukan renovasi rumah lama tidak harus banyak melakukan pembongkaran pada ruangan di rumah Anda. Hal yang terpenting adalah mengganti warna cat dinding dan memperbaiki furniture yang sudah terlihat usang. Selain itu, Anda perlu untuk memberikan dekorasi rumah agar terlihat lebih menarik.

Sekarang Anda yang ingin melakukan renovasi rumah, namun memiliki budget terbatas tidak perlu merasa bingung lagi. Anda bisa mengikuti cara renovasi rumah lama yang telah disebutkan di atas. Seluruh anggota keluarga akan mendapatkan suasana baru yang menyenangkan tanpa mengeluarkan budget besar.

Latest Comments

Leave a Reply