Cara Renovasi Dapur Berukuran Kecil Terlihat Lebih Luas

Kenyamanan saat berada di dapur tentu jadi impian bagi ibu rumah tangga, tapi bagaimana jika ukuran dapur kecil? Tenang saja karena ada cara renovasi dapur berukuran kecil agar terasa luas nantinya. Sehingga kegiatan memasang tetap terasa nyaman.

cara renovasi dapur

Sahabat Citicon bisa menciptakan dapur kecil sederhana dengan penataan barang di dalam lemari dan sedikit renovasi di beberapa sudut ruangan. Tak ada salahnya juga untuk mencari inspirasi dapur kecil dari beberapa sumber. Jika masing bingung, beberapa cara renovasi berikut ini bisa diikuti.

Cara Renovasi Dapur Berukuran Kecil Tampak Luas

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menentukan soal desain terlebih dahulu. Desain dapur kecil minimalis adalah yang paling sering dipilih karena tak banyak dekorasi , bahkan material yang dibutuhkan sangat mudah didapatkan. Otomatis biaya untuk renovasi tidak akan membengkak.

Apabila budget renovasi terbatas tapi dapur membutuhkan perubahan dalam waktu dekat, maka cara renovasi dapur berukuran kecil bisa dilakukan.

Membuat tempat cuci piring di sudut

Tempat cuci piring di dapur adalah bagian yang seringkali memakan banyak tempat. Beberapa desain dapur kecil simple minimalis modern kini mengubah tempat cuci piring berada di bagian sudut ruangan.

Kebanyakan sudut ruangan kurang cocok digunakan untuk tempat penyimpanan. Karena ukuran ruang yang kurang luas. Oleh karena itu mengisi bagian sudut yang biasanya dikosongkan adalah trik yang sangat membantu.

Tambahkan juga rak gantung untuk meletakkan peralatan makan di sudut. Sehingga tidak membutuhkan lemari atau kabinet tambahan yang mengambil banyak ruangan.

Memanfaatkan dinding dapur

Ruangan yang sempit bukan berarti tidak ada area yang luas di dalam ruangan tersebut. Dinding di dapur adalah area luas yang sering tidak disadari bisa menyiasati ruangan jadi tampak luas.

Manfaatkanlah area pada dinding untuk menempatkan lemari dinding yang ukurannya besar bahkan bisa sampai langit-langit ruangan. Sehingga tidak ada celah kecil yang ada antara lemari dan plafon karena bisa membuat ruangan tampak semput.

Memanfaatkan dinding adalah cara renovasi dapur berukuran kecil yang paling menghemat biaya. Namun sahabat Citicon yang menggunakan dapur nantinya tidak akan merasa sempit dengan perabotan yang ada di atas lantai.

Melengkapi dapur dengan furniture multifungsi

Selain memanfaatkan dinding, Sahabat Citicon juga perlu cermat dalam memilih perabotan dapur. Hobi memasak membuat semakin banyak peralatan masak yang dimiliki, sehingga menuntut ruang penyimpanan yang besar pula. Namun bukan berarti perabotan yang dibeli juga harus berukuran besar hingga memenuhi dapur.

Pilihlah perabotan dapur yang multifungsi, apalagi saat ini banyak sekali mebel modern yang ukurannya kecil. Misalnya saja sebuah lemari panjang yang dilengkapi dengan tempat oven serta tempat cuci piring sudut.

Bisa juga membeli furnitur yang lengkap beserta meja makan yang bisa dilipat. Biasanya perabotan ini bisa dibeli secara custom.

Merubah letak furnitur dan mengecat ulang

Cara renovasi dapur berukuran kecil tidak selalu harus mengganti lantai, meninggikan atap hingga membeli perabotan yang baru semua. Sahabat Citicon bisa merenovasi hanya dengan mengatur ulang tata letak furnitur dan mengecatnya ulang.

Mengecat dengan warna putih adalah langkah tepat agar dapur bisa tampak lebih luas. Kemudian pada meja dapur hingga dinding dapur tidak selalu harus menggunakan keramik. Butuh waktu lama dan biaya yang tidak sedikit untuk pemasangan keramik baru.

Sebagai solusinya cobalah menempelkan karpet vinyl yang jadi alternatif pelapis area dapur lebih murah. Saat ini ada banyak sekali pilihan motif dan warnanya.

Tak perlu dekorasi yang berlebihan

Satu aspek penting lagi yang perlu diperhatikan adalah tidak perlu menambahkan terlalu banyak dekorasi terutama untuk bagian dinding. Misalnya seperti tulisan atau gambar yang hanya membuat ruangan tampak sempit.

Justru tanpa adanya dekorasi tersebut akan membuat dapur terkesan lapang. Ditambah lagi dengan faktor pencahayaan yang terang sudah pasti ruangan tidak terlihat sempit lagi. Ruangan yang cerah bebas dekorasi berlebihan juga membuat kegiatan memasak jadi lebih leluasa.

Memiliki hunian sempit dengan dapur yang tidak terlalu luas bukan berarti sahabat Citicon tak bisa merenovasinya agar terasa luas. Beberapa cara renovasi dapur berukuran kecil di atas bisa jadi solusinya.

Sumber:

https://www.arsitag.com/article/cara-memaksimalkan-dapur-kecil-anda
https://www.hipwee.com/tips/renovasi-dapur/
https://www.cermati.com/artikel/8-tips-sulap-dapur-rumah-yang-sempit-jadi-terlihat-luas
https://www.99.co/id/panduan/cara-menata-dapur-sempit

Latest Comments

  1. evicovifana January 6, 2022
  2. egiteyaxaye January 6, 2022
  3. unaxibigame January 7, 2022
  4. aniepeb January 7, 2022
  5. esirivirva January 7, 2022
  6. etabucakaqiti January 7, 2022
  7. igowodla January 7, 2022
  8. eougiqidohiri January 7, 2022
  9. oheruxahawiz January 7, 2022
  10. eohocab January 7, 2022
  11. emavapocihu January 7, 2022
  12. iririwbok January 7, 2022
  13. oyicirivesup January 8, 2022
  14. aowowafek January 8, 2022
  15. iucbulazisezi January 8, 2022
  16. oqepice January 8, 2022
  17. opozuipeu January 8, 2022
  18. olupfirhim January 8, 2022
  19. uwajamik January 8, 2022
  20. izeodaffiufet January 8, 2022
  21. oqosifahe January 8, 2022
  22. yawasii January 8, 2022
  23. acehixeana January 8, 2022
  24. itefawuyoq January 8, 2022
  25. etvusuyupema January 8, 2022
  26. ihugonow January 8, 2022
  27. osifezayipojo January 8, 2022
  28. ummilijurp January 10, 2022
  29. zilutaplena January 10, 2022
  30. onucaroreluc January 11, 2022

Leave a Reply