6 Cara Renovasi Rumah Lama Hemat Biaya yang Bisa Dilakukan

Setelah bertahun-tahun ditinggali, mungkin rumah sudah tampak kusam dan sumpek yang menandakan bahwa rumah butuh direnovasi. Jika Sobat Citinews hanya memiliki budget yang pas-pasan, coba lakukan cara renovasi rumah lama hemat biaya. Cara tersebut membantu Sobat Citinews menyiasati kekurangan biaya renovasi rumah.

Umumnya memperbaiki rumah lama membutuhkan biaya yang besar, karena sudah banyak bagian yang lapuk, kondisinya buruk dan kurang perawatan. Oleh sebab itu, Sobat Citinews perlu mengetahui cara renovasi rumah lama hemat biaya agar apa yang sudah dianggarkan dapat tercapai dengan maksimal.

Cara Renovasi Rumah Lama Hemat Biaya

Sebelum merenovasi rumah lama ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, mulai dari waktu, tenaga hingga biaya yang diperlukan. Dengan perencanaan yang tepat, maka renovasi rumah bisa berjalan lancar. Jika Sobat Citinews tidak memiliki budget yang banyak, cobalah lakukan cara renovasi rumah lama hemat biaya, berikut di antaranya.

Memakai Furniture Lama

Merenovasi rumah dengan biaya murah yang pertama yaitu dengan memanfaatkan furniture yang sudah lama dipakai. Oleh sebab itu, Sobat Citinews harus melindungi dan merawat furniture agar tetap bersih dan layak digunakan.

Jika Sobat Citinews menyukai mebel berbahan kayu maka untuk melindunginya yaitu dengan memperhatikan suhu, kelembaban dan cahaya matahari. Pastikan suhu dan kelembaban tidak terlalu tinggi atau rendah dan cahaya matahari tidak terlalu menyorot, karena hal tersebut membuat furniture berbahan kayu cepat keropos.

Menentukan Konsep Bangunan yang Sesuai

Sebelum merenovasi rumah, tentukan dulu konsep bangunan yang diinginkan dan bagian mana saja yang Akan diperbaiki. Jika ingin melakukan cara renovasi rumah lama hemat biaya, hindari konsep bangunan yang rumit dan banyak.

Penentuan konsep bangunan juga bertujuan untuk menghindari kesalahan dalam membangun rumah, sehingga Sobat Citinews tidak mengeluarkan biaya banyak untuk membongkarnya. Konsep yang matang juga membantu tukang bangunan mengerjakan lebih cepat, sehingga biaya renovasi rumah lebih hemat.

Pilih Pembayaran Tukang

Tips renovasi rumah hemat biaya selanjutnya yaitu dengan memilih pembayaran tukang bangunan yang tepat. Umumnya metode pembayaran tukang dibagi menjadi dua, yaitu bayar secara harian dan borongan. Jika Sobat Citinews sudah memiliki konsep renovasi sederhana dengan matang, sebaiknya menggunakan metode pembayaran. Namun jika belum memiliki konsep yang jelas, gunakan metode pembayaran harian.

Kedua metode pembayaran tersebut memiliki kelebihannya tersendiri. Kelebihan bayar secara borongan yaitu Sobat Citinews tidak perlu memikirkan apapun lagi, karena semuanya telah diurus oleh tukang bangunan cocok untuk melakukan cara renovasi rumah lama hemat biaya. Sedangkan kelebihan bayar harian yaitu Sobat Citinews bisa mengetahui progresnya dan mengubah konsep di tengah proses pembangunan.

Pilih Waktu yang Tepat

Cara renovasi rumah lama hemat biaya selanjutnya yaitu dengan memilih waktu pembangunan yang tepat. Sebaiknya pembangunan rumah tidak dilakukan ketika musim hujan, karena musim tersebut membuat pengerjaan tukang terhambat dan kesulitan. Selain itu, bagian luar yang sedang direnovasi juga bisa cepat rusak dan sulit kering.

Pilih Toko Material yang Tepat

Setiap toko material biasanya memiliki harga yang berbeda, oleh sebab itu, pilihlah toko material yang tepat yang menawarkan harga terjangkau dengan kualitas terjaga. Pasalnya banyak toko bangunan yang memberinya penawaran menarik untuk pelanggan yang melakukan renovasi rumah sederhana. Dimana pembeli dapat mengalokasikan dana renovasi secara bertahap dan penjual dapat menjual stok bahan bangunannya.

Menghitung Biaya Pengeluaran

Agar tidak terkecoh, sebaiknya Sobat Citinews membuat perhitungan biaya pengeluaran. Hal ini untuk mengetahui apakah biaya yang dipersiapkan cukup atau justru kekurangan. Jika biaya yang telah dikeluarkan sudah banyak dan simpanan uang menipis, Sobat Citinews bisa mengira-ngira sampai mana konsep pembangunan dihentikan dengan tepat dan kembali dilakukan secara bertahap.

Itulah 6 cara renovasi rumah lama hemat biaya yang bisa Sobat Citinews lakukan. Dengan melakukan cara-cara tersebut, Sobat Citinews tidak perlu takut kekurangan biaya. Jika memang biaya yang dimiliki tidak cukup, Sobat Citinews bisa menyiasatinya dengan memilih bahan bangunan murah namun tetap berkualitas.

Leave a Reply