Alat Pasang Bata Ringan yang Wajib Ada!

Alat pasang bata ringan diperlukan untuk mendapatkan hasil dinding yang kokoh dan tahan lama. Pemasangan bata ringan butuh beberapa peralatan bukan hanya sekedar menata bata dan memplesternya dengan adukan semen. Kelengkapan perangkat akan menentukan kecepatan dan kesempurnaan hasil pemasangan.

Beberapa Alat Pasang Bata Ringan Untuk Membangun Dinding

Bata ringan memiliki sifat yang tahan api, kedap air dan suara. Semua keunggulan bata ringan tersebut hanya dapat dirasakan kalau dipasang dengan erat dan pas, sehingga tidak ada rongga yang terbentuk dan tidak ada retakan. Sebelum melakukan pemasangan, Anda perlu menyiapkan beberapa alat untuk pasang bata ringan agar hasil akhir konstruksi sesuai dengan keinginan.

Benang

Pondasi dan sloof bangunan dipakaikan benang untuk membuat batasan untuk penyusunan bata ringan pada dinding yang sedang dikerjakan. Dengan demikian alat pasang bata ringan ini diperlukan dalam jumlah tertentu sesuai dengan luasnya bangunan.

Fungsi benda kecil ini adalah membantu perlekatan semen dan bata ringan sehingga ketinggiannya lebih presisi dan rapi. Penempatan benang yang salah dapat berakibat fatal pada hasil akhirnya. Jadi, pastikan selalu melakukan langkah awal ini dengan cermat dan hati-hati.

Waterpass

Penggunaan benang untuk menandakan ukuran dan tinggi semen atau bata ringan dilakukan dengan bantuan alat pengukur konstruksi atau disebut dengan waterpass. Bentuknya seperti penggaris dengan bagian tengah ada lubang yang ditempatkan kaca untuk menentukan kedataran baik secara vertikal maupun horizontal.

Alat yang satu berfungsi sebagai alat ukur yang berguna untuk membantu menentukan kedataran dan ketegakan bahan konstruksi. Hal tersebut dapat dilihat dari bagian tengah tersebut yang posisinya benar-benar pas ditengah. Baru pemasangan bisa dianggap sudah datar dan merata.

Palu Karet

Alat pasang bata ringan yang perlu dimiliki adalah palu karet. Benda ini digunakan setelah semen diletakkan dan bata ringan ditaruh di atasnya. Agar posisi bata sesuai dengan tarikan benang maka palu karet digunakan untuk posisi bata ringan pas dan rata dengan susunan bata lainnya.

Jenis palu yang dipakai untuk memasang bata ringan adalah palu layaknya palu yang umum Anda jumpai. Bedanya adalah bagian kepalanya menggunakan balutan karet. Palu karet tersebut dipakai gunakan untuk memadatkan mortar yang ada pada bata ringan tersebut. Cara pemakaiannya adalah Anda hanya perlu memukul bagian mortar dengan perlahan. Pastikan melakukan sampai merata.

Trowel

Alat memasang bata ringan yang satu ini adalah alat penting lainnya yang sangat krusial dalam pemasangan konstruksi dengan memakai bata ringan. Trowel sendiri nantinya berfungsi untuk digunakan guna menghasilkan pasangan mortar yang ada pada bata ringan agar tampak lebih rata, rapi, dan juga lebih presisi. Trowel sendiri memiliki berbagai ukuran yang berbeda.

Anda bisa menyelesaikannya dengan tebal bata ringan yang hendak digunakan. Contohnya, untuk bata ringan dengan ukuran 15 cm, lebih baik menggunakan trowel ukuran 15 cm. Bata ringan dengan ukuran 12,5 cm menggunakan trowel dengan ukuran 12,5 cm pula.

Sedangkan, untuk ukuran bata ringan dengan ketebalan 10 cm menggunakan trowel berukuran 10 cm, serta bata ringan dengan tebal 7,5 cm pun menggunakan trowel berukuran 7.5 cm juga. Jadi gunakanlah trowel dengan ukuran yang sesuai dengan ketebalan bata ringan tersebut.

Gergaji

Pemasangan bata ringan tidak selalu sesuai dengan ukuran bata yang ada. Seringkali Anda harus menyesuaikan ukuran bata ringan dengan pemasangan memakai gergaji. Alat pasang bata ringan ini diperlukan untuk melakukan pemotongan yang kokoh dan tidak membuat bata jadi pecah dan tidak bisa digunakan.

Sangat penting untuk mempersiapkan gergaji bahkan sebelum Anda melakukan pemasangan. Dengan demikian pemasangan sudah terukur baik dari jumlah bata yang akan digunakan dan memutuskan apa perlu ada yang dipotong atau tidak.

Gergaji untuk bata ringan sering juga disebut gergaji hebel. Bentuknya menyerupai gergaji untuk kayu hanya saja geriginya besar dan kasar layaknya pada alat yang digunakan untuk memecah es batu.

Besi Siku

Sama seperti gergaji yang lebih banyak digunakan sebelum proses pemasangan, besi siku pun demikian. Alat yang satu ini berguna untuk membuat garis pada bata ringan yang hendak dipotong dengan menggunakan gergaji. Bentuknya seperti huruf L tapi sisinya sama panjang. Pemakaian besi siku akan membuat ukuran lebih tepat dan pola sesuai dengan bobot yang akan di sanggahnya.

Itulah beberapa alat pasang bata ringan yang perlu Anda miliki. Miliki beberapa alat yang memang wajib dimiliki agar konstruksi dapat dibangun dengan baik. Jika Anda hendak membeli bata ringan terbaik, Anda bisa mengunjungi situs resmi Citicon yang menjual bata ringan dengan kualitas terbaik dan terpercaya.

Leave a Reply