Begini Cara Hemat Kuota Internet di Ponsel Android

Cara hemat kuota internet berikut bisa membantu Sobat Citinews yang boros internet. Mau tahu bagaimana cara hemat kuota internet? Kebutuhan akan paket data atau kuota internet, sekarang ini bisa dibilang menjadi salah satu prioritas penting.

hemat kuota internet

Termasuk paket data ponsel Android, yang sering kita pakai untuk keperluan akses dunia maya. Namun terkadang, pemakaian internet bisa terlalu boros dan membuat kuota cepat habis. Alhasil, kamu harus sering-sering mematikan data untuk menghemat nya.

Padahal, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan sebagai upaya penghematan. Dan yang terpenting, kamu pun tak harus mengorbankan keperluan akses atau mematikan data internet. Nah, mau tahu cara melakukannya? Simak penjelasan cara berikut!

Cara Hemat Kuota Internet

Beginilah cara hemat kuota internet pada perangkat ponsel yang bisa kamu lakukan.

Jangan Gunakan Fitur Update Otomatis

Melakukan update aplikasi memang sangatlah penting, namun tidak semua aplikasi memerlukannya. Lebih baik lakukan pembaruan secara menjual dan pilihlah aplikasi-aplikasi yang sekiranya penting. Selain itu, ganti juga pengaturan kamu dengan update hanya melalui jaringan wifi saja.

Menyalakan Mode Data Saver

Saat menggunakan mode Data saver perangkat ponsel kamu akan menghentikan seluruh proses pemakaian kuota internet. Jadi secara otomatis, seluruh aplikasi yang menggunakan data akan langsung dihentikan.

Cara hemat kuota internet tentu saja akan langsung menghentikan semua operasional data yang berlangsung pada aplikasi. Karena terkadang, kita membuka aplikasi dan menutupnya secara asal. Di mana hal ini justru bisa membuat kuota internet tetap berjalan, saat kamu tidak memakai aplikasi.

Tetapkan Batas Pemakaian Data Bulanan

Sebaiknya, pasanglah batas penggunaan kuota internet setiap bulan sebagai cara hemat kuota internet. Melalui pembatasan penggunaan ini, maka kamu bisa mencukupkan kuota internet untuk 1 bulan. Cara membatasi pemakaian internet per bulan ini bisa dipakai untuk ponsel Android 5.0 Lollipop dan versi selanjutnya.

Batasi Data untuk Pengoperasian Latar Belakang

Pastikan kamu membatasi background data yang berjalan pada perangkat. Cara ini tidak boleh kamu lewatkan, mengingat ada banyak sekali aplikasi yang beroperasi meski tidak sedang digunakan. Contohnya saja aplikasi WhatsApp, Instagram, aplikasi sistem, hingga aplikasi-aplikasi game.

Karena terkadang, kamu membuka aplikasi tersebut tanpa menutupnya atau mematikan secara sempurna.
Sehingga aplikasi-aplikasi ini tetap berjalan di latar belakang. Namun perlu kamu tahu, bahwa cara ini cenderung memberikan batasan pada pengoperasian aplikasi. Seperti halnya untuk notifikasi yang kemungkinan muncul.

Gunakan Fitur Hemat Data dari Chrome

Sering berselancar menggunakan aplikasi Chrome? Kamu perlu tahu, bahwa pemakaian Google Chrome cenderung menyedot banyak kuota internet. Namun jangan khawatir, lantaran terdapat cara hemat kuota internet yang bisa membantumu mengatasi persoalan ini.

Gunakanlah fitur hemat data data dari Chrome untuk memperkecil data pada halaman web yang kamu buka. Cara melakukannya cukup mudah, karena kamu hanya perlu membuka aplikasi Google Chrome. Lalu klik tiga titik pada bagian kanan atas – klik menu Settings – Lite Mode – On.

Hemat Data Aplikasi WhatsApp

Tahukah kamu bahwa aplikasi sosial media yang satu ini sangat banyak menguras paket data? Itulah sebabnya, mengapa sangat penting untuk meminimalisasi penggunaan data Whatsapp tersebut.

Pengurasan data bukan karena aplikasi yang berjalan terus menerus, melainkan sistem download media. Maka lebih baik, gunakan cara hemat kuota whatsapp. Cobalah menonaktifkan download media pada pesan yang masuk. Jika nantinya membutuhkan media tersebut, kamu bisa mendownload secara otomatis.

Manfaatkan Aplikasi Offline

Android memang didesain sebagai ponsel pintar yang bekerja dengan banyak aplikasi online. Namun kamu masih tetap bisa meminimalisir penggunaan data, jika menggunakan fitur offline. Ketahuilah bahwa banyak aplikasi hemat kuota data untuk kamu pilih.

Misalkan saja aplikasi pemutar musik online Spotify, Google Maps, dll. Di mana berbagai aplikasi tersebut, tetap bisa kamu akses bila menggantinya dengan pengoperasian offline. Caranya adalah dengan mengunduh melalui wifi, lali gunakan offline mode untuk pemakaiannya.

Bagaimana? Sudah pernah menerapkan cara hemat kuota internet di atas buat ponselmu? Mengingat harga paket data yang juga tidak murah, tentu melakukan penghematan bisa jadi cara terbaik.

Referensi:

https://m.merdeka.com/teknologi/5-cara-hemat-kuota-paket-data-di-smartphone-android-tanpa-aplikasi.html
https://www.google.com/amp/s/www.cermati.com/artikel/amp/10-cara-menghemat-kuota-internet-yang-ampuh
https://www.idntimes.com/tech/trend/amp/izza-namira-1/cara-hemat-kuota-internet-di-hp-android
https://www.boombastis.com/cara-hemat-kuota/140832

Latest Comments

  1. richa March 24, 2022

Leave a Reply