Cara Mengecat Dinding Rumah Paling Mudah dan Hasilnya Memuaskan

Bagaimana cara mengecat dinding rumah yang tepat sehingga hasilnya memuaskan? Tidak semua orang tahu bagaimana cara mengecat dinding lama dengan warna baru dengan benar.

Padahal, kualitas pengecatan akan mempengaruhi keindahan dinding. Oleh karena itu, cukup penting bagi Sobat citinews untuk mengetahui langkah mengecat dinding rumah yang benar.

cara mengecat dinding rumah

Warna dinding rumah mampu memberi suasana berbeda sesuai dengan warna cat yang Sobat citinews pilih. Pengecatan juga harus dilakukan secara sempurna agar hasilnya sesuai dengan harapan. Meskipun Sobat citinews memilih warna cat yang menarik, namun jika tidak pengecatan tidak dilakukan dengan tepat, dinding dapat terlihat kurang menarik.

Cara Mengecat Dinding Rumah

Melakukan cara mengecat dinding rumah bukan pekerjaan sembarangan, meski kadang terlihat sepele dan mudah. Sobat citinews akan mendapatkan hasil pengecatan yang kurang bagus, apabila tidak tahu caranya. Bagi yang belum tahu, ikuti langkah-langkah cara mengecat dinding rumah mengecat dinding berikut ini.

Mempersiapkan Peralatan dan Bahan

Langkah pertama yang harus Sobat citinews lakukan yaitu, mempersiapkan peralatan serta bahan untuk mengecat. Beberapa yang perlu dipersiapkan antara lain cat, kuas, plamir, tangga, roller, lakban.

Sesuaikan peralatan sesuai dengan kebutuhan, karena setiap orang berbeda-beda. Peralatan yang telah disebutkan tadi bisa menjadi contoh. Mempersiapkan peralatan sebelum memulai pengecatan sangatlah penting. Proses mengecat menjadi lebih cepat, karena semua peralatan sudah siap dan tinggal dipakai sewaktu-waktu.

Membersihkan Area Dinding

Setelah mempersiapkan semua peralatan dan bahan untuk mengecat dinding, jangan langsung mengecat dinding. Bersihkan terlebih dahulu area dinding yang akan Sobat citinews cat. Termasuk memindahkan segala macam furniture ataupun aksesoris yang menempel dinding, seperti lukisan, jam dinding, dan sebagainya.

Kondisi permukaan dinding juga harus bersih dari debu atau jamur. Gunakan vacuum cleaner, kain, sapu, atau kemoceng untuk membersihkan debu yang menempel pada permukaan dinding.

Untuk noda yang sulit dihilangkan seperti jamur, kami sarankan untuk menggunakan amplas. Mengamplas dinding akan membuat jamur, dan segala jenis kotoran terangkat, bahkan cat lama juga ikut mengelupas.

Setelah itu, bersihkan kembali dinding menggunakan spons yang sudah dicampur dengan sedikit air. Tujuannya supaya sisa kotoran dari debu dan jamur bisa hilang.

Ada cara mengecat dinding rumah yang lebih mudah untuk menghilangkan cat lama atau kotoran yang menempel. Caranya dengan menggunakan cairan paint remover. Oleskan cairan pada seluruh area yang akan Sobat citinews cat. Tunggu 1 hingga 2 jam agar cat lama terkelupas dari dinding.

Menutupi Bagian yang Tidak Dicat

Supaya noda cat tidak mengenai bagian lain, Sobat citinews bisa menutupinya sebelum memulai pengecatan. Tutupi bagian ruangan seperti gagang pintu, bingkai jendela, dan bingkai pintu dengan menggunakan lakban. Untuk permukaan lantai Sobat citinews bisa menutupinya dengan koran bekas.

Menambal Bagian Dinding yang Retak

Seringkali kita jumpai saat akan mengecat, ada bagian dinding yang sedikit retak atau berlubang. Segera tambal bagian tersebut menggunakan sedikit semen atau dempul. Dengan menambal bagian yang retak atau berlubang, maka dinding menjadi tampak bagus. Setelah itu, amplas bagian yang baru saja ditambal supaya lebih halus.

Untuk membuat permukaan dinding menjadi lebih rata, bisa melapisinya dengan plamir. Dinding sebelum dicat memang sebaiknya permukaannya harus rata. Plamir juga berfungsi untuk membuat lapisan dinding yang akan dicat menjadi kuat.

Aduk Cat secara Merata

Siapkan cat yang akan Sobat citinews gunakan. Aduk terlebih dahulu agar cat tidak menggumpal. Campurkan cat dengan air sebanyak 10% jumlah cat. Setelah itu, aduk lagi cat dan air sekitar 5 menit untuk memastikan kedua bahan tercampur secara merata.

Gunakan Cat Dasar

Sebelum memulai pengecatan dengan cara mengecat dinding rumah dengan warna pilihan, sangat kami sarankan untuk mengecat dinding dengan cat dasar.

Langkah ini juga biasanya sering dipakai sebagai salah satu cara mengecat dinding kamar. Pilih cat dasar yang berwarna putih agar sewaktu mengecat nanti warna terlihat terang.

Memberi cat dasar merupakan cara mengecat dinding lama yang tujuannya untuk membuat warna baru menjadi mengkilap dan halus. Jadi, jangan lewati langkah satu ini.

Memulai Proses Pengecatan

Jarak waktu antara proses pengecatan dasar dengan cat terakhir kurang lebih 1 hingga 2 jam. Setelah lapisan pertama sudah kering, Sobat citinews bisa memulai proses pengecatan. Gunakan roller untuk mempercepat waktu, dan sekaligus meratakan lapisan cat. Pada bagian atau sudut-sudut sempit sebaiknya gunakan kuas berukuran kecil.

Supaya mendapat kualitas warna yang baik pada dinding, kerjakan bidang dengan lebar 2 meter lebih dulu. Lakukan bagian cara mengecat dinding rumah ini secara bertahap untuk mendapat hasil maksimal. Selalu mulai dari sudut sebelah kiri ruangan menuju sebelah kanan.

Melakukan Proses Penyelesaian

Sesudah seluruh bagian dinding terlapisi cat baru, tunggu hingga dinding kering. Sembari menunggu, periksa apakah ada bagian dinding yang belum terlapisi cat. Kalau ada, gunakan kuas kecil untuk mengecatnya.

Warna dinding rumah bisa kapan saja diganti. Dinding rumah dengan warna cat yang baru tentu dapat memberi suasana dan nuansa baru. Pilih warna cat sesuai dengan selera Sobat citinews, karena cat dapat mempengaruhi perasaan setiap orang. Demikian tutorial cara mengecat dinding rumah yang benar.

Referensi:

https://www.99.co/id/panduan/cara-mengecat-dinding
https://www.rumah.com/berita-properti/2017/2/146092/9-langkah-mudah-mengecat-rumah-sendiri
https://www.rukita.co/stories/cara-mengecat-dinding-yang-benar-untuk-pemula/

Leave a Reply