4 Cara Menghitung Kebutuhan Bahan Bangunan Rumah

Sobat Citinews sedang membangun rumah dan bingung bagaimana mengelola pengeluaran? Ketahui cara menghitung kebutuhan bahan bangunan rumah agar tidak berlebihan dan meninggalkan banyak material terbuang percuma. Perhitungan yang terlalu ketat juga membuat bahan yang ada kurang dan memperlama proses membangun. Lakukan estimasi bahan bangunan yang sesuai dengan kebutuhan.

Menghitung Kebutuhan Bahan Bangunan

Inilah Cara menghitung Kebutuhan Bahan Bangunan Rumah Mudah

Cara praktis untuk menghitung kebutuhan bahan bangunan untuk membangun rumah adalah dengan memastikan material sesuai dengan rumah yang akan dibangun. Sobat Citinews perlu melakukan persiapan terlebih dahulu, kemudian pertimbangkan semua pengeluaran. Cara menghitung kebutuhan bangunan rumah terperinci akan memudahkan untuk mendapatkan angka yang tepat.Hitung Luas Lahan


Pengukuran adalah cara menghitung kebutuhan bahan bangunan rumah yang paling mendasar. Tentu kamu tidak ingin membeli material berlebihan sehingga terbuang percuma. Lakukan pengukuran walau sudah mendapatkan datanya dari developer atau tertera pada surat tanah. Hal ini akan memastikan akurasi dari pembuatan rumah.

Gunakan Jasa Arsitek

Walau berkesan tidak perlu, arsitek justru dapat membuat perkiraan pengeluaran yang lebih pas. Resiko kesalahan konstruksi bangunan bisa dihindari dengan bantuannya. Memakai jasa mereka adalah cara menghitung kebutuhan bahan bangunan rumah yang ideal.

Arsitek dapat memberikan rekomendasi terbaik berdasarkan pengalamannya. Tentu kamu dapat memakai software menghitung kebutuhan material bangunan untuk mendapatkan perhitungan yang dibutuhkan. Namun, rekomendasi tenaga ahli akan mempermudah hitungan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman.

Membuat Daftar Material Bangunan

Sobat Citinews sudah mengukur lahan dan menghitung perkiraan material bangunan? Setelah melakukan dua hal tersebut, tiba saatnya untuk membuat daftar kebutuhan material bangunan menyesuaikan dengan lahan yang ada dan desain rumah yang sudah dipilih.

Cara menghitung kebutuhan bahan bangunan adalah memperhatikan volume material agar desain pas dengan luas lahan tersedia. Bahan bangunan yang dibutuhkan di antaranya termasuk batu kali, semen, pasir, besi atau baja, kerikil, batu bata, genteng, kayu, kusen dan masih banyak lagi. Tiap material dipilih dan didiskusikan berdasarkan desain yang sudah diputuskan sebelumnya.

Harga Bahan Bangunan

Perhitungan bahan bangunan juga perlu mempertimbangkan harga dari tiap bahan. Kalau membeli semen tentu ada berbagai merek semen yang dapat dipilih untuk dipakai. Tiap merek memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Akan lebih mudah membuat anggaran bahan bangunan kalau tiap bahan baku beserta harganya sudah disetujui.

Cara menghitung bahan bangunan yang tepat adalah dengan mengetahui terlebih material yang dibutuhkan beserta harganya. Apakah Sobat Citinews akan membeli material dengan harga tertinggi, terendah atau ditengah-tengah. Tentu mengetahui harga pasaran dari tiap bahan bangunan yang dibutuhkan akan membantu pemilik rumah untuk memilih.

Hitungan Bahan Bangunan

Meski memakai kontraktor dan arsitek, tidak ada salahnya kalau Sobat Citinews mengetahui cara menghitung kebutuhan bahan bangunan rumah per meter persegi. Komunikasi akan lebih baik kalau tiap tahapan pengerjaan rumah dilakukan secara transparan tapi sebagai pemilik rumah tidak hanya bisa bertanya saja.

Ketahui cara menghitung kebutuhan bahan bangunan untuk cor, membuat pondasi, kerangka dan tiap tahapan dari pembangunan. Sebagai gambaran menghitung bahan bangunan yang diperlukan per meter persegi, dapat dilakukan dengan cara ini.

  • a. Hitung luas area yang akan dibangun dan kalikan dengan jumlah bahan bangunan.
  • b. Misalnya, untuk ruang tamu dengan ukuran lebar 6 m dan tinggi 3 m
  • c. Batu bata yang dipakai berukuran lebar 5 cm x 10 cm x 20 cm
  • d. Cara menghitungnya adalah lebar x tinggi atau = 6 m X 3 m = 18 m2
  • e. Dari ukuran batu bata dapat diketahui kalau kebutuhan bata per m2 yaitu 70 buah.
  • f. Dari ukuran ruangan tersebut maka luas bangunan x kebutuhan bata per m2 jadi 18m2 x 70 : 1.260 batu bata.

Demikianlah cara menghitung kebutuhan bahan bangunan rumah yang benar dan tepat. Sobat Citinews perlu mempertimbangkan lahan, desain, harga dan hal-hal lain untuk mendapatkan kalkulasi yang tepat. Itu baru perhitungan material bangunan saja.

Masih banyak pengeluaran lain yang perlu diperhatikan seperti biaya angkut barang, transport, waktu untuk survei material yang kurang lebih mempengaruhi pengeluaran yang dibebankan untuk bahan bangunan saja. Oleh karena itu, peroleh hitungan total dengan terperinci dan detail.

Sumber

https://www.homify.co.id/ideabooks/4871275/cara-menghitung-biaya-membangun-rumah
https://www.rumah.com/panduan-properti/daftar-bahan-bangunan-penting-untuk-bangun-rumah-15323
https://www.rumah123.com/panduan-properti/tips-properti-73117-panduan-lengkap-cara-menghitung-bahan-bangunan-id.html

Latest Comments

Leave a Reply