7 Cara Membuat Rumah Yang Panas Menjadi Dingin Tanpa AC

Rumah panas memang membuat gerah dan tidak nyaman, sehingga hal ini harus segera diatasi agar rumah tetao sejuk meski tanpa AC. Bisa dengan menerapkan beberapa cara membuat rumah panas menjadi dingin ini. Rumah dengan hawa panas kerap kali membuat ketenangan terganggu.

rumah yang panas

Terlebih saat harus menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan fokus tinggi. Untuk Sobat Citinews yang sangat mudah berkeringat, hawa panas di dalam rumah akan menjadi masalah yang merepotkan.

Penyebab hawa rumah panas bisa disebabkan karena ruangan yang terlalu sempit, terlalu banyak barang di dalam rumah, atau cuacanya memang sedang panas.

Suhu yang ideal di dalam rumah berkisar 19 sampai dengan 22 derajat celcius. Nah sekarang Sobat Citinews bisa mengecek apakah suhu rumah sudah sesuai atau belum. Jika masih terlalu panas, lakukan beberapa hal di bawah ini.

7 Cara Membuat Rumah Yang Panas Menjadi Dingin

Sebagian orang mungkin akan memilih jalan pintas dengan menggunakan AC untuk membuat suhu rumah menjadi dingin. Memiliki rumah sejuk sederhana memang akan membuat suasana nyaman baik untuk aktivitas sehari-hari ataupun bekerja.

Buka Pintu Rumah

Apakah Sobat Citinews memiliki ruangan yang jarang dibuka pintunya ? Hal tersebut ternyata menjadi salah satu penyebab suhu rumah menjadi panas. Ini terjadi karena suhu panas yang tidak bisa keluar ruangan alias terjebak di dalam.

Untuk itu, buka pintu ruangan ataupun pintu utama rumah agar udara-udara yang sejuk bisa masuk dan udara yang panas bisa keluar.

Kurangi Penggunaan Barang Elektronik

Setiap peralatan elektronik dipastikan akan mengeluarkan hawa panas. Sobat Citinews bisa merasakan sendiri dengan mendekatkan tangan ke barang elektronik yang sedang dinyalakan. Semakin banyak barang elektronik yang dinyalakan di dalam rumah, akan menyebabkan hawa panas timbul.

Sobat Citinews bisa melepas kabel yang terhubung ke stop kontak setelah menggunakannya. Ini menjadi cara membuat rumah panas menjadi dingin termudah yang bisa dilakukan.

Ganti Sprei Kasur dan Sarung Bantal

Langkah ini bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan udara panas di kamar. Sprei kasur dan sarung bantal yang lama tidak diganti rupanya dapat menyebabkan munculnya hawa panas.

Dengan mengganti keduanya secara rutin, maka hawa panas akan diminimalisir. Sobat Citinews bisa menggunakan sprei dan sarung yang terbuat dari bahan terbaik, seperti katun atau sutra.

Gunakan Kipas di Langit-Langit Rumah

Jika Sobat Citinews tidak ingin menggunakan AC, bisa diganti dengan kipas angin. Pasang kipas angin di langit-langit rumah agar angin yang dihasilkan dapat lebih merata. Dalam pemasangannya, pastikan putaran kipasnya berlawanan dengan arah jarum jam.

Dengan cara ini, angin yang dihasilkan jauh lebih besar dan akan membuat ruangan tidak panas lagi. Cara mengatasi udara panas di dalam rumah ini bisa diterapkan untuk rumah memiliki langit-langit yang kokoh.

Gunakan Tirai Gorden

Cara membuat rumah panas menjadi dingin selanjutnya, Sobat Citinews bisa menggunakan tirai gorden. Gunakan tirai gorden yang berwarna putih agar panas yang ditimbulkan dari luar ruangan dapat diminimalkan. Jenis tirai ini memiliki manfaat lebih dibandingkan dengan tirai blackout.

Dalam pemilihan warna, pastikan memilih warna yang netral karena dianggap lebih mampu meredakan hawa panas.

Perbanyak Menanam Tanaman

Saat berada di lingkungan yang memiliki banyak tanaman dengan lingkungan yang gersang, tentu hawanya akan berbeda. Rumah yang memiliki banyak tanaman di sekitarnya jauh lebih sejuk meskipun dalam cuaca panas. Sobat Citinews bisa memilih tanaman-tanaman sesuai dengan kesukaan saja.

Cara membuat rumah panas menjadi dingin melalui metode ini akan berhasil jika tanaman dirawat dengan baik. Beberapa jenis tanaman juga bisa disimpan di dalam rumah seperti Lidah Mertua, Lili Paris ataupun Aloe Vera bisa menjadi pilihan.

Batasi Penggunaan Air Dari Tangki Rumah

Cara membuat rumah

panas menjadi dingin bisa diaplikasikan untuk Sobat Citinews yang menyimpan air di tangki rumah. Air yang disimpan di tangki rumah, akan mengalami peningkatan suhu saat cuaca sedang panas. Agar rumah tidak ikut panas, batasi penggunaan air yang diambil dari tangki tersebut.

Karena aliran air dari tanki dapat menyebabkan kelembaban di dalam rumah, secara otomatis hawa di dalam rumah akan panas.

Itulah beberapa cara membuat rumah panas menjadi dingin dimana Sobat Citinews bisa melakukannya. Aplikasikan cara tersebut secara rutin dan lihat mana yang paling efektif untuk meredakan hawa panas.

Referensi

https://www.archify.com/id/archifynow/kepanasan-6-tips-berikut-bisa-buat-rumah-lebih-sejuk-tanpa-ac
https://www.rumah.com/panduan-properti/10-tips-rumah-sejuk-tanpa-ac-cara-penerapannya-19796
https://www.99.co/blog/indonesia/rumah-sejuk/
https://www.haibunda.com/moms-life/20191209171100-76-71223/mudah-10-tips-membuat-rumah-sejuk-tanpa-ac

Leave a Reply