Bahan dan Cara Pembuatan Bata Ringan Berkualitas

Bata ringan atau disebut juga hebel adalah batu bata yang memiliki bobot lebih ringan dari batu bata pada umumnya. Bata ringan ini juga memiliki kekuatan yang lebih besar dari bata lainnya. Bata ringan yang baik dan bagus untuk bangunan memiliki ciri seperti terbuat dari material yang berkualitas, dan memiliki saluran aerasi yang cukup.

Bahan pembuatan bata ringan yang sudah terbukti kuat yaitu memiliki berat jenis normal 600 kg/m3, sedangkan berat jenis keringnya yaitu 530 kg/m3.

Kekuatan dari bata ringan yang baik adalah lebih dari 4.0 N/m2 dan untuk konduktifitas termisnya yaitu 0.14 w/mk. Ciri-ciri bata ringan tersebut bisa Anda temukan di Citicon Nusantara Industries.

Bahan-Bahan untuk Membuat Bata Ringan Berkualitas

Kenapa harus bata ringan? Bata ringan yang telah terbukti berkualitas umumnya memiliki kelebihan dua kali lipat dari bata lainnya. Bata ringan memiliki kekuatan yang hampir sama dengan kekuatan beton.

Bata ringan tahan gempa dan cukup aman terhadap getaran. Bata ringan memiliki daya serap air yang rendah namun tahan panas atau api. Selain itu, jika Anda ingin membuat bangunan yang kedap suara, bata ringan adalah pilihan yang tepat. Bata ringan bisa tahan bising, meski ringan namun kedap suara yang baik.

Sehingga itulah kenapa saat ini banyak masyarakat yang mulai beralih menggunakan bata ringan. Berikut bahan pembuatan bata ringan yaitu air, semen, pasir kwarsa, kapur, gypsum, alumunium pasta. Sedangkan untuk alat-alatnya berupa sekop kecil dan sekop besar, cangkul, ember untuk wadah dan cetakan bata ringan.

Cara Membuat Bata Ringan Berkualitas

Setelah mengetahui bahan pembuatan bata ringan ini, cara pembuatannya cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan semua bahan dan kemudian dibuat menjadi adonan yang kekentalan dan teksturnya dibuat sangat pas.

Untuk cara pembuatannya, yuk simak langkah-langkah berikut:

Menyiapkan Bahan dan Tempat

Setelah menyiapkan bahan pembuatan bata ringan di atas, alat-alat juga perlu untuk di jejerkan supaya siap digunakan. Langkah berikutnya yaitu menyediakan tempat atau wadah. Tempat pembuatan bata ringan haruslah luas supaya dapat diolah dengan mudah.

Membuat adonan dilanjutkan dengan mencampur semua bahan yang telah disiapkan. Campur bahan-bahan tersebut seperti semen, pasir kwarsa, kapur dan gypsum. Setelah tercampur dengan sempurna, tambahkan air dengan volume sekitar 0.5 % dari adonan. Anda juga bisa mengira-ngirakan supaya adonan tidak terlalu encer.

Pencampuran Alumunium Pasta

Alumunium pasta yang dicampurkan pada adonan berkisar sekitar 7 % dari adonan yang diinginkan. Anda juga bisa menyesuaikan dengan kepadatan beton yang diinginkan. Penambahan alumunium pasta ini dilakukan pada proses paling akhir. Kemudian adonan diaduk sampai benar-benar rata.

Alumunium pasta ini merupakan bahan yang digunakan untuk mengembangkan adonan. Secara umum bahan ini cukup penting digunakan untuk mengisi udara pada bata ringan. Alumunium pasta tersebut juga berfungsi untuk mengeraskan beton supaya cepat kering.

Proses Pemanasan dan Pematangan

Setelah adonan bata ringan jadi dan benar-benar homogen, tuang adonan pada cetakan atau Anda bisa menuang langsung pada wadah jika tidak memiliki cetakan. Ratakan permukaan adonan dan biarkan selama 12 jam sampai mengering.

Setelah 12 jam, lepas wadah atau cetakan. Jika Anda menggunakan cetakan, bata ringan bisa langsung Anda bawa ke ruang pemanasan dan pematangan. Namun jika Anda menggunakan wadah, Anda bisa melakukan pemotongan terlebih dahulu sebelum membawa bata ringan ke ruang pemanasan. Bata di potong sesuai keinginan dan ukuran yang diminta.

Proses selanjutnya yaitu pemanasan dan pematangan bata ringan yang umumnya menggunakan autoclave. Suhu yang diberikan di dalam ruang autoclave sekitar 183 derajat celcius dengan tekanan yang tinggi.

Proses pemanasan dan pematangan berlangsung kurang lebih 15 hari untuk mendapatkan bata ringan yang berkualitas. Namun untuk bisa langsung dijual dan diaplikasikan, usia bata ringan ini harus lebih dari 20 hari dari semenjak proses awal pemanasan dan pematangan.

Itulah cara dan beberapa bahan pembuatan bata ringan yang bisa Anda aplikasikan. Jika tidak ingin ribet, Anda bisa mendapatkan bata ringan langsung di Citicon Indonesia.

Anda akan mendapatkan bata ringan dengan kualitas yang bagus dan terpercaya di perusahaan tersebut. Setiap bahan pembuatan bata ringan di Citicon Nusantara Industries memiliki kualitas yang tinggi, ramah lingkungan dan tentunya menggunakan proses pembuatan terbaik sehingga menghasilkan bata ringan yang kuat dan bagus.

Sumber

https://www.citiconindonesia.com/
http://gypsumcurah.com/?blog=bahan-baku-industri-bata-ringan
https://www.its.ac.id/news/2019/03/24/mengenal-material-konstruksi-bata-ringan-aerasi/
https://www.google.com/amp/s/arafuru.com/sipil/cara-membuat-bata-ringan-hebel-secara-manual.html

Latest Comments

Leave a Reply