Menilik Perkembangan Bata Ringan Merk Hebel di Indonesia

Sejak bata ringan mulai diproduksi, banyak sekali pengembang perumahan yang menggunakannya sebagai bahan utama. Bata ringan merk Hebel adalah salah satu yang sangat terkenal.

Bahan bangunan ini sampai saat ini terus menggantikan bata merah dalam pembuatan dinding sebuah bangunan. Bata ringan vs bata merah cukup bersaing di pasaran, apalagi dengan keunggulan Hebel yang memiliki lebih banyak bentuk seperti segitiga atau trapesium.

Bagaimana perkembangan bata Hebel sendiri di Indonesia? Anda bisa menyimaknya di sini.

Sejarah Pabrik Bata Ringan Merk Hebel di Indonesia

Hebel adalah merk dari bata ringan yang pertama kali masuk di Indonesia. Sejarah terciptanya bata ringan bukan berasal dari Indonesia. Pertama kali bata ringan dengan jenis Autoclaved Aerated Concentrate atau AAC dilakukan di Swedia.

Meskipun di Indonesia bata ringan baru banyak digunakan tahun 1995, namun awal mula penggunaan bata ringan AAC adalah tahun 1923. Bata ringan yang dikembangan tersebut bukanlah merk Hebel.

Namun pengembangan bata ringan tersebut dikembangkan kembali oleh Joseph Hebel. Oleh karena itulah bata ringan yang sangat terkenal bernama bata Hebel sesuai dengan nama dari pengembangnya.

Joseph Hebel mengembangkan bata ringan AAC yang tadinya menggunakan bahan semen dan cairan kimia yang bisa menghasilkan gelembung udara. Saat itu di Inggris disebut juga dengan bata ringan Aircrete and Terhemalite.

Pengembangan dilakukan oleh Joseph pada tahun 1943. Inovasinya tersebut bertujuan untuk menciptakan bangunan yang lebih baik dengan biaya ekonomis. Maka terciptalah bata ringan merk Hebel.

Bata ringan yang diciptakannya melalui proses inovasi yaitu memanfaatkan kawat untuk menghasilkan beton ringan yang ramah lingkungan, tahan lama, efisien, mudah dibentuk dan tak lupa kuat.

Awalnya produksi bata Hebel dilakukan di Jerman dan akhirnya sukses sehingga dilirik oleh negara lainnya. Di tahun 1967, pabrik Hebel di Jepang pertama kali dibangun atas kerjasama dengan Asahi Chemicals.

Di Indonesia sendiri, pabrik Hebel pertama kali masuk tahun 1995, lokasi tepatnya ada di Karawang Timur, Jawa Barat. PT Hebel Indonesia

Mengenal Kualitas Bata Ringan Merk Hebel

Sejak didirikannya PT Hebel Indonesia ini, penggunaan bata merah untuk pembangunan rumah pun menurun.

Harga bata ringan per biji yang cukup terjangkau menjadikannya alasan mengapa jenis bata ini begitu banyak diminati. Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh bata Hebel yaitu sebagai berikut ini.

Memiliki Bobot yang Lebih Ringan

Kelebihan pertamanya adalah bobot lebih ringan apalagi jika dibandingkan dengan bata konvensional atau batako. Ukurannya juga banyak pilihannya yang membuat mudah untuk ukuran dinding apapun.

Satu hal yang pasti, ketika Anda menggunakan bata ringan Hebel untuk pembangunan rumah, maka beban struktur yang dimiliki akan lebih kecil.

Ukurannya yang Lebih Presisi

Tidak seperti bata merah yang bentuk serta ukurannya seringkali berbeda-beda. Siku dari bata merah seringkali tidak rata 90 derajat akibat kualitas cetakan yang kurang bagus. Namun bata Hebel memiliki ukuran pesisi.

Ukuran yang tepat ini akan membantu Anda untuk menciptakan dinding yang seragam serat lebih rapi.

Lebih Kedap Terhadap Air

Dibandingkan dengan bata merah yang sangat mudah menyerap air, bata Hebel justru kedap air. Kelebihan ini akan membuat dinding rumah lebih aman dari rembesan air. Tak hanya itu, bata ringan juga tahan api.

Instalasi Dinding yang Lebih Praktis

Bahan perekat yang digunakan adalah semen mortar yang sangat mudah pembuatan aciannya. Bata ringan merk Hebel lebih mudah pemasangannya karena memanfaatkan mortar acian. Sehingga proses pemasangan lebih cepat dan praktis.

Juga Kedap Terhadap Suara

Setelah dinding bata Hebel selesai dipasang, dinding akan memiliki kelebihan dari segi kedap suara. Anda tidak perlu takut polusi suara masuk ke dalam rumah karena ruangan akan lebih kedap suara.

Sayangnya kelebihan ini tidak diteruskan oleh pabrik Hebel yang telah berhenti beroperasi. Namun kini Anda bisa menggunakan penggantinya yang memiliki kualitas sama yaitu bata ringan Citicon.

Bata ringan Citicon adalah jenis bata ringan AAC yang ada di Indonesia menggantikan pabrikan bata Hebel. Bata diciptakan dengan bahan pasir silica serta semen berkualitas tinggi yang ramah lingkungan.

Jika sudah ada alternatif bata ringan merk Hebel maka Anda tidak perlu bingung lagi untuk memilih bata untuk bangunan yang kualitasnya terjamin.

Sumber:

https://www.rumah.com/panduan-properti/hebel-41507
https://id.wikipedia.org/wiki/Bata_ringan
https://depobataringansalatiga.wordpress.com/2016/07/15/sejarah-singkat-bata-ringan-hebel/
https://www.homify.co.id/ideabooks/5918531/10-keunggulan-bata-hebel-sebagai-material-bangunan

Latest Comments

Leave a Reply