5 Cara Mengatasi Lantai Berminyak yang Paling Jitu

Lantai yang sulit dibersihkan karena minyak tentu tidak cukup dengan mengepelnya saja. Cara mengatasi lantai berminyak bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada disekitar dapur. Air dan sabun lantai tetap meninggalkan kesan lengket.

Mengatasi Lantai Berminyak

Sobat Citinews perlu memakai cara lain terlebih dahulu. Fokus untuk menyerap minyak terlebih dahulu, baru membersihkannya memakai cara biasa. Lantai dapat bersih dari noda minyak tidak selalu harus memakai bahan pembersih khusus.

Cara Mengatasi Lantai Berminyak Dengan Cara Mudah

Jangan biarkan lantai yang berminyak jadi membandel karena tidak segera dibersihkan. Semakin lama dibiarkan, semakin sulit untuk membersihkannya. Apalagi kalau lantai rumah terbuat dari keramik mahal seperti granit atau marmer. Ketahui cara membersihkan lantai granit yang berminyak agar tidak membuatnya jadi kusam.

Pastikan memakai bahan yang menyerap minyak, selanjutnya tinggal mengangkat dan membersihkannya seperti biasa. Sobat Citinews, Berikut adalah beberapa cara mengatasi lantai berminyak yang bisa kamu lakukan dengan bahan-bahan yang ada di sekeliling rumah.

Taburkan garam

Kalau lantai berminyak setelah dipel, berarti ada tumpahan minyak yang tidak diketahui. Bisa memakai garam atau tepung terigu sekeliling area tersebut. Mereka dapat menyerap minyak sehingga lebih mudah diangkat. Biarkan selama beberapa menit agar lebih mudah mengangkatnya.

Setelah cukup lama, sapu bersih dan pel lantai sekali lagi. Gunakan sabun lantai dengan bau cemara untuk memberikan aroma segar untuk menghilangkan bau minyak yang khas.

Cairan Pencuci Piring

Cara mengatasi lantai berminyak lainnya adalah memakai sabun cuci piring. Cara ini ampuh untuk mengatasi piring berminyak, tentu berlaku juga untuk lantai yang ada tumpahan minyak di atasnya. Cara membersihkannya pun terbilang mudah dan sama saja.

Campurkan satu sendok sabun cuci piring dengan air hangat. Usapkan pada lantai berminyak dengan merata. Gunakan kain basah yang sudah dicelupkan pada air hangat. Lalu, angkat minyak mengganggu dengan lap kering.

Thinner Untuk Noda Membandel

Noda minyak yang mengeras karena tidak langsung dibersihkan lebih sulit untuk diatasi. Sobat Citinews harus terlebih dahulu melunakkan minyak yang tidak bisa diangkat dengan lap biasa. Cara membersihkan lantai yang licin dari minyak membandel bisa dengan thinner.

Hati-hati memakai bahan pembersih ini karena mudah terbakar.

Buka ventilasi udara dan jauhkan dari sumber api sebelum menggunakannya. Pakai sarung tangan karet bila diperlukan. Usapkan thinner pada lantai dan angkat minyak yang mengeras dengan spatula atau bahan sejenis lainnya. Setelahnya, lantai bisa dilap bersih dengan sabun pembersih lantai.

Baking Soda

Cara mengatasi lantai berminyak dengan baking soda juga terbilang ampuh. Bahan masakan yang kerap ada di dapur ini serbaguna dan bisa membersihkan hampir apa saja. Tumpahan minyak di lantai pun tidak terkecuali.

Baking Soda memiliki sifat penyerapan minyak yang baik. Menaburkan sedikit saja pada lantai, sudah cukup. Angkat dengan kertas tisu atau kertas biasa untuk memudahkan minyak terlepas dari lantai. Setelah mengangkat semua minyak, bersihkan tuntas dengan mengepel lantai seperti biasa.

Serbuk kayu atau pasir

Kalau ada pasir atau serbuk kayu, bahan tersebut juga bisa jadi cara mengatasi lantai berminyak. Sobat Citinews perlu memakai benda yang dapat menyerap minyak dan serbuk kayu atau pasir dapat melakukannya. Kalau sedang membangun rumah, material ini tentu bisa jadi pilihan yang lebih praktis daripada bahan lain yang sudah disebut di atas.

Ambil pasir atau serbuk kayu dalam jumlah banyak, sesuaikan dengan besar kecil tumpahan minyak. Taburkan di atas minyak dan tunggu agar meresap sekitar 10 sampai 15 menit. Angkat dan ulangi bila masih ada sisa minyak yang belum terangkat. Gunakan sabun lantai dan lap bersih untuk menyelesaikannya.

Demikianlah beberapa cara mengatasi lantai berminyak yang ampuh dan mudah. Pahami kalau minyak tidak bisa diangkat tuntas dengan memakai air, jadi perlu dibumbui bahan yang menyerap minyak. Setelah itu barulah bisa membersihkan lantai seperti cara biasa yang kerap digunakan.

Sobat Citinews dapat mencoba menggunakan bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas. Pilih saja material yang sudah ada di rumah sebagai cara membuat lantai keset kembali. Semakin lama didiamkan, semakin sulit untuk membersihkannya.

Sumber

https://www.kompasiana.com/nomnom/5b7e7deeaeebe121a652dd46/cara-tepat-membersihkan-lantai-berminyak?page=all
https://www.rumah.com/berita-properti/2016/9/136409/langkah-tepat-mengatasi-lantai-dapur-yang-berminyak
https://hes.co.id/cara-menghilangkan-minyak-di-lantai-yang-terbukti-ampuh

Leave a Reply