Cara Plester Dinding Bata Ringan yang Benar dan Kokoh

Ketahui cara plester dinding bata ringan yang benar setelah batangan bata ringan dipasang. Tahapan ini sangat penting karena inilah yang akan menahan susunan bata ringan dalam bentuk dinding yang kokoh dan tidak mudah rusak. Cara penanganannya berbeda dengan material batu bata merah atau batako, itulah sebabnya untuk bata ringan diperlukan tenaga khusus yang benar-benar memahami cara pemasangannya.

Cara Plester Dinding Bata Ringan

Tata Cara Plester Dinding Bata Ringan yang Efektif dan Efisien

Anda mungkin berpikir plester hanya perlu memakai acian pada susunan bata dan sudah selesai. Bata ringan memiliki spesifikasi material berbeda dan penangan yang lain daripada bata ringan atau batako. Ikuti tata cara plester dinding bata ringan yang pas agar dinding yang dihasilkan kokoh dan tahan lama. Berikut adalah tahapannya.

Persiapan Dinding

Bata ringan telah dipasang dan sudah tersusun rapi, walau bisa saja dinding dibiarkan dengan tampilan tanpa plester atau acian, menutupi permukaan susunan bata ringan akan membuatnya lebih rapi dan bisa di cat nantinya. Jadi, berikan plester untuk membuat susunannya lebih kokoh dan merata.

Hal pertama dalam melakukan plester pada dinding bata ringan adalah membersihkannya terlebih dahulu dari sisa semen yang menyembul. Gunakan sendok semen untuk membersihkan dinding dari debu atau material yang dapat mempengaruhi kerataan dinding. Pasang terpal bila cuaca panas untuk menghindari plester terlalu cepat kering.

Basahi Dengan Air

Cara plester dinding bata ringan yang benar adalah percikan air atau siram secukupnya pada bagian dinding yang akan diplester. Dengan membuat dinding sedikit basah maka Anda akan membuat plesteran yang tidak cepat kering waktu dipasangkan dan membuat bangunan semakin terikat kuat.

Jangan lewati tahapan ini karena bata ringan sifatnya sangat membutuhkan air. Bila dibandingkan dengan bata merah atau Batako, material bata ringan atau hebel ini bukan kapilaris (menghantar air) jadi membutuhkannya dalam memastikan hasil akhirnya kokoh.

Pembatas

Setelah dinding siap diplester, pasang papan pembatas untuk menandai area bidang kerja pada bagian tepi dinding. Hal ini akan memperjelas alur pengerjaan agar bisa melihat bagian yang sudah dikerjakan dan yang belum.

Letakkan lajur pembatas pada tiap ±1 meter dengan tebal 10 mm. Pemberian batasan perlu menyesuaikan dengan ketebalan plesteran yang akan digunakan. Dengan adanya pembatas maka Anda akan mendapatkan dinding yang bukan hanya kuat, tapi juga rapi.

Buat Adukan Plester

Pasta plesteran adalah kombinasi antara semen, ayakan pasir dan campuran air. Secara umum Anda akan membutuhkan rasio 6 – 6,5 liter air untuk semen sebanyak 4 lg. Aduk dengan rata dan pakai untuk membuat lapisan plester. Ketebalan plesteran kalau memakai bata ringan tidak setebal material lainnya, 10mm sudah cukup. Ini adalah cara plester dinding bata ringan dapat merekat dengan baik.

Pemasangan Plester Bata Ringan Pada Dinding

Adukan plester yang sudah dibuat kini tinggal ditempelkan pada dinding. Caranya adalah dengan membanting keras pada dinding agar menempel dengan sempurna. Ratakan dengan alat plester tidak perlu terlalu tebal, cukup dengan olesan tipis yang lebih melekat untuk jenis bata ini.

Merapikan Hasil Plester

Setelah selesai melakukan plesteran pada semua dinding, yang selanjutnya kamu lakukan adalah membiarkannya untuk mengering, setidaknya dalam kurun waktu 24 jam agar benar-benar sudah kering. Cara plester dinding bata ringan terakhir adalah merapikan hasil pemasangan sebelumnya agar dapat terlihat lebih pas.

Plesteran Akhir

Tunggu hasil plesteran selama 2 mingguan untuk membiarkannya berproses sampai penyusutan telah berhenti. Jadi, bentuknya sudah terlihat dan tidak akan berubah bentuk lagi. Plesteran bisa dipercepat proses pengeringannya bila memakai obat dalam adonan plester saat dianggap perlu.

Demikianlah tahap demi tahap untuk tata cara plester dinding bata ringan yang paling tepat. Lakukan sesuai penjelasan di atas dan sesuai dengan ukuran dan gambaran yang sudah di deskripsikan. Anda bukan hanya memiliki dinding yang kuat tapi juga menggunakan bahan bangunan yang terbaik.

Anda dapat memakai bata citicon yang merupakan jenis bata ringan terbaik dalam kategori tersebut. Citicon juga menyediakan semen mortar yang merupakan pasangan pas dengan bata ringannya. Kunjungi situs resmi citicon untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Leave a Reply